Xiaomi Redmi 5A vs Redmi Note 5A: 5,5 inci, 13 MP, Sangat MURAH

Pada artikel ini, mari kita bandingkan dua smartphone terbaru Xiaomi yang hadir dengan harga sangat murah, yaitu Redmi 5A vs Redmi Note 5A. Di antara keduanya, mana yang sebaiknya kita pilih?

Xiaomi Redmi 5A vs Redmi Note 5A

Xiaomi Redmi 5A vs Xiaomi Redmi Note 5A – Perbandingan spesifikasi

Di antara keduanya, Redmi 5A baru saja meluncur di bulan Oktober ini, sedangkan Redmi Note 5A lebih dahulu lahir di bulan Agustus 2017. Meski berasal dari keluarga yang berbeda, ternyata keduanya memiliki banyak persamaan. Seperti biasa, baik Redmi 5A maupun Redmi Note 5A hadir dengan unibodi berbahan logam. Untuk urusan performa, Xiaomi membekali keduanya dengan chipset Snapdragon 425 quad-core 1,4 GHz. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 2 GB dan MIUI 9 berbasis Android 7 Nougat.

Lebih lanjut, keduanya juga menawarkan memori internal 16 GB yang masih dapat ditambah dengan kartu microSD. Dari sektor fotografi, baik Redmi 5A maupun Redmi Note 5A memiliki kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Semua foto dan video ditampilkan pada layar IPS LCD dengan resolusi 720 x 1280 piksel (HD). Untuk pilihan warna, keduanya tersedia dalam warna silver, gold, dan rose gold. Satu hal lagi, kita tidak menjumpai adanya pemindai sidik jari baik di sisi depan maupun belakangnya.

Setelah melihat persamaan di atas, mari kita lihat dua perbedaan utamanya. Pertama dalam hal layar. Redmi 5A berukuran lebih kecil karena berlayar 5 inci, sedangkan dimensi Redmi Note 5A lebih besar dengan layar 5,5 inci. Seperti disebutkan di atas, kedua layarnya sama-sama beresolusi HD. Dengan ukuran yang ebiih kecil, hal ini berarti layar Redmi 5A memiliki tingkat densitas lebih tinggi pula. Tak hanya itu, dengan bodi lebih besar, Redmi Note 5A mampu menyimpan baterai yang lebih besar pula dengan kapasitas 3080 mAh, sedangkan baterai Redmi 5A berkapasitas 3000 mAh.

Xiaomi Redmi 5A vs Xiaomi Redmi Note 5A – Harga

Perbandingan spesifikasi di atas menunjukkan bahwa dua smartphone dari dua keluarga berbeda ini bersaing sangat ketat di pasar. Kali ini, mari kita lihat harganya. Redmi 5A ditawarkan dengan harga sekitar $90 atau Rp 1,2 juta, sedangkan harga Redmi Note 5A sedikit lebih mahal, berkisar $104 atau Rp 1,3 juta. Menurut kami, Redmi 5A akan lebih diminati karena memiliki bodi yang lebih kecil serta harga lebih murah. Kalian setuju?