Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition vs Xiaomi Mi 5 Pro: Perang RAM 4 GB & ROM 128 GB

Asus dan Xiaomi adalah dua merek smartphone yang populer di pasar saat ini. Berbagai produknya sangat berkualitas dengan harga yang terjangkau. Pada artikel ini, kami akan membandingkan smartphone andalan dari kedua produsen ini, Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition vs Xiaomi Mi 5 Pro.

Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition

Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition vs Xiaomi Mi 5 Pro

Waktu peluncuran

Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition terlebih dahulu hadir pada semester kedua tahun 2015, sedangkan Xiaomi Mi 5 Pro diperkenalkan pada ajang MWC 2016 bulan Februari yang lalu. Di Indonesia, smartphone andalan Asus ini diperkenalkan pada bulan November 2015. Sementara itu, Xiaomi Mi 5 Pro mulai dijual di China pada 6 April 2016.

Layar

Sama seperti Asus Zenfone 2 ZE551ML, smartphone Asus yang satu ini juga memiliki layar 5,5 inci beresolusi 1080 x 1920 piksel (Full HD) dengan tingkat densitas 401 ppi. Permukaannya dilapisi Gorilla Glass 3. Sementara itu, Xiaomi Mi 5 Pro memiliki layar yang lebih kecil berukuran 5,15 inci yang juga beresolusi Full HD, namun tingkat densitasnya lebih tinggi yaitu 428 ppi. Lapisan pelindung layarnya juga lebih baru karena menggunakan Gorilla Glass 4.

Chipset dan GPU

Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition diperkuat chipset Intel Atom Z3590 quad-core 2,5 GHz dan prosesor grafik PowerVR G6430, sedangkan Xiaomi Mi 5 Pro dengan chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 820 quad-core 2,15 GHz yang dipadukan dengan Adreno 530. Kedua chipsetnya sama-sama memiliki 4 prosesor inti, namun chipset Intel memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa Snapdragon 820 jauh lebih baru dari Intel Atom Z3590, sehingga performa yang dihasilkan tentunya jauh lebih tangguh.

Xiaomi Mi 5 Pro

RAM dan kapasitas penyimpanan

Baik smartphone Asus maupun Xiaomi tersebut sama-sama diperkuat RAM 4 GB yang masih termasuk RAM yang tangguh hingga saat ini. Lebih lanjut, memori internal kedua smartphone ini juga sama yaitu 128 GB. Namun, Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition lebih unggul karena dilengkapi slot microSD card yang memungkinkan kalian menambah kapasitas memori internalnya hingga 128 GB. Dengan kata lain, media penyimpanan smartphone Asus ini secara total berjumlah 256 GB. Di sisi lain, Xiaomi Mi 5 Pro tidak memiliki slot microSD card.

Kamera

Kamera utama smartphone Asus ini beresolusi 13 MP dengan diafragma f/2.0, sensor Toshiba, dan teknologi PixelMaster, sedangkan kamera depannya beresolusi 5 MP juga berdiafragma f/2.0. Sementara itu, Xiaomi Mi 5 Pro dibekali kamera utama 16 MP dengan sensor Sony IMX298 yang diklaim mampu merekam video 4K, serta kamera depan 4 MP. Tampaknya kamera utama smartphone Xiaomi tersebut lebih unggul dari Asus.

Baterai

Yang menjadi sumber energi dari kedua smartphone ini adalah baterai 3000 mAh. Keduanya juga didukung teknologi fast charging, Asus dengan BoosMaster yang memungkinkan baterai terisi hingga 60% dalam 40 menit, sedangkan Xiaomi dengan Quick Charge 3.0 (83% dalam 30 menit). Tentunya, dengan teknologi fast charging yang lebih baru, baterai smartphone Mi 5 Pro akan lebih cepat terisi penuh.

 

Tambahan

Bagian belakang kedua smartphone ini terlihat mewah dengan tampilan yang berbeda. Casing Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition terbuat dari plastik dengan dua desain berbeda, satu dengan potongan-potongan berlian yang mengkilat, satu lagi berwarna Carbon Night, dengan permukaan yang halus. Di sisi lain, bagian belakang Xiaomi Mi 5 Pro terbuat dari ceramic berwarna hitam.

Lebih lanjut, Xiaomi Mi 5 Pro telah dibekali pemindai sidik jari yang ditanamkan pada tombol home, sehingga sistem keamanan smartphone ini jauh lebih baik. Sayangnya, semua smartphone Asus yang meluncur pada tahun 2015 masih belum didukung pemindai sidik jari. Kemungkinan besar smartphone Asus pertama yang akan didukung fitur ini adalah Asus Zenfone 3 dan Zenfone 3 Deluxe yang baru akan diperkenalkan pada akhir bulan Mei 2016.

Harga dan ketersediaan

Pada saat pertama kali diluncurkan, Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition ditawarkan seharga $450 atau sekitar Rp 6 juta, sedangkan Xiaomi Mi 5 Pro seharga $413 atau sekitar Rp 5,3 juta. Ya, smartphone Xiaomi ini lebih murah dari Asus. Namun, bila nanti sudah tersedia di Indonesia, diyakini harganya akan berkisar Rp 6 juta, tidak jauh berbeda dengan smartphone ROM 128 GB milik Asus yang sudah dapat dibeli di Indonesia.

Dari kedua smartphone di atas yang sama-sama dibekali RAM 4 GB dan memori internal 128 GB, mana yang akan kalian pilih, Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition atau Xiaomi Mi 5 Pro?