Jaringan Internet 3G vs 4G: Apa Perbedaannya?

Jaringan internet 4G mulai tersebar di banyak negara Asia pada tahun ini. Nah, walaupun istilah 4G sudah menjadi populer saat ini, apakah kalian mengetahui perbedaan jaringan 3G vs 4G?

4G VS 3G

Jaringan 3G vs 4G – Perbedaan kecepatan

Jaringan internet 4G pertama kali diperkenalkan ke dunia smartphone pada tahun 2012. 4G berarti Generasi Ke-4, penerus jaringan 3G (Generasi Ke-3). Selama beberapa tahun belakangan ini, jumlah konsumen yang beralih dari jaringan 3G ke 4G semakin meningkat. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kita perlu berpindah ke jaringan 4G? Bila ya, apa sisi positif dan negatif dari jaringan 4G?

Perbedaan utama antara jaringan 3G vs 4G adalah kecepatan. Kecepatan pada jaringan 4G tentunya lebih cepat. Diperkenalkan pada tahun 2003, jaringan 3G memungkinkan kalian terhubung ke jaringan internet dengan kecepatan maksimal hingga 21 MBps. Sementara itu, jaringan 4G dapat mencapai kecepatan hingga 300 MBps. Kalian tentu dapat membayangkan seberapa cepat jaringan 4G dibandingkan jaringan generasi sebelumnya.

4G VS 3G

Namun, jaringan yang lebih cepat dan tangguh ternyata memiliki sisi negatif. Terkait dengan penggunaan energi dan kuota internet, jaringan 3G membutuhkan energi baterai yang lebih irit dan kuota internet yang lebih hemat. Bila kalian ingin menikmati jaringan internet yang lebih baik, kalian tentu mengetahui apa yang perlu kalian pilih.

Jaringan internet 3G vs 4G – Kemampuan smartphone

Mari kita cermati smartphone yang dapat terhubung ke jaringan 3G vs 4G. Meskipun sebagian besar smartphone yang ada saat ini dapat terhubung ke jaringan 3G, diperlukan pembaharuan khusus agar smartphone tersebut dapat terhubung ke jaringan 4G. Dengan demikian, kalian perlu lebih berhati-hati memilih smartphone untuk menikmati jaringan 4G, terutama yang berharga murah.