Windows Phone Akan Lebih Mutakhir Berkat Teknologi Baru

Windows phone mungkin bukan menjadi pilihan favorit ketika kalian ingin membeli smartphone baru. Namun, sebuah penelitian terbaru dari Microsoft mungkin dapat mengubah pandangan kalian. Dengan teknologi baru tersebut, kalian pasti akan berharap untuk memiliki sebuah Windows phone pada tangan kalian.

Windows Phone

Windows phone dan layar sentuh baru

Microsoft hadir dengan layar sentuh berteknologi baru yang masih menjadi bahan percobaan. Teknologi tersebut mampu memprediksi gerakan jari kalian sebelum kalian menyentuhkan jari pada layar smartphone. Sensor-sensor yang dibekali pada layarnya juga mampu memprediksi kapan dan bagaimana kalian akan menyentuh layarnya. Teknologi tersebut menggunakan tangan kita sebagai media untuk membaca pikiran kita, seperti yang dikatakan Ken Hinckley, kepala peneliti di Microsoft yang dimuat pada sebuah laporan belum lama ini.

Bulan lalu, para peneliti Microsoft membuat sebuah video yang memperlihatkan cara kerja prototipe sistem ‘pre-touch sensing’. Layar sentuh tersebut mampu mengenali jari-jari kalian yang menggenggam hingga ke bagian tepi layar dan yang berada di atas layarnya namun tidak menyentuhnya. Dengan sensor-sensor yang dimilikinya, layar tersebut mampu mengantisipasi interaksi jari-jari kalian dengan smartphone dan bagaimana cara kalian menggenggam smartphone, atau berapa banyak jumlah jari dan berapa jaraknya dengan layar.

Pada video di atas, Microsoft menunjukkan contoh cara kerja sistem tersebut. Pada aplikasi pemutar video, ketika kalian mendekatkan jari pada layarnya, tombol playback akan muncul dengan sendirinya sebelum jari kalian menyentuh layar. Atau bila kalian menggenggam dengan satu tangan, tombol pengaturan akan muncul pada sisi di mana tangan kalian menggenggam smartphone itu. Tidak hanya pada aplikasi pemutar video, sistem ini dapat bekerja pada berbagai aplikasi lainnya.

Masa depan Windows Phone

Penemuan ini masih dalam tahap uji coba dan masih belum ada konfirmasi kapan Microsoft akan menawarkannya ke pasar. Bila nanti hal ini terwujud, Windows Phone akan kembali Berjaya terutama di saat smartphone buatan Microsoft sedang dalam kondisi terpuruk. Masa depan Windows Phone akan cerah berkat penemuan hebat ini.