Sony Xperia XZ Premium Dipastikan Hadir dengan Snapdragon 835

Setelah diperkenalkan sekitar dua setengah bulan yang lalu, Sony Xperia XZ Premium akhirnya akan tersedia di pasar sebentar lagi. Smartphone ini dipastikan akan sangat tangguh berkat chipset Snapdragon 835.

Sony Xperia XZ Premium – Smartphone Terbaik Sony saat ini

Xperia XZ Premium tampaknya menjadi smartphone paling mutakhir yang pernah dirakit oleh Sony sejauh ini. Pertama, Xperia XZ Premium menjadi smartphone pertama di dunia yang hadir dengan chipset Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz. Beberapa orang mungkin berpikir Galaxy

S8 dan S8 Plus adalah yang pertama yang hadir dengan chipset Qualcomm tersebut. Seperti diketahhui, smartphone Sony itu meluncur di MWC 2017 akhir bulan Februari, sedangkan duo Samsung tersebut menyusul pada akhir Maret.

Nah, belum lama ini, bocoran performanya terlihat di situs Geekbench. Pada uji single core, Xperia XZ Premium meraih 1943 poin. Sementara itu, smartphone Sony ini meraih 5824 poin pada uji multi core. Sayangnya, nilai tersebut lebih rendah dari duo Samsung di atas. Ada yang menduga chipset yang digunakan Xperia XZ Premium memiliki kecepatan maksimal yang lebih rendah. Selain itu, layarnya yang berukuran 5,46 inci dengan resolusi Ultra HD (4K) ikut membebani kinerja chipset tersebut.

Seperti diketahui, chipset yang menjadi jantung Xperia XZ Premium ini dipadukan dengan RAM 4 GB dan Android 7.1 Nougat. Memori internalnya berkapasitas 64 GB dan masih dapat ditambah dengan microSD card. Untuk fotografi, terdapat kamera utama 19 MP dengan predicted hybrid autofocus dan kemampuan merekam video slow motion dengan 960 gambar per detikk, serta kamera depan 13 MP untuk berfoto selfie. Seperti biasa, smartphone premium Sony bersertifikasi IP68, artinya smartphone ini dapat bertahan selama 30 menit pada kedalaman satu setengah meter di bawah permukaan air. Ya, meskipun impresif, namun smartphone ini hanya dibekali baterai 3230 mAh.

Sony Xperia XZ Premium – Harga dan ketersediaan

Satu hal lagi, smartphone ini dinobatkan sebagai smartphone baru terbaik yang hadir di MWC 2017. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira untuk pecinta Sony. Lebih lanjut, smartphone ini dilaporkan sudah dapat dipesan di beberapa negara Eropa mulai paruh kedua bulan Mei ini dengan harga sekitar $820 atau Rp 11 juta. Semoga smartphone ini juga dipasarkan di Indonesia untuk meneruskan Xperia Z5 Premium. Kita nantikan saja.