Nokia 5.1 Plus Disertifikasi TENAA: RAM 66 GB, Dual 13 MP, Android Oreo ….

HMD Global tampaknya sedang mempersiapkan smartphone Nokia baru untuk semester kedua nanti. Smartphone tersebut diketahui sebagai Nokia 5.1 Plus. Nah, smartphone tersebut belum lama ini telah disertifikasi TENAA, yang berarti kita sudah dapat mengetahui spesifikasinya. Seperti apa?

Nokia 5.1 Plus – Bocoran desain dan spesifikasi

Seperti yang telah dilaporkan sebelumnya, Nokia 5.1 Plus akan memiliki layar berponi. Hal ini juga ditegaskan oleh TENAA. Layarnya dikabarkan memiliki rasio 19 : 9 yang lazim dijumpai pada smartphone dengan layar berponi. Layarnya sendiri berukuran 5,86 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel (HD+). Yang akan menjadi otaknya adalah prosesor octa-core 2,0 GHz. Kemungkinan prosesor tersebut adalah Helio P18 yang juga memperkuat Nokia 5.1. Ada pula kemungkinan prosesor tersebut adalah Helio P22 yang memperkuat Xiaomi Redmi 6.

Lebih lanjut, Nokia 5.1 Plus kabarnya tersedia dalam tiga varian: RAM 3 GB + ROM 32 GB, RAM 4 GB + ROM 64 GB, dan RAM 6 GB + ROM 64 GB. Tentunya tersedia slot kartu microSD untuk menambah kapasitas media penyimpanannya. Dari sektor fotografi, Nokia 5.1 Plus akan memiliki dua kamera belakang, terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera sekunder yang belum diketahui resolusinya. Kemungkinan 5 MP. Sementara itu, pada poninya akan terdapat kamera selfie 8 MP.

Di sisi belakangnya juga dapat dijumpai pemindai sidik jari. Sistem operasi yang dijalankannya Android Oreo versi 8.1 yang dapat diperbaharui ke Android P. Sebagai sumber energinya adalah baterai 3000 mAh. Akan tersedia tiga pilihan warna yaitu hitam, putih, dan biru. Sebelumnya, wujud 3D Nokia 5.1 Plus juga sempat terkuak dalam sebuah video yang dibuat @onleaks dan Tiger Mobiles. Pada sisi bawahnya akan terdapat USB Type C, speaker, serta microphone. Audio jack 3,5 mm dan microphone lainnya akan terletak di sisi atas, sedangkan tombol pengatur volume suara dan tombol daya ada di sisi kanan.

Nokia 5.1 Plus kabarnya akan memiliki nama Nokia X5 yang khusus untuk pasar China. Sayangnya, HMD Global masih belum membocorkan waktu peluncuran dari penerus Nokia 5 dan Nokia 5.1 ini. Namun, kami dapat memprediksi waktu peluncurannya tak lama lagi karena sebuah smartphone yang biasanya telah disertifikasi TENAA akan meluncur tidak lebih dari dua bulan setelahnya. Meski demikian, kita harus menanti pengumuman dari HMD Global di kemudian hari.