Smartphone Nokia 6 RESMI Meluncur: RAM 4 GB + Kamera Utama 16 MP

Si raksasa akhirnya kembali!! Ya, smartphone Android pertamanya baru saja diperkenalkan, Nokia 6. Bagaimana spesifikasi smartphone ini? Ikuti ulasan kami berikut ini.

A new Nokia 6 smartphone is seen in this handout image released by HMD to Reuters on January 7, 2017. HMD/Handout via Reuters ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. EDITORIAL USE ONLY. NO RESALES. NO ARCHIVE.

Nokia 6 – Smartphone Android pertama si raksasa

Kita sudah berada di awal tahun 2017. Bila kalian masih ingat, pada kuartal kedua tahun lalu, Nokia secara resmi menegaskan bahwa mereka akan kembali ke pasar smartphone dunia selambat-lambatnya pada akhir 2016 atau awal tahun ini. Hal tersebut telah dibuktikan dengan kehadiran dua ponsel fitur, Nokia 150 dan 150 Dual SIM, pada bulan Desember tahun lalu. Harga keduanya sangat amat terjangkau, sekitar $26 atau Rp 350.000,00 saja.

Kali ini, smartphone Android pertama Nokia akhirnya resmi diperkenalkan oleh HMD Global sebagai pemegang lisensi si raksasa. Smartphone tersebut bernama Nokia 6 yang terlihat menawan dengan bodi berbahan aluminium. Pada bagian depannya, terdapat layar 5,5 inci beresolusi Full HD yang dilindungi kaca 2,5D. Sebagai jantungnya adalah chipset Qualcomm Snapdragon 430 octa-core 1,5 GHz dipadukan denggan prosesor grafik Adreno 505 dan RAM 4 GB. Kita ingat bahwa chipset tersebut juga memperkuat beberapa smartphone, seperti Lenovo K6 Note, Xiaomi Redmi 3s, Asus Zenfone 3 Laser, dan lain sebagainya.

Nokia 6 2

 

Memori internalnya berkapasitas 64 GB yang kabarnya masih dapat ditambah dengan microSD card. Untuk fotografi, Nokia 6 menawarkan kamera utama 16 MP dengan PDAF dan diafragma f/2.0 serta kamera depan 8 MP berdiafragma f/2.0. Seperti yang telah dirumorkan sebelumnya, smartphone Android pertama Nokia menjalankan sistem operasi terbaru dari Google yaitu Android 7.0 Nougat. Lebih lanjut, smartphone ini mendapatkan energi dari baterai 3000 mAh. Untuk alasan keamanan, Nokia menambahkan pemindai sidik jari yang ditanamkan pada tombol home fisik.

Nokia 6 – Smartphone menjanjikan untuk kebangkitan si raksasa

Dari spesifikasi di atas, tampak jelas bahwa smartphone ini dipersiapkan untuk bertarung di kelas menengah, yang berarti harganya tidak mahal. Ya, Nokia 6 ditawarkan sekitar $245 atau Rp 3,3 juta dan baru akan tersedia di pasar secepatnya pada awal tahun ini. Kita tentu berharap Nokia 6 juga masuk ke Indonesia dalam waktu dekat ini. Nah, sekarang kalian sudah percaya bahwa si raksasa akhirnya bangkit kembali?