Review Xiaomi Redmi Note 2: Phablet terbaik di kelas menengah

Review Xiaomi Redmi Note 2

Xiaomi Redmi Note 2 adalah salah satu phablet termurah saat ini dan mungkin menjadi incaran Anda. Untuk Anda yang sangat menggemari phablet ini tentunya ingin mengetahui secara rinci desain dan spesifikasi phablet ini. Xiaomi Redmi Note 2

Phablet pendahulunya, Xiaomi Redmi Note, sukses terjual pada tahun 2014 di berbagai negara termasuk negara asal produsen phablet ini yaitu China. Dengan kesuksesan tersebut, Xiaomi kini mengincar pasar Eropa dan Amerika Ser

Review Xiaomi Redmi Note 2

Xiaomi Redmi Note 2 adalah salah satu phablet termurah saat ini dan mungkin menjadi incaran Anda. Untuk Anda yang sangat menggemari phablet ini tentunya ingin mengetahui secara rinci desain dan spesifikasi phablet ini.

Phablet pendahulunya, Xiaomi Redmi Note, sukses terjual pada tahun 2014 di berbagai negara termasuk negara asal produsen phablet ini yaitu China. Dengan kesuksesan tersebut, Xiaomi kini mengincar pasar Eropa dan Amerika Serikat.

Perlu Anda ketahui bahwa Xiaomi menghadirkan 2 tipe Note yang ditargetkan untuk para konsumen dari kelas yang berbeda. Tipe Note pertama adalah Mi Note series yang dipersiapkan sebagai phablet premium, sedangkan yang kedua adalah Redmi Note series sebagai alternative untuk Anda yang menginginkan phablet dengan harga yang lebih terjangkau. Xiaomi Redmi Note 2 ditawarkan dengan harga yang lebih murah namun memiliki spesifikasi yang setara dengan smartphone kelas menengah.

Secara umum, Xiaomi Redmi Note 2 mengalami beberapa perubahan dibandingkan dengan Redmi Note. Redmi Note 2 kini dibekali layar 5,5 inci IPS beresolusi Full HD, prosesor utama MediaTek Helio X10 octa-core, prosesor grafik Power VR, dan RAM 2 GB. Selain itu, kamera utamanya telah dilengkapi fitur phase detection autofocus dan kini tersedia teknologi IR port yang dipinjam dari Mi Note yang mendukung proses charging yang lebih cepat.

Pada artikel ini, kami akan mengulas lebih dalam mengenai Xiaomi Redmi Note 2, senjata andalan Xiaomi di kelas phablet berharga murah.

Isi kotak kemasan

Kotak kemasan Xiaomi Redmi Note 2 terbuat dari kertas daur ulang. Di dalamnya terdapat 1 unit Redmi Note 2, adaptor A/C 2A, dan kabel microUSB.

Dimensi & Berat

Redmi Note 2 memiliki dimensi 152 x 76 x 8,3 mm, sehingga memiliki ukuran panjang 2 mm dan lebar 3 mm lebih pendek serta ketebalan 1 mm lebih tipis dibandingkan Redmi Note. Perlu diketahui bahwa keduanya sama-sama memiliki ukuran layar 5,5 inci. Beratnya pun menjadi 160 gram, 25 gram lebih ringan dari Redmi Note.

Desain

Secara keseluruhan, Xiaomi Redmi Note 2 terlihat mirip dengan Xiaomi Mi 4i. Bagian depannya dilapisi plastik hitam untuk semua varian warna. Xiaomi tetap mempertahankan tombol kapasitifnya dengan aksen warna merah sebagai ciri khas Xiaomi Redmi series. Casing belakangnya tetap terbuat dari plastik dan dapat dilepas, seperti yang juga dijumpai pada Redmi Note dan Mi 4i, yang tentu disukai para konsumen. Anda akan menemukan kamera utama dan lubang loud speaker pada bagian belakangnya.

Sisi kirinya terlihat polos, sedangkan pada sisi kananya terdapat tombol pengatur suara serta tombol power dan lock screen. Lebih lanjut, bila mengamati sisi atasnya kita akan menemukan audio jack dan microphone yang kedua. Microphone utamanya terdapat di sisi bawah beserta microUSB port.

Redmi Note 2 dengan layar 5,5 inci sangat nyaman digenggam dan mudah dioperasikan dengan menggunakan satu tangan berkat casing dari plastik dan bagian tepinya yang anti selip.

Layar

Layar pada Redmi Note 2 berukuran 5,5 inci IPS dengan resolusi Full HD serta tingkat densitas 401 ppi. Sayangnya, lapisan warna hitam di permukaannya bukan merupakan lapisan anti gores. Lebih lanjut, tingkat kecerahan maksimum pada layarnya sedikit lebih rendah dari Mi 4i, meskipun keduanya memiliki tingkat ketajaman dan kualitas warna yang sama.

Xiaomi menawarkan pengaturan temperature warna yang terdiri dari 3 level: warm, normal, dan cool. Bila Anda memilih warm, maka kualitas warna pada layar akan lebih baik dibandingkan dengan memilih normal. Seperti Redmi Note, Anda masih dapat melihat tampilan layar Redmi Note 2 meski berada di bawah sinar matahari.

Baterai

Xiaomi membekali Redmi Note 2 dengan baterai berkapasitas 3060 mAh, cukup untuk phablet dengan layar 5,5 inci. Baterai tersebut dapat bertahan selama 2 hari untuk menelepon selama satu jam, melakukan web browsing, dan menonton video selama satu hari. Sebagai tambahan, bila Anda memasang SIM card yang kedua, maka daya tahan baterainya akan berkurang sekitar 2 jam.

Konektivitas

Fitur konektivitas yang dimiliki Redmi Note 2 meliputi dual-band Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.0, GPS dan Glonass, serta FM radio. Terdapat pula lubang microUSB 2.0 yang dapat digunakan untuk menghubungkan charger serta untuk memindahkan data dari dank e phablet ini.

Performa

Xiaomi Redmi Note 2 menjadi phablet pertama yang didukung chipset MediaTek MT6795 yang juga dikenal dengan nama Helio X10. Prosesornya adalah octa-core 2,0 GHz Cortex-A53 dengan PowerVR G6200 sebagai prosesor grafiknya dan RAM 2 GB.

Selain Redmi Note 2, smartphone lain yang juga didukung chipset Helio X10 adalah Meizu MX5, HTC One E9+, Sony Xperia M5, dan Gionee Elife E8. Tampaknya chipset tersebut akan semakin banyak digunakan produsen smartphone lainnya.

Xiaomi-Redmi-Note2

Penggunaan PowerVR G6200 dinilai sangat tepat untuk mendukung performa layar dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Kualitas tampilan layarnya lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan Adreno 405 dengan chipset Snapdragon 615, sehingga chipset Helio X10 dapat dikatakan menjadi pilihan yang tepat untuk phablet kelas menengah dengan layar 1080 x 1920 piksel. Sebagai perbandingan, PowerVR G6200 dengan layar 1080 x 1920 piksel menunjukkan performa yang sama dengan Adreno 405 yang mendukung layar 1280 x 720 piksel.

Kamera

Xiaomi Redmi Note 2 dibekali kamera utama beresolusi 13 MP dengan sebuah LED flash. Dibandingkan Redmi Note, kamera utama pada Redmi Note 2 telah mengalami pembaharuan dengan penambahan fitur hybrid autofocus dengan phase detection yang dapat memotret foto dengan lebih cepat dan titik fokus yang lebih akurat. Lebih lanjut, kamera utamanya mampu merekam video dengan resolusi [email protected]

Tampilan aplikasi kameranya terdiri dari 3 bagian. Pada tampilan default, terdapat tombol pengatur LED flash, tombol untuk memotret, dan tombol kamera depan. Bila Anda menggeser jari ke atas, maka akan muncul 12 pilihan filter dengan preview gambarnya secara langsung. Selanjutnya, dengan menggeser jari ke bawah, Anda akan menemukan berbagai pengaturan advanced mode seperti Panorama, Beautify, Timer, Sceenes, Gradient, dan Manual. Pada Manual mode, Anda dapat mengatur white balance dan ISO secara manual.

Sementara itu, kamera depan Redmi Note 2 beresolusi 5 MP yang mampu menghasilkan foto selfie yang terlihat halus dan tingkat ketajaman yang baik, cocok untuk profile photo Anda di Facebook dan media sosial lainnya.

User Interface

Redmi Note 2 menjadi smartphone pertama buatan Xiaomi yang menjalankan MIUI 7 yang berbasis pada sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop. Untuk pasar China, Redmi Note 2 sudah hadir dengan MIUI 7, namun untuk pasar internasional masih hadir dengan MIUI 6. Bila Anda ingin mendapatkan MIUI 7, Anda perlu menunggu versi update resmi dari Xiaomi. Lebih lanjut, MIUI 7 diklaim 30% lebih cepat dan responsive serta 10% lebih hemat energi dibandingkan MIUI 6.

Aplikasi

Tersedia MIUI Browser dengan tampilan sederhana dan mampu melakukan pencarian informasi dengan cepat namun tidak secepat Chrome. Akan tetapi, MIUI Browser memiliki satu keunggulan yang tidak dimiliki Chrome yaitu Reading mode yang mampu memperbesar dan memfokuskan pandangan kita pada teks yang ingin dibaca dan Reading mode akan menyingkirkan bagian-bagian yang tidak diperlukan. Selain itu, juga terdapat Night mode yang akan mengubah warna halaman dan teks sedemikian rupa sehingga mata Anda merasa nyaman ketika membaca di tempat yang gelap.

Lebih lanjut, Xiaomi Redmi Note 2 juga dibekali berbagai aplikasi yang sudah ter-install secara otomatis. Salah satunya adalah aplikasi manajemen data bernama Explorer yang mampu mencari berbagai data dalam memori internalnya dan mengelompokkannya berdasarkan jenis datanya. Ada juga aplikasi Security yang akan memindai smartphone Anda dari virus, memblokir hal-hal yang tidak diinginkan, serta mengatur atau membatasi penggunaan data, baterai, dan RAM.

Aplikasiaplikasi lain yang umum ditemukan pada smartphone Android adalah perekam suara, notes, flashlight, kalkulator, jam, dan cuaca. Untuk Google Maps, Google Drive, dan aplikasi Google lainnya yang belum ter-install pada Redmi Note 2 dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Xiaomi Redmi Note 2 tidak jauh berbeda dengan Redmi Note, hanya mengalami beberapa pembaharuan seperti resolusi layar lebih tinggi, prosesor lebih cepat, IR port, dan proses charging baterai lebih cepat. Perlu Anda ketahui, chipset Helio X10 yang digunakan Redmi Note 2 sama dengan yang digunakan Sony Xperia M5, Meizu MX5, dan HTC One E9+. Begitu pula kamera utamanya sama dengan yang dimiliki LG G3 namun tanpa fitur kestabilan gambar optik.

Xiaomi menawarkan Redmi Note 2 dengan harga mulai dari Rp 2 juta. Dengan harga tersebut, phablet ini menjadi salah satu phablet di dunia saat ini yang menargetkan para konsumen dari kelas menengah. Bila phablet pendahulunya, Redmi Note dengan spesifikasi yang sedikit lebih rendah pada beberapa aspek, mampu meraih kesuksesan baik di China maupun di negara-negara lain termasuk di Indonesia, maka Redmi Note 2 sebagai penerusnya diperkirakan juga akan meraih hal yang sama.

Dua phablet yang ikut bersaing dengan Redmi Note 2 pada segmen pasar yang sama adalah Lenovo K3 Note dan Meizu M1 Note yang memiliki spesifikasi yang mirip dengan phablet Xiaomi ini. Keduanya sama-sama mengusung layar 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel yang dibekali RAM 2 GB, kamera utama 13 MP, serta memori internal 16 GB, namun keduanya diperkuat prosesor yang sedikit lebih lambat dari Helio X10. Lebih lanjut, casing kedua phablet tersebut juga terbuat dari plastik dan tersedia dalam banyak pilihan warna. Namun demikian, Redmi Note 2 tetaplah yang paling tangguh di antara 3 phablet ini.

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, Sony Xperia M5 juga dibekali chipset Helio X10, namun harganya sekitar 2 kali lipat dari Redmi Note 2 karena dilengkapi kamera dengan resolusi lebih tinggi, 21 MP dan 13 MP, serta fitur anti air dan debu meskipun ukuran layarnya lebih kecil (5 inci). Begitu pula Meizu MX5 dan HTC One E9+ yang juga ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dari Redmi Note 2.

Tampaknya hanya Xiaomi Mi 4i yang mendekati Redmi Note 2 dibandingkan phablet lainnya. Meskipun dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun ukuran layarnya lebih kecil (5 inci), lebih ringan dan lebih tipis, serta akan mendapat pembaharuan ke MIUI 7 dalam waktu dekat ini.