Oppo Realme 1 RESMI Lahir: RAM 6 GB, ROM 128 GB, Harga TERJANGKAU ….

Di pertengahan bulan Mei 2018 ini, Oppo kembali meluncurkan smartphone barunya. Bukan smartphone premium, melainkan smartphone kelas menengah dengan spek dan desain yang menawan. Kalian penasaran? Ikuti pembahasan di bawah ini.

Oppo Realme 1 – Desain dan spesifikasi

Keluarga Realme sebenarnya disiapkan Oppo untuk bertarung di segmen smartphone murah dengan spek menawan. Hal ini kurang lebih mirip dengan apa yang dilakukan Xiaomi dengan keluarga Redmi Note. Sebelum melangkah lebih jauh ke spesifikasinya, mari kita lihat desainnya lebih dahulu. Sisi depannya terliihat standar dengan layar 18 : 9. Sebaliknya, sisi belakangnya didesain khusus seperti ada potongan-potongan berlian. Hal ini serupa dengan Oppo A3.

Oppo Realme 1 memiliki dimensi 156 x 75,3 x 7,8 mm dan berat 158 gram. Layarnya berjenis IPS LCD dengan bentang 6 inci dan resolusi 1080 x 2160 piksel (Full HD+). Terkait performa, Oppo Realme 1 diperkuat chipset Helio P60, chipset yang juga menjadi otak dari Oppo R15, Oppo F7, dan Oppo A3. Lebih lanjut, ada tiga varian yang tersedia: RAM 3 GB + ROM 32 GB, RAM 4 GB + ROM 64 GB, dan RAM 6 GB + ROM 128 GB. Kapasitas memori internalnya masih dapat ditambah melalui kartu microSD. Menariknya, slot kartu microSDnya terpisah dari dua slot kartu SIM. Dengan kata lain, kita dapat memasang dua kartu SIM dan satu kartu microSD sekaligus dalam waktu bersamaan.

Dari sektor fotografi, Oppo Realme 1 dibekali kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP. Keduanya memiliki diafragma f/2.2. Tak hanya itu, keduanya juga didukung kecerdasan buatan yang dapat mempercantik foto. Namun, hanya kamera belakang saja yang ditemani LED flash. Terkait sistem keamanan, Oppo Realme 1 hanya dibekali sensor pengenal wajah yang diintegrasikan pada kamera depan. Dengan kata lain, kita tidak menjumpai pemindai sidik jari pada smartphone ini. Sistem operasi yang dijalankannya Android Oreo dengan antarmuka ColorOS 5.0. Oppo Realme 1 mendapat energi dari baterai 3410 mAh.

Oppo Realme 1 – Harga dan ketersediaan

Sejauh ini, Oppo Realme 1 baru akan tersedia di India saja mulai akhir bulan Mei ini. Harganya 8999 Rupee (Rp 1,8 juta) untuk varian RAM 3 GB, 10999 Yuan (Rp 2,2 juta) untuk varian RAM 4 GB, dan 13999 Rupee (Rp 2,8 juta) untuk varian RAM 6 GB. Ada tiga pilihan warna yang tersedia yaitu hitam, biru, dan merah. Nah, dengan harga tersebut, kita dapat memiliki smartphone dengan chipset Helio P60 yang cukup tangguh. Bagaimana menurut kalian? Semoga saja Oppo akan merilisnya di Indonesia.