BlackBerry KEY2 RESMI Meluncur: RAM 6 GB, Dual 12 MP, Tombol Speed untuk …..

Seperti yang telah dijadwalkan, pada 7 Juni 2018 di New York, TCL selaku pemegang lisensi smartphone dengan merek BlackBerry resmi memperkenalkan KEY2 yang rumornya terus berkembang dalam satu bulan terakhir ini. Nah, seperti apa desain dan spesifikasinya? Mari kita telusuri bersama.

BlackBerry KEY2 – Desain dan spesifikasi

Sejak sekitar 6 bulan lalu, beredar kabar bahwa BlackBerry akan meluncurkan tiga smartphone dengan kode Athena, Luna, dan Uni pada 2018. Nah, model berkode Athena akhirnya menjadi kenyataan dengan nama KEY2. Penerus KEYone yang lahir di MWC 2017 mempertahankan dua hal utama yaitu layar 3 : 2 dan keyboard QWERTY fisik. Bingkainya terbuat dari aluminium seri 7. Permukaan sisi belakangnya halus dengan dekorasi potongan-potongan berlian.

BlackBerry KEY2 hadir dengan layar IPS LCD 4,5 inci beresolusi 1080 x 1620 piksel (Full HD). Menjadi otaknya adalah chipset Snapdragon 660 octa-core 2,2 GHz. Dengan chipset tersebut, performa KEY2 jelas lebih tangguh dari KEYone yang diperkuat chipset Snapdragon 625. Lebih lanjut, chipset tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB. Untuk media penyimpanan, KEY2 menawarkan dua pilihan memori internal, 64 GB dan 128 GB, yang masih dapat ditambah melalui kartu microSD. Sistem operasi yang dijalankannya Android Oreo yang akan mendapat pembaharuan ke Android P.

KEY2 menjadi smartphone pertama BlackBerry yang memiliki kamera ganda. Pada sisi belakang, kita dapat jumpai kamera utama 12 MP dengan diafragma f/1.8 dan kamera telefoto 12 MP dengan diafragma f/2.6 yang mendukung perbesaran optik. Untuk berfoto selfie, KEY2 menawarkan kamera depan 8 MP. Seperti KEYone, KEY2 juga memiliki pemindai sidik jari yang ditanamkan pada tombol spasi. Ssebagai sumber energinya adalah baterai 3360 mAh yang mendukung Quick Charge 3.0. Perlu diketahui bahwa KEY2 memiliki tombol bernama Speed, memungkinkan kita untuk membuat shortcut yang dapat diubah-ubah untuk mengakses aplikasi tertentu, menghubungi nomor tertentu, dan lainnya.

BlackBerry KEY2 – Harga dan ketersediaan

Hanya ada dua pilihan warna bingkai yang tersedia yaitu hitam dan silver. Di Amerika Serikat, BlackBerry KEY2 dijual mulai dari $649 atau Rp 9 juta. Dibandingkan dengan spesifikasinya, harga tersebut tampaknya terlalu mahal. Apakah KEY2 akan mendarat di Indonesia mengingat KEYone meluncur di tanah air? Kita nantikan saja.