Bocoran Hasil Benchmark Sony Xperia Z4: Layar 5,1 inci, Snapdragon 810, dan Kamera 20MP

Segera setelah kami mendapat bocoran berita hasil benchmark LG G4 melalui GFXBench, kami kemudian mendapat kabar serupa bahwa Sony Xperia Z4 yang merupakan smartphone andalan ini, sedang dalam masa pembuatannya.

1

Menurut daftar yang dimuat, perangkat dengan kode nama Sony E6553, yang diduga merupakan Xperia Z4 (alasannya nanti, ya), sudah melewati uji coba GFXBenc dan membeberkan sedikit informasi mengenai kinerja ponsel tersebut. Pada awalnya, Sony enggan bergabung dengan tren tampilan resolusi yang sedang digandrungi, dan tetap berorientasi pada layar 5,1 inci dengan tampilan standar, yaitu dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Pada bagian bawah panel, GFXBench telah mendeteksi adanya prosesor octa-core qualcomm 64-bit, Snapdragon 810 dengan empat ARM Cortex-A57 dan empat Cortex-A53 cores, serta tampilan grafis Adreno 430, tak ketinggalan RAM sebesar 3GB, dan ruang penyimpanan sebesar 32GB. Selain itu, terdapat pula kamera utama bermuatan 20MP dan kamera depan 5MP untuk keperluan potret selfie. Kabarnya, perangkat ini akan beroperasi menggunakan Android 5.0.2 Lollipop.

5

Kembali pada alasan mengapa kami mengira kode ponsel tersebut adalah Xperia Z4 sangat bisa dijelaskan. Pertama, kombinasi hardware yang dikemas dalam E6553 memang sudah merupakan perkiraan kami bahwa perangkat andalan berikutnya akan segera dihadirkan pada 2015. Kedua, kode nama itu sendiri memberikan kredibilitas pada tamu kehormatan kami. Jadi, gabungan kode karakter huruf dan angka tersebut bukanlah sekedar kode biasa, huruf besar E yang tercantum pada kode tersebut mengindikasikan tahun pembuatan perangkat. Contohnya, Xperia Z3 dengan kode D6603 dirilis 2014 silam, sedangkan Xperia Z dengan kode C6603 dirilis pada tahun 2012. Kedua faktor tersebut tidak lain memberikan pertanda bahwa apa yang kami lihat pada benchmark tersebut bisa jadi sah merupakan Sony Xperia Z4 yang akan datang.