Oppo F9 Pro vs Vivo V9 Pro: Perang Kamera 25 MP, RAM 6 GB, Dan Lainnya …..

Oppo F9 Pro vs Vivo V11 Pro adalah dua smartphone kelas menengah yang akan kita bandingkan dalam artikel ini. Menariknya, terdapat kata ‘Pro’ pada nama dari tiap smartphone. Nah, siapa yang lebih unggul? Untuk mengetahuinya, ikutilah perbandingan di bawah ini.

Oppo F9 Pro vs Vivo V11 Pro – Perbandingan desain dan spesifikasi

Seperti kita ketahui, baik Oppo F9 Pro maupun Vivo V11 Pro baru saja memulai debutnya di India. Namun, di antara keduanya, Oppo F9 Pro lebih dulu lahir pada akhir Agustus 2018, sedangkan Vivo V11 Pro menyusul pada awal September 2018. Menariknya, keduanya merupakan dua di antara smartphone pertama di dunia yang mengusung poni seperti tetesan air. Hal ini membuat rasio layar ke bodinya lebih luas dari pendahulunya.

Dimensi Oppo F9 Pro lebih kecil karena berlayar 6,3 inci dibandingkan layar 6,41 inci milik Vivo V11 Pro. Resolusi layar keduanya sama yaitu Full HD+. Namun, jenis layar yang digunakannya berbeda: LCD (Oppo) vs AMOLED (Vivo). Terkait performa, Vivo V11 Pro lebih tangguh berkat chipset Snapdragon 660, sedangkan Oppo F9 Pro diperkuat chipset Helio P60. Meski berbeda, kedua chipset tersebut sama-sama dipadukan dengan RAM 6 GB. Kedua smartphone ini juga menjalankan Android Oreo namun dengan antarmuka berbeda: ColorOS (Oppo) vs Funtouch OS (Vivo).

Untuk berfoto selfie, keduanya sama-sama menawarkan kamera depan 25 MP yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Sementara itu, untuk memotret pemandangan, keduanya menawarkan kamera belakang ganda dengan konfigurasi berbeda. Kamera ganda Oppo F9 Pro yang disusun horizontal terdiri dari kamera utama 16 MP dan kamera sekunder 2 MP. Di sisi lain, kamera ganda Vivo V11 Pro yang disusun vertikal terdiri dari kamera utama 12 MP dan kamera sekunder 5 MP. Terkait sistem keamanan, Oppo F9 Pro masih menggunakan pemindai sidik jari biasa yang terletak di sisi belakang, sedangkan Vivo V11 Pro sudah mengadopsi pemindai sidik jari dalam layar. Terkait sumber energi, kapasitas baterai keduanya ternyata berbeda tipis: 3500 mAh (Oppo) vs 3400 mAh (Vivo).

Oppo F9 Pro vs Vivo V11 Pro – Harga

Dari keduanya, Vivo V11 Pro lebih unggul berkat pemindai sidik jari lebih tinggi dan performa lebih tangguh. Di India, Oppo F9 Pro dijual seharga 23990 Rupee (Rp 5,1 juta), sedangkan harga Vivo V11 Pro adalah 25990 Rupee (Rp 5,4 juta). Meski lebih mahal, Vivo V11 Pro lebih layak untuk dimiliki. Bagaimana menurut kalian?