Nokia P1 vs Sony Xperia XZ: Perang Smartphone Papan Atas

P1 vs Xperia XZ adalah dua smartphone papan atas dengan spesifikasi tangguh dari dua raksasa di dunia perangkat telekomunikasi, Nokia vs Sony. Nah, mari kita bandingkan keduanya untuk mengetahui mana yang lebih unggul.

Nokia P1 vs Sony Xperia XZ

Nokia P1 vs Sony Xperia XZ – Perbandingan spesifikasi

Mari kita mulai perbandingan Nokia P1 vs Sony Xperia XZ dengan membahas layarnya. Kedua smartphone ini sama-sama memiliki layar 5,2 inci. Namun, layar Nokia P1 kabarnya akan beresolusi Quad HD, sedangkan layar Sony Xperia XZ hanya Full HD. Terkait dengan sistem operasi, Nokia P1 akan menjalankan Android 7.0 Nougat, sedangkan Sony Xperia XZ hadir dengan Android 6.0 Marshmallow yang akan diperbaharui ke Android 7.0 Nougat dalam waktu dekat ini.

Lebih lanjut, dalam hal chipset dan RAM, dilaporkan bahwa Nokia akan membekali smartphone-nya dengan chipset Snapdragon 820 dan RAM 4 GB. Di sisi lain, Sony Xperia XZ juga menggunakan chipset yang sama tetapi dipadukan dengan RAM 3 GB. Terkait dengan media penyimpanan, Nokia P1 akan menawarkan memori internal 128 GB, sedangkan pesaingnya hanya 32 GB dan 64 GB. Dengan demikian, Nokia P1 lebih unggul untuk melakukan multitasking. Untuk kalian yang memerlukan media penyimpanan tambahan, keduanya dilengkapi slot microSD card untuk menambah memori internalnya.

Sony-Xperia-XZ-4

Selanjutnya, untuk memotret foto, Sony melengkapi Xperia XZ dengan kamera utama 23 MP dan kamera depan 13 MP. Di sisi lain, Nokia P1 diperkirakan akan dibekali kamera utama 22 MP dan kamera depan 12 MP. Hal ini berarti Sony Xperia XZ akan memberikan pengalaman fotografi sedikit lebih baik dibandingkan Nokia P1.

Nokia P1 vs Sony Xperia XZ – Harga

Dari perbandingan spesifikasi di atas, baik Nokia P1 maupun Sony Xperia XZ memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda. Terkait dengan harganya, Sony Xperia XZ sudah tersedia di pasar dengan harga sekitar $700 atau Rp 9,5 juta. Sementara itu, bila Nokia P1 hadir dengan spesifikasi seperti yang disebutkan di atas, harganya diperkirakan juga berkisar $700. Tampaknya kedua smartphone ini akan saling bersaing di pasar. Bila kalian berminat, kalian sudah dapat membeli Sony Xperia XZ saat ini. Namun, bila kalian pecinta Nokia, kalian perlu menanti hingga 2017 untuk dapat menggenggam smartphone Android pertama Nokia, secepatnya pada ajang MWC 2017.