Wujud Nokia 7.1 Plus Mulai Terkuak: 5,9 inci, SND 710, Dan Lainnya ….

HMD Global tampaknya sedang mempersiapkan satu lagi smartphone kelas menengah baru di akhir tahun 2018 ini. Namanya dirumorkan sebagai Nokia 7.1 Plus. Bocoran wujud serta spesifikasi awalnya telah terkuak. Seperti apa? Kita telusuri bersama.

Nokia 7.1 Plus – Bocoran wujud dan spek awal

Seperti diketahui, HMD Global telah meluncurkan Nokia X6 pada Mei 2018 serta Nokia X5 pada Juli 2018 di China. Nah, nama keduanya untuk pasar global berubah menjadi Nokia 6.1 Plus dan Nokia 5.1 Plus berturut-turut. Menurut rumor, HMD Global sedang mempersiapkan Nokia 7.1 Plus. Dari pola penamaan di atas, smartphone ini tentu ditujukan untuk pasar global. Namanya kemungkinan besar akan berubah menjadi Nokia X7 China.

Pihak internal HMD Global memberika kode Phoenix pada Nokia 7.1 Plus. Dari namanya, kalian mungkin menyangka bahwa Nokia 7.1 Plus akan hadir dengan layar berponi seperti Nokia X6 dan Nokia X5. Namun, ternyata smartphone tersebut meninggalkan tren layar berponi dan kembali ke layar 18 : 9. Seperti terlihat pada bocoran wujudnya di atas, bezel atas dan bawah layarnya cukup tebal. Layarnya berukuran 5,9 inci dengan resolusi 1080 x 2160 piksel (Full HD+). Dimensinya kurang lebih sama dengan Nokia 7 Plus yang berlayar 6 inci dengan rasio 18 : 9 juga.

Meski demikian, performanya akan lebih tangguh karena kabarnya akan diperkuat chipset Snapdragon 710 dibandingkan chipset Snapdragon 660 yang menjadi otak dari Nokia 7 Plus. Sayangnya, di luar dari bocoran tampang depan serta layar dan chipset, Bocoran info lainnya terkait Nokia 7.1 Plus masih belum diketahui. Nokia 7.1 Plus diyakini akan menjalankan Android Pie versi Android One. Nokia 7.1 Plus juga akan tersedia dalam beberapa varian di mana salah satunya dibekali RAM 6 GB. Kita juga berharap masih akan menjumpai kamera telefoto.

Nokia 7.1 Plus – Waktu peluncuran

Kehadiran Nokia 7.1 Plus tentunya akan membantu Nokia untuk bersaing di segmen smartphone kelas menengah. Sayangnya, kita masih belum mengetahui kapan smartphone tersebut akan lahir. Hingga September 2018, Nokia 7 Plus telah menyapa kita selama 7 bulan. Kemungkinan besar Nokia 7.1 Plus atau Nokia X7 akan meluncur di kuartal keempat 2018.