Nokia X6 RESMI Meluncur: RAM 6 GB, Dual 16 MP, Harga Terjangkau

Setelah lama dirumorkan, Nokia X6 akhirnya resmi menunjukkan jati dirinya di pertengahan bulan Mei ini, sesuai dengan yang telah dijadwalkan sebelumnya. Smartphone ini tentu menjadi senjata baru Nokia untuk menggempur segmen smartphone kelas menengah. Mari kita telusuri smartphone ini lebih lanjut.

Nokia X6 – Desain dan spesifikasi

Hadirnya Nokia X6 menandakan kelahiran kembali keluarga Nokia X yang pernah meramaikan pasar smartphone pada tahun 2014 lalu. Saat itu, Nokia meluncurkan Nokia X, Nokia X+, Nokia XL, dan Nokia X2. Ternyata, Nokia masih berminat untuk melahirkan kembali keluarga Nokia X melalui sebuah acara di Beijing, China, dengan memperkenalkan Nokia X6. Dari sedi desaiin, secara umum Nokia X6 memiliki desain yang menjadi ciri khas dari smartphone Android Nokia lainnya. Sisi depan dan belakangnya dilapisi kaca, sedangkan bingkainya terbuat dari logam.

Nokia X6 cukup istimewa karena menjadi smartphone pertama Nokia yang memiliki layar berponi. Layarnya berukuran 5,8 inci dengan resolusi 1080 x 2280 piksel (Full HD+) dan rasio 19 : 9. Yang menjadi otaknya adalah chipset Snapdragon 636. Dengan chipset tersebut, Nokia X6 layak menjadi pesaing Xiaomi Redmi Note 5 dan Asus Zenfone Max Pro M1 yang juga diperkuat chipset yang sama. Dari segi kapasitas RAM, Nokia X6 tersedia dalam dua model, satu dengan RAM 4 GB dan satu lagi dengan RAM 6 GB. Untuk keperluan menyimpan data, model RAM 4 GB menawarkan memori internal 32 GB dan 64 GB, sedangkan model RAM 6 GB menyediakan memori internal 64 GB. Kapasitas memori internalnya masih dapat ditambah melalui kartu microSD.

Dari sektor fotografi, Nokia X6 dibekali kamera belakang ganda, terdiri dari kamera utama RGB 16 MP dan kamera sekunder monokrom 5 MP. Untuk berfoto selfie, disediakan kamera depan 16 MP. Seperti yang sedang menjadi tren, kameranya juga didukung kecerdasan buatan. Lebih lanjut, seperti beberapa smartphone Android Nokia lainnya, Nokia X6 juga dibekali fitur bothie yang memungkinkan kita menggunakan kamera belakang dan depannya pada waktu yang bersamaan. Sistem operasi yang dijalankannya Android Oreo dan dapat diperbaharui ke Android P. Sayangnya, kapasitas baterainya hanya 3060 mAh. Meski demikian, baterai tersebut mendukung Quick Charge 3.0, membuat pengisian ulangnya dari 0% hingga 50% dalam waktu 30 menit saja.

Nokia X6 – Harga dan ketersediaan

Nokia X6 dapat dibeli di China mulai 21 Mei dengan harga 1299 Yuan (Rp 2,8 juta) untuk varian RAM 4 GB + ROM 32 GB, 1499 Yuan (Rp 3,3 juta) untuk varian RAM 4 GB + ROM 64 GB, dan 1699 Yuan (Rp 3,7 juta) untuk varian RAM 6 GB + ROM 64 GB. Ada tiga pilihan warna yang tersedia yaitu biru, hitam, dan silver. Semoga saja Nokia X6 juga mendarat di Indonesia dalam waktu dekat ini. Bagaimana pendapat kalian mengenai Nokia X6?