Nokia Siapkan Dua Smartphone Papan Atas: Snapdragon 820 & Kamera 22,6 MP

Berbagai rumor terkait smartphone pertama yang akan diperkenalkan oleh Nokia sudah beredar sejak awal tahun 2016. Setelah Nokia P1, kali ini terungkap dua smartphone terbaru Nokia lainnya.

nokia2

Nokia siapkan smartphone papan atas – Snapdragon 820, ……

Pada Mei 2016, Nokia secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan kembali bersaing di pasar smartphone. Pada kesempatan itu, Nokia juga menyebutkan beberapa perusahaan yang akan bekerja sama dengan pihaknya untuk memproduksi, menjual, dan memasarkan semua smartphone Nokia, termasuk HMD Global dan Foxcon. Lebih lanjut, berdasarkan kontrak dengan Microsoft, Nokia dapat kembali menjual smartphone dengan merek Nokia setelah semester ketiga tahun 2016. Hal ini berarti tinggal beberapa bulan lagi, kita sudah dapat melihat smartphone pertama Nokia.

Pada awal pekan ini, dikabarkan bahwa Nokia sedang mempersiapkan dua smartphone Android papan atasnya yang diperkuat chipset Snapdragon 820. Keduanya memiliki ukuran layar yang berbeda, 5,2 inci dan 5,5 inci, yang kabarnya beresolusi Quad HD. Lebih lanjut, sistem operasi yang akan dijalankannya adalah Android Nougat, sistem operasi terbaru Google yang namanya diumumkan pada akhir Juni 2016.

nokia

Selain Android Nougat, kedua smartphone Nokia tersebut juga akan didukung Nokia Z Launcher. Untuk fotografi, kamera utamanya dilaporkan akan beresolusi 22,6 MP dan diharapkan akan dibekali teknologi PureView. Selain itu, keduanya juga akan memiliki bodi berbahan logam serta fitur kedap air dan debu (IP68). Wow! Bila kabar ini menjadi kenyataan, tidak diragukan lagi bahwa kedua smartphone Android Nokia di atas dapat bersaing dengan berbagai smartphone terbaik yang ada saat ini.

Smartphone papan atas Nokia – Harga dan ketersediaan

Dengan mengacu beberapa spesifikasi yang telah dibocorkan di atas, sebuah sumber terpercaya memprediksi harga smartphone Nokia tersebut akan mulai dari $500 atau Rp 6,5 juta. Harga tersebut cukup kompetitif dengan berbagai smartphone Android lainnya dengan chipset Snapdragon 820 yang sudah meluncur pada tahun ini. Lebih lanjjut, keduanya kemungkinan besar akan diperkenalkan pada akhir tahun ini atau ditunda hingga awal tahun depan. Kita nantikan saja.