Inilah 5 PENGUASA Pasar smartphone global Q3 2017

Di akhir tahun 2017 ini, sebuah perusahaan ternama yang melakuka penelitian di berbagai sektor industri di dunia, Gartner, mengumumkan lima merek smartphone terbesar di dunia berdasarkan jumlah penjualan smartphone. Nah, apa saja kelima merek tersebut?

PENGUASA Pasar smartphone global

5 Xiaomi

Kita mulai dari urutan kelima yang ditempati oleh Xiaomi. Perusahaan asal China tersebut berhasil menjual sekitar 26,9 juta unit smartphone sepanjang kuartal ketiga 2017, membuatnya menguasai 7% pangsa pasar smartphone global. Menariknya, Xiaomi justru mengalami pertumbuhan penjualan terbesar bukan di China, melainkan di India.

PENGUASA Pasar smartphone global

4 Oppo

Posisi keempat kembali menjadi milik produsen smartphone asal China yaitu Oppo yang berhasil menguasai 7,7% pangsa pasar smartphone global. Di kuartal ketiga 2017, Oppo menjuala sekitar 29,4 juta smartphone. Hal ini dapat dimaklumi karena Oppo menjadi salah satu pemain besar di segmen smartphone yang khusus ditujukan untuk pecinta berfoto selfie.

PENGUASA Pasar smartphone global

3 Huawei

Berikutnya, kita jumpai Huawei yang berhasil menguasai 9,5% pasar smartphone global. Produsen asal China tersebut berhasil menjual sekitar 36,5 juta smartphone baik di China maupun di pasar internasional. Ya, selain China, kawasan Asia Pasifik juga menjadi contributor terbesar pertumbuhan penjualan smartphone Huawei.

PENGUASA Pasar smartphone global

2 Apple

Tempat kedua menjadi milik Apple. Raksasa asal Cupertino tersebut menguasai 11,9% pasar smartphone global dengan berhasil menjual sekitar 45,4 juta smartphone. Apple kembali berhasil mencatatkan pertumbuhan di China. Selain itu, beberapa negara berkembang termasuk India juga berkontribusi pada hasil yang diraih Apple tersebut.

PENGUASA Pasar smartphone global

1 Samsung

Penguasa pasar smartphone global masih dipegang oleh Samsung. Raksasa asal Korea Selatan ini menguasai 22,3% pasar smartphone global. Samsung berhasil menjual sekitar 85,6 juta smartphone, hampir tiga kali lipat lebih banyak dari yang diraih Oppo. Tiga smartphone yang membantu Samsung mempertahankan posisi ini adalah Galaxy S8, Galaxy S8 Plus, dan Galaxy Note 8.

PENGUASA Pasar smartphone global

Dari tahun ke tahun, tampaknya Samsung dan Apple terus menguasai pasar smartphone global. Xiaomi yang cukup terkenal ternyata harus mengakui keunggulan Huawei dan Oppo. Melihat data ini, kami memprediksi Huawei dapat menyalip Apple di kemudian hari. Bagaimana pendapat kalian?