Meizu M3 Note vs Xiaomi Redmi Note 3 Pro: Perang Smartphone Murah 

Meizu M3 Note dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro merupakan dua di antara smartphone terbaik dengan harga terjangkau pada triwulan pertama tahun 2016. Untuk menentukan smartphone mana yang lebih unggul, mari kita cermati perbandingan di bawah ini.

Meizu M3 Note vs Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Meizu M3 Note vs Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Kedua smartphone ini memiliki bodi yang terbuat dari logam dan terlihat mirip. Meskipun mirip, kalian pasti dapat menemukan perbedaannya dengan mudah. Xiaomi Redmi Note 3 Pro memiliki sebuah pemindai sidik jari berbentuk lingkaran pada bagian belakangnya. Selain itu, tidak terdapat tombol home berbentuk fisik pada bagian depannya. Sementara itu, Meizu M3 Note memiliki tombol home berbentuk fisik yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Sebenarnya kami lebih menyukai tampilan Meizu M3 Note. Bagaimana dengan kalian?

Keduanya adalah smartphone kelas menengah yang cukup mutakhir yang tidak boleh dilewatkan ketika kalian ingin membeli smartphone baru. Keduanya juga memiliki beberapa persamaan spesifikasi, di antaranya layar 5,5 inci beresolusi Full HD, konektivitas 4G LTE dengan VoLTE, dua slot SIM card, sistem operasi Android 5.1 Lollipop, kamera depan 5 MP, serta dua pilihan kapasitas RAM dan memori internal: RAM 2 GB + ROM 16 GB dan RAM 3 GB + ROM 32 GB. Semuanya adalah spesifikasi terbaik yang tentunya dapat membantu kedua smartphone ini menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar.

Meizu M3 Note vs Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Untuk perbedaannya, Meizu M3 Note dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro menggunakan chipset yang berbeda. Meizu dengan Helio P10 (quad-core 1,8 GHz + quad-core 1,0 GHz), sedangkan Xiaomi dengan Snapdragon 650 (quad-core 1,4 GHz + dual-core 1,8 GHz). Berdasarkan nilai performa kedua chipset tersebut, Helio P10 (yang juga digunakan Oppo R9) tampaknya masih kurang tangguh karena hanya meraih nilai AnTuTu sekitar 51000 poin, sedangkan Snapdragon 650 meraih nilai 75000 – 79000 poin. Untuk kamera, Meizu M3 Note dibekali kamera utama 13 MP dengan diafragma f/2.2, PDAF, dan lima lensa, sedangkan kamera utama Xiaomi Redmi Note 3 Pro tampaknya lebih baik karena beresolusi 16 MP dengan diafragma f/2.2, PDAF, dan lima lensa. Sementara itu, baterai 4000 mAh miilik Xiaomi sedikit lebih kecil dibandingkan baterai 4100 mAh yang dimiliki Meizu. Sayangnya, Meizu tidak melengkapinya dengan teknologi fast charging seperti yang dilakukan Xiaomi.

Meizu M3 Note vs Xiaomi Redmi Note 3 Pro – Harga dan ketersediaan

Keduanya adalah smartphone kelas menengah, sehingga kalian dapat memilikinya dengan harga yang tidak terlalu mahal. Harga Meizu M3 Note dengan RAM 2 GB adalah $125 atau Rp 1,6 juta, sedangkan varian dengan RAM 3 GB adalah $154 atau Rp 2 juta. Sementara itu, ketika diluncurkan, harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan RAM 2 GB adalah $154 atau Rp 2 juta, sedangkan varian dengan RAM 3 GB adalah $185 atau Rp 2,4 juta. Ya, Meizu M3 Note adalah pilihan yang lebih menarik bila kalian mencari smartphone yang lebih murah. Namun, bila kalian mencari smartphone yang lebih tangguh, Xiaomi Redmi Note 3 Pro kemungkinan yang kalian perlukan. Nah, smartphone mana yang kalian pilih?