iPhone XR vs iPhone XS vs iPhone XS Max: Perang RAM 4 GB, 512 GB, Harga SUPEr!!

Perbandingan yang akan kami tampilkan di bawah ini cukup istimewa karena melibatkan tiga iPhone terbaru yaitu iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max. Mungkin ada beberapa di antara kalian yang bingung dengan perbedaan ketiganya. Bila ya, kaian dapat mengikuti pembahasan di bawah ini.

iPhone XR vs iPhone XS vs iPhone XS Max – Perbandingan spesifikasi

Sebenarnya, ketiganya memiliki cukup banyak persamaan. Pertama, baik iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max sama-sama mengusung layar berponi seperti iPhone X yang dapat dikatakan sebagai pelopor tren layar berponi yang kini ditiru banyak smartphone Android. Performa ketiganya juga cukup berimbang karena sama-sama diperkuat chipset A12 Bionic. Sistem operasi yang dijalankannya iOS 12. Lebih lanjut, untuk penyimpanan data, ketiganya menyediakan tiga pilihan memori internal di mana dua di antaranya berkapasitas 64 GB dan 256 GB.

Seperti tradisi semua iPhone sebelumnya, ketiganya tidak dilengkapi slot kartu microSD untuk menambah kapasitas media penyimpanannya. Ketiganya juga tidak lagi memiliki tombol Touch ID yang digantikan oleh Face ID. Ya, Face ID mulai diterapkan pada iPhone X. Ketiganya juga bersertifikasi IP67. Tak hanya itu, ketiganya juga mendukung wireless charging.

Lalu, apa perbedaan ketiganya? Pertama, iPhone XS paling kecil karena berlayar 5,8 inci seperti iPhone X, sedangkan iPhone XR dan iPhone XS Mas berlayar 6,1 inci dan 6,5 inci berturut-turut. Di antara ketiganya, hanya iPhone XR yang menggunakan layar LCD yang dinamakan Liquid Retina, sedangkan dua sisanya menggunakan layar OLED yang dinamakan Super Retina HDR. iPhone XS dan XS Max menjadi dua iPhone pertama yang menggunakan RAM 4 GB. Sementara itu, iPhone XR dibekali RAM 3 GB. Terkait media penyimpanan, varian satu lagi dari iPhone XR memiliki memori internal 128 GB, sedangkan varian satu lagi dari iPHone XS dan XS Max menyediakan memori internal 512 GB. WOW!! Untuk memotret pemandangan, iPhone XR menawarkan satu kamera belakang 12 MP. Sementara itu, pada dua saudaranya, selain kamera 12 MP, ada pula kamera telefoto 12 MP. Yang terakhir terkait sumber energi. iPhone XS dengan dimensi paling kecil ternyata dibekali baterai paling kecil pula yang berkapasitas 2658 mAh, sedangkan iPhone XR dan XS Max ditenagai baterai 2942 mAh dan 3174 mAh.

iPhone XR vs iPHone XS vs iPhone XS Max – Harga

Harga iPhone XR adalah $749 (Rp 11,2 juta), $799 (Rp 12 juta), dan $849 (Rp 12,7 juta) dari varian terendah hingga tertinggi. Harga iPhone XS adalah $999 (Rp 15 juta), $1149 (Rp 17,2 juta), dan $1349 (Rp 20,2 uta) dari varian terendah hingga tertinggi. Sementara itu, harga iPhone XS Max adalah $1099 (Rp 16,5 juta), $1249 (Rp 18,7 juta), dan $1449 (Rp 21,7 jjuta) dari varian terendah hingga tertinggi. Ya, di antara ketiganya, iPhone XS Max paling mencolok karena menjadi iPhone dengan layar terbesar, RAM terbesar, memori internal terbesar, baterai terbesar, serta harga termahal dalam sejarah iPhone hingga 2018. Di antara ketiganya, iPhone XR tampaknya akan paling laris. Sementara itu, dibandingkan iPHone XS, iPhone XS Max akan lebih banyak dibeli.