Xiaomi Mi Note 2 vs Mi 5S Plus: Perang RAM 6 GB dari Xiaomi

Mi Note 2 vs Mi 5S Plus adalah dua smartphone paling mutakhir yang dihadirkan Xiaomi pada tahun ini. Keduanya diyakini mampu memenuhi kebutuhan smartphone dengan spesifikasi tangguh namun dengan harga yang lebih murah. Akan tetapi, manakah yang terbaik di antara keduanya?

Xiaomi-Mi-Note-2-is-officially-announced

Xiaomi Mi Note 2 vs Mi 5S Plus – Perang spesifikasi

Kedua smartphone tersebut sama-sama diperkenalkan pada triwulan keempat tahun 2016. Namun, Xiaomi Mi 5S Plus hadir terlebih dahulu pada 27 September, sedangkan Xiaomi Mi 5S Plus menyusul pada 25 Oktober. Kedua smartphone ini memiliki banyak spesifikasi yang sama. Keduanya diperkuat chipset yang sama yaitu Qualcomm Snapdragon 821 quad-core 2,35 GHz yang dipadukan dengan prosesor grafik Adreno 530. Hal ini berarti keduanya memiliki performa yang sama.

Selain itu, keduanya tersedia dalam dua varian dengan konfigurasi RAM dan memori internal yang sama: RAM 4 GB + ROM 64 GB dan RAM 6 GB + ROM 128 GB. Memori internal keduanya tidak dapat ditambah karena tidak terdapat slot microSD card. Sistem operasi yang dijalan keduanya adalah Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8. Pada bagian depannya, kalian dapat menjumpai layar 5,7 inci beresolusi Full HD. Untuk sistem keamanan, kita dapat menjumpai pemindai sidik jari pada keduanya: di bawah layar (Mi Note 2) vs di bawah kamera utama (Mi 5S Plus).

Xiaomi-Mi-5S-Plus-1-768x386

Lalu, mari kita perhatikan perbedaannya. Pertama, Mi Note 2 menggunakan layar AMOLED dengan dua sisi lengkung (pertama dari Xiaomi), sedangkan Mi 5S Plus menggunakan layar IPS LCD dengan permukaan datar. Untuk sumber energi, Mi Note 2 dibekali baterai dengan kapasitas lebih besar, 4070 mAh vs 3800 mAh. Yang terakhir adalah terkait kameranya. Untuk berfoto selfie, Mi Note 2 lebih baik karena memiliki kamera depan dengan resolusi lebih tinggi, 8 MP vs 4 MP. Di sisi lain, keduanya menawarkan kamera utama yang berbeda, kamera tunggal 22,5 MP (Mi Note 2) vs kamera ganda 12 MP (Mi 5S Plus).

Xiaomi Mi Note 2 vs Mi 5S Plus – Dua smartphone tangguh dari Xiaomi

Dari perbandingan spesifikasi di atas, tampak jelas bahwa keduanya memiliki spesifikasi yang tangguh, namun dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda dalam hal layar, baterai, dan kamera. Lalu, bagaimana dengan harga keduanya?

  Xiaomi Mi Note 2 Xiaomi Mi 5S Plus
RAM 4 GB $413 (Rp 5,4 juta) $344 (Rp 4,5 juta)
RAM 6 GB $481 (Rp 6,4 juta) $389 (Rp 5,1 juta)

Setelah melihat perbandingan spesifikasi dan harganya, mana yang kalian pilih, Xiaomi Mi Note 2 dengan layar yang memiliki dua sisi lengkung atau Xiaomi Mi 5S Plus dengan dua kamera utama?