Xiaomi Mi 4s vs Xiaomi Mi Max: Perang RAM 3 GB Smartphone vs Phablet

Pada awal tahun 2016 ini, Xiaomi telah meluncurkan berbagai produk, mulai dari smartphone berukuran kecil hingga phablet berlayar besar, dengan spesifikasi yang beragam. Pada artikel ini, mari kita bandingkan smartphone dan phablet Xiaomi yang masing-masing dibekali RAM 3 GB dan harganya tidak jauh berbeda, Xiaomi Mi 4s vs Xiaomi Mi Max.

Xiaomi-Mi-4S_6

Pada perbandingan ini, kami akan melibatkan Xiaomi Mi Max yang diperkuat RAM 3 GB untuk melawan Xiaomi Mi 4s yang juga diperkuat RAM 3 GB.

Xiaomi Mi 4s vs Xiaomi Mi Max

Waktu peluncuran

Xiaomi Mi 4s diluncurkan pada tiga bulan yang lalu, tepatnya pada 24 Februari 2016. Sementara itu, Xiaomi Mi Max baru meluncur pada bulan ini, tepatnya pada 10 Mei 2016.

Layar

Xiaomi Mi 4s memiliki layar 5 inci beresolusi Full HD dengan tingkat densitas 441 ppi, sedangkan Xiaomi Mi Max memiliki layar lebih besar berukuran 6,44 inci yang juga beresolusi Full HD namun tingkat densitasnya lebih rendah yaitu 342 ppi. Dilihat dari ukuran layarnya, Xiaomi Mi 4s termasuk smartphone, sedangkan Xiaomi Mi Max adalah phablet.

Chipset, prosesor grafik, dan RAM

Xiaomi Mi 4s diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 808 yang dipadukan dengan prosesor grafik Adreno 416 dan RAM 3 GB. Sementara itu, Xiaomi Mi Max dibekali dua chipset berbeda, satu dengan Snapdragon 650 (ROM 32 GB) dan Snapdragon 652 (ROM 64 GB). Meskipun demikian, kedua varian ini tetap didukung prosesor grafik Adreno 510 dan RAM 3 GB.

Kapasitas media penyimpanan

Xiaomi Mi 4s hanya tersedia dengan varian memori internal 64 GB saja. Kalian masih dapat menambah kapasitas memori internalnya hingga 128 GB karena smartphone ini disediakan slot microSD card. Di sisi lain, Xiaomi Mi Max dengan RAM 3 GB hadir dengan dua pilihan memori internal, 32 GB dan 64 GB. Phablet ini juga dilengkapi slot microSD card, sehingga kalian dapat menambah memori internalnya hingga 200 GB.

Kamera

Smartphone dan Phablet Xiaomi ini sama-sama memiliki kamera depan beresolusi 5 MP, namun kamera utama keduanya memiliki resolusi yang berbeda. Xiaomi Mi 4s dengan kamera utama 13 MP, Xiaomi Mi Max dengan kamera utama 16 MP. Meskipun demikian, kedua kamera tersebut juga didukung Phase Detection Autofocus (PDAF) dan dua LED flash.

Baterai

Xiaomi Mi 4s dibekali baterai 3260 mAh dengan teknologi Quick Charge 2.0, sedangkan Xiaomi Mi Max dibekali baterai yang lebih besar berkapasitas 4850 mAh. Hal ini dapat dipahami karena layar dengan ukuran yang lebih besar menghabiskan energi yang lebih banyak. Dengan demikian, baterai 3260 mAh sudah cukup untuk smartphone berlayar 5 inci seperti Xiaomi Mi 4s.

Xiaomi-Mi-Max-04

Informasi tambahan

Xiaomi Mi 4s dan Xiaomi Mi Max sama-sama memiliki pemindai sidik jari yang terletak pada bagian belakang, tiga tombol kapasitif di sebelah bawah layar, dan USB port Type C pada sisi sebelah bawahnya. Selain itu, keduanya juga menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow, namun Xiaomi Mi 4s masih didukung antarmuka MIUI 7.0, sedangkan Xiaomi Mi Max sudah dengan antarmuka terbaru yaitu MIUI 8.0. Untuk pilihan warnanya, Xiaomi Mi 4s tersedia dalam warna White, Black, Gold, dan Pink, sedangkan Xiaomi Mi Max dengan warna Silver, Light Grey, dan Gold.

Harga dan ketersediaan

Pada acara peluncurannya, Xiaomi Mi 4s dengan ROM 64 GB ditawarkan dengan harga mulai dari $260 atau sekitar Rp 3,5 juta. Sementara itu, Xiaomi Mi Max tersedia dengan harga mulai dari $230 atau Rp 3 juta untuk varian dengan ROM 32 GB dan $260 atau sekitar Rp 3,5 juta. Ya, karena Xiaomi Mi 4s terlebih dahulu hadir, kemungkinan besar harganya sudah lebih murah saat ini. Di antara Xiaomi Mi 4s vs Xiaomi Mi Max, mana yang kalian pilih?