Inilah Smartphone Android Satelit Pertama di Dunia: Thuraya X5 Touch, 3800 mAh …..

Mendekati akhir 2018, sebuah smartphone unik lainnya menyapa kita semua. Ya, berbeda dengan smartphone pada umumnya, smartphone dapat terhubung ke jaringan satelit. Mari kita temui Thuraya X5 Touch.

Thuraya X5 Touch – Desain dan spesifikasi

Merek Thuraya mungkin asing untuk sebagian di antara kita. Thuraya adalah perusahaan yang berbasis di Uni Emirat Arab yang terkenal dengan telepon seluler yang dapat terhubung ke satelit. Nah, di bulan November 2018 ini, perusahaan tersebut membuat gebrakan dengan memperkenalkan smartphone Android pertama di dunia yang dapat terhubung ke satelit. Namanya adalah Thuraya X5 Touch.

Di sisi atasnya ada antena yang dapat ditarik dan diturunkan kembali. Fungsinya sudah tentu untuk memungkinkan kita berkomunikasi melalui jaringan satelit. Nah, Thuraya X5 Touch memiliki dua slot kartu SIM. Salah satu kartu SIM terhubung ke jaringan 2G/3G/4G, sedangkan satu lagi terhubung ke satelit. Lebih lanjut, smartphone ini bersertifikasi IP67 yang berarti tahan terhadap air dan debu. Smartphone ini juga bersertifikasi MIL-STD-810, membuatnya tahan terhadap kondisi ekstrim.

Terkait performa, Thuraya X5 Touch mengandalkan chipset Snapdragon 625, chipset hemat energi yang digunakan banyak smartphone yang lahir sejak 2016, seperti Lenovo P2, Asus Zenfone 3, Xiaomi Redmi Note 4, Vivo V5 Plus, dan lainnya. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 2 GB dan memori internal 16 GB (didukung slot kartu microSD). Dengan kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP, smartphone ini kurang cocok untuk penggemar fotografi. Di sisi depannya ada layar IPS 5,2 inci beresolusi Full HD. Cukup disayangkan, sistem operasi yang dijalankannya masih Android Nougat. Meski demikian, kapasitas baterainya cukup besar yaitu 3800 mAh.

Thuraya X5 Touch – Harga dan ketersediaan

Thuraya X5 Touch dapat menjadi pilihan untuk kalian yang hobi berpetualan di hutan dan tempat-tempat di mana jaringan seluler sulit dijangkau. Lebih lanjut, karena tahan terhadap air dan debu serta kondisi ekstrim, smartphone ini juga semakin handal di berbagai medan. Thuraya X5 Touch kabarnya tersedia mulai Desember 2018 dengan harga £999 atau sekitar Rp 16,9 juta. Menurut kalian, apakah arga tersebut masuk akal?