VoLTE: Bertelepon Dengan Jaringan 4G LTE

VoLTE adalah istilah bertelepon dengan menggunakan jaringan 4G LTE. Pada artikel ini, kami akan membahas apa itu VoLTE, serta keuntungan dan kelemahannya.

volte 4g

VoLTE untuk bertelepon yang lebih baik

Biasanya, jaringan 2G dan 3G digunakan untuk bertelepon, sedangkan jaringan 4G LTE untuk berselancar di internet dan menonton video secara online. Pandangan tersebut tidak salah, namun jaringan 4G LTE juga dapat digunakan untuk bertelepon dengan kualitas yang lebih baik dari dua jaringan sebelumnya. VoLTE diciptakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, yaitu bertelepon dengan menggunakan jaringan 4G LTE. Layanan ini mampu memberikan kualitas bertelepon yang lebih baik karena jaringan 4G LTE dapat mengirim data 3 kali lebih banyak dari jaringan 3G.

Selain itu, jaringan 4G LTE memberikan koneksi internet yang lebih baik dan cepat serta jaringan internet yang lebih luas dibandingkan 3G. Jaringan tersebut memiliki frekuensi hingga 800 MHz, lebih tinggi dari 2G atau 3G, dan sebagai hasilnya sinyal internet yang dipancarkan juga lebih kuat. Secara teori, jaringan 4G LTE juga dapat membuat panggilan video (video call) lebih lancar.

volte scheme

Keterbatasan dari bertelepon dengan jaringan 4G LTE adalah sistem ini hanya bekerja bila penelepon dan penerima telepon sama-sama terhubung ke jaringan 4G LTE. Oleh karena itu, sebelum bertelepon, pastikan penerima telepon dapat mengakses jaringan 4G LTE. Lebih lanjut, selama bertelepon, pastikan jaringan 4G LTE selalu baik agar percakapan tetap lancar tanpa gangguan.

VoLTE perlu dikembangkan agar terasa manfaatnya

Layanan VoLTE perlu terus dikembangkan agar manfaatnya terasa luas. Penyedia jaringan telekomunikasi perlahan namun pasti terus mengembangkan infrastruktur pendukung VoLTE, sehingga akan banyak perangkat yang dapat melakukan panggilan dengan jaringan 4G LTE. Apakah artikel ini bermanfaat untuk kalian?