Oppo F9 vs Vivo V11 Pro: Harga SAMA, RAM 6 GB, Kamera 25 MP ……

Dalam artikel ini, kami akan membandingkan dua smartphone yang dapat dibeli dengan harga yang sama di bulan November ini. Kedua smartphone yang dimaksud adalah Oppo F9 dan Vivo V11 Pro. Nah, mana yang lebih unggul? Untuk mengetahuinya, ikutilah perbandingan di bawah ini.

Oppo F9 vs Vivo V11 Pro – Perbandingan spesifikasi

Seperti diketahui, Oppo F9 hadir di Indonesia dalam dua varian dengan kapasitas RAM berbeda yaitu 4 GB dan 6 GB. Nah, khusus dalam perbandingan ini, kami hanya libatkan varian RAM 6 GB untuk melawan Vivo V11 Pro. Langsung saja kita mulai dengan mencermati performanya. Oppo F9 diperkuat chipset Helio P60, sedangkan Vivo V11 Pro diperkuat chipset Snapdragon 660. Di antara kedua chipset tersebut, Snapdragon 660 lebih tangguh. Helio P60 merupakan lawan untuk Snapdragon 636.

Dilihat dari sisi depannya, kedua smartphone ini identik dengan poni seperti tetesan air. Namun, ketika digenggam, kalian akan mengetahui bahwa unit yang lebih besar adalah Vivo V11 Pro dengan layar 6,41 inci, sedangkan Oppo F9 berlayar 6,3 inci. Meski demikian, resolusi layar keduanya sama yaitu Full HD+. Namun, perlu diketahui bahwa jenis layarnya berbeda. Oppo F9 menggunakan layar IPS LCD, sedangkan lawannya menggunakan layar AMOLED. Hal ini wajar karena Vivo V11 Pro dibekali pemindai sidik jari dalam layar yang sejauh ini baru dapat bekerja pada layar AMOLED. Di sisi lain, Oppo F9 masih menggunakan pemindai sidik jari biasa yang terletak di sisi belakang.

Untuk berfoto selfie, tiap smartphone menawarkan kamera depan 25 MP dengan diafragma f/2.0. Sementara itu, di sisi belakang ada kamera ganda dengan konfigurasi berbeda. Oppo F9 memiliki kamera utama 16 MP (f/1.8) dan kamera sekunder 2 MP (f/2.4). Sementara itu, Vivo V11 Pro memiliki kamera utama 12 MP (f/1.8) dan kamera sekunder 5 MP (f/2.4). Tiap smartphone menyediakan memori internal 64 GB yang masih dapat ditambah dengan kartu microSD. Sistem operasi yang dijalankannya Android Oreo namun dengan antarmuka berbeda: ColorOS (Oppo) vs Funtouch OS (Vivo). Yang terakhir terkait sumber energi. Oppo F9 ditenagai baterai 3400 mAh, sedikit lebih kecil dari baterai 3500 mAh milik Vivo V11 Pro.

Oppo F9 vs Vivo V11 Pro – Kesimpulan

Oppo F9 varian RAM 6 GB dan Vivo V11 Pro dapat dibeli dengan harga yang sama yaitu Rp 4.999.000,00. Di antara keduanya, Vivo V11 Pro jelas lebih unggul berkat performa lebih tangguh, baterai lebih besar, layar lebih luas, serta pemindai sidik jari lebih canggih. Kalian setuju?