Sony Xperia XZ vs Kodak Ektra: Perang Kamera Smartphone

Sony Xperia XZ vs Kodak Ektra adalah dua monster dengan kamera utama menawan beresolusi 23 MP vs 21 MP, berturut-turut, yang dapat kita temukan di pasar saat ini. Bila kita mengadu keduanya, mana yang lebih unggul? Mari kita cari tahu.

Sony-Xperia-XZ-1-768x644

Sony Xperia XZ vs Kodak Ektra – Perbandingan spesifikasi

Pertama, mari kita mulai pertarungan Sony Xperia XZ vs Kodak Ektra dengan memperhatikan layarnya. Kodak Ektra yang baru diluncurkan pada bulan Oktober ini hadir dengan layar 5 inci beresolusi 1080 x 1920 piksel. Di sisi lain, meskipun memiliki resolusi yang sama, namun layar Sony Xperia XZ lebih besar dengan bentang 5,2 inci. Dengan demikian, tingkat densitas layar Kodak Ektra sedikit lebih baik dari pesaingnya. Untuk jantungnya, Kodak Ektra diperkuat chipset MediaTek Helio X20 deca-core 2,1 GHz, sedangkan pesaingnya dengan chipset Qualcomm Snapdragon 820 quad-core 2,15 GHz. Dalam hal ini, sangat jelas bahwa performa Sony Xperia XZ jauh lebih tangguh dari Kodak Ektra.

Lebih lanjut, kedua smartphone ini sama-sama dibekali RAM 3 GB. Untuk media penyimpanan, Kodak Ektra menawarkan memori internal 32 GB saja, sedangkan Sony Xperia XZ memiliki dua pilihan: 32 GB dan 64 GB. Kedua smartphone ini didukung slot microSD card, sehingga kapasitas memori internalnya dapat ditambah. Untuk berfoto selfie, keduanya sama-sama dilengkapi kamera depan 13 MP, sehingga kualitas foto selfie yang dihasilkan cukup berimbang. Namun, untuk memotret foto pemandangan, kamera utama Sony Xperia XZ lebih baik karena beresolusi lebih tinggi dari pesaingnya, 23 MP vs 21 MP, dan didukung berbagai fitur mutakhir.

Kodak-Ektra

Sistem operasi yang dijalankan keduanya juga sama yaitu Android 6.0 Marshmallow. Sebaggai sumber energinya, Kodak Ektra ditenagai baterai dengan kapasitas yang sedikit lebih besar dari pesaingnya, 3000 mAh vs 2900 mAh. Namun, Sony Xperia XZ memiliki beberapa hal yang tidak dijumpai pada Kodak Ektra, seperti pemindai sidik jari serta fitur kedap air dan debu, membuatnya lebih unggul karena lebih aman dan tahan terhadap air.

Sony Xperia XZ vs Kodak Ektra – Harga dan ketersediaan

Harga Sony Xperia XZ berkisar $700 atau Rp 9 juta. Sementara itu, harga Kodak Ektra lebih murah, sekitar $550 atau Rp 7,2 juta. Bila kalian berminat, Sony Xperia XZ sudah tersedia di pasar, sedangkan Kodak Ektra baru akan tersedia sekitar awawl 2017. Nah, meskipun lebih mahal, Sony Xperia XZ menawarkan spesifikasi yang lebih baik. Namun, bila kalian mencari smartphone berkamera menawan dengan harga yang lebih murah, pilihlah Kodak Ektra.