Ulasan Xiaomi Redmi Note 4G Memenangkan Kompetisi Phablet yang Harganya dibawah 2,5jt

Phablet termurah Xiaomi, yakni Redmi Note and Redmi Note 4G sudah mulai banyak beredar di penjuru Asia Selatan dan Asia Tenggara. Versi ponsel 4G telah diluncurkan di Cina pada Agustus lalu, diikuti dengan Singapur dan India pada bulan November, terjual cepat pada penjualan perdananya.

1

Seri Note yang dijual ternyata disukai oleh penduduk Asia karena terbaca sebagai sesuatu yang a) berharga miring b) berlayar besar. Jadi bagaimana bisa ponsel ini mengalahkan musuh-musuhnya dalam rentang harga yang sama? Inilah perbandingan oleh Micromax Canvas Turbo dari India, Himax Polymer dari Indonesia, dan Moto G saat ini:

2

Seperti yang dapat Anda lihat, ponsel dengan rentang harga seperti ini mendapatkan banyak saingan baik dari merek lokal maupun saingan globalnya. Namun Xiaomi New Note ini hadir dengan tempelan keuntungan utama yang tersimpan dalam ponsel tersebut, yakni konektivitas 4G LTE.

Hardware dan Kinerja

Dilengkapi dengan chipset dari Qualcomm, tidak seperti MediaTek pada ponsel Note aslinya, Note 4G dapat bekerja dengan baik sebagaimana yang Anda telah harapkan. Melakukan tugas lain sambil bermain game 3D dalam waktu yang cukup lama, semua aplikasi termainkan dengan instan dan dapat beroperasi dengan baik. Terdapat juga rasa panas yang terasa pada bagian kamera belakang pada saat Anda merekam video dan bermain game selama beberapa menit.

3

Ponsel tersebut hadir hanya dengan penyimpanan 8GB, namun tempat microSD mampu menampung hingga 64GB.

Untuk masalah layar, meskipun bukan Full HD, layarnya cukup terang dan tajam. Hanya pada saat video dengan resolusi tinggi saja kualitas gambarnya tidak buram. Tapi mau bagaimana lagi dengan rentang harga segini, tidak bisa mengeluh juga, ya.

4

Panggilan masuk telepon terdengar jelas dan lantang, posisi speaker sendiri berada pada bagian belakang ponsel sehingga untuk mendapatkan suara maksimal dari ponsel tersebut maka ponsel harus diletakkan tengkurap-layar menghadap ke bawah; bila tidak suara yang dihasilkan tidak begitu terdengar jelas. Kami lebih menyarankan bila speakernya diletakan di samping ponsel saja.

Daya baterai cukup memuaskan dan cukup bertolak belakang dengan hasil daya baterai pesaingnya, Note 4G. Tidak hanya dayanya yang besar yaitu 3200mAh- bahkan lebih besar dibanding OnePlus One dan iPhone 6 Plus saya baterai ini juga dapat dicopot pasang. Hal ini berarti bahwa Anda dapat dengan mudah mengganti baterai tersebut manakala Anda membutuhkannya. Dengan penggunaan 3G secara bijaksana, saya pun tidak pernah mendapati daya baterai tersebut di angka 50 persen setelah seharian penggunaan. Artinya, para pengguna 4G mungkin perlu melihat hal ini sebagai suatu keuntungan.

Tampilan dan Kesan Pemakaian

5

Nah ini merupakan bagian yang sedikit berbau asam bagi Xiaomi. Anda memang mendapatkan apa yang Anda sudah bayar, namun Note 4G ini terasa murahan. Bahan plastik ini benar-benar terlihat seperti plastik sungguhan, dengan suara yang terdengar parau ketika Anda mencoba menekan bagian tengah ponsel. Penutup belakangnya juga benar-benar licin, seperti halnya kulit pisang yang membuat tergelincir si tokoh kartun Bugs Bunny.

Permukaannya yang licin lalu semakin diperparah dengan kondisi ukurannya. Bagi Anda dengan ukuran tangan yang kecil mungkin akan punya masalah ketika mencoba memegangnya hanya dalam satu genggaman. Tinggi, lebar, maupun ketebalannya sedikit lebih besar daripada OnePlus saya, yang nyatanya mempunyai ukuran layar yang serupa. Kendati demikian, dengan bodi ponsel yang demikian tidak membuat kantung saya jadi terasa penuh dan berat. Kekhawatiran terbesar saya adalah bahwa ponsel tersebut bisa jadi tergelincir ketika saya sedang dalam posisi duduk.

Bahan plastik yang terdapat pada bagian belakang ponsel tergolong plastik seplastik-plastiknya . Pada bagian depan, desain bezel sedikit lebih tebal, namun tidak bisa banyak yang diharapkan dari ponsel seharga 2,5jt ini. Keseluruhan estetika ini tidak bisa dibilang menyenangkan tapi juga tidak bermaksud menyinggung.

Pada bagian depan, bahan kacanya terkesan terlalu mengkilap, sehingga mudah mencap jejak jari dan jadi ada masalah kilauan juga dari bahan ini. Namun dengan mengubah tingkat terang layar, maka hal ini menjadi tidak masalah.

Ada pula tiga tombol Android yang berwarna merah ketika ponsel sedang dinyalakan, ini merupakan sentuhan yang manis yang termasuk pada ponsel Xiaomi. Tidak ada lampu notifikasi pada bagian atas yang dapat di kostumisasikan dengan varian warna.

6

Tempat penyimpanan SIM dan microSD terletak pada bagian belakang baterai sedangkan tombol power dan volume ada pada bagian ujung kanan atas. Tempat SIM card yang disediakan masih untuk ukuran normal, jadi tidak perlu repot-repot mengubah ukuran SIM card Anda menjadi ukuran micro atau bahkan nano, seperti kesalahan yang saya buat ini. Tempat pengisian daya baterai ada pada bagian bawah dan tempat colokan headphone ada pada bagain atas.

Kamera

7

Pengaturan pada kamera standar menghasilkan foto yang sedikit lebih terang dari yang seharusnya, namun pengaturan antarmuka Xiaomi ini patut diapresiasi dan dapat segera mengobati masalah tadi. ISO, eksposur, saturasi, anti banding, kontras, dan pengaturan keseimbangan warna putih; semuanya Anda bebas atur. Warna bisa jadi tepat, namun saya menemukan bahwa kebanyakan gambar tersebut kurang tajam. Suasana gambar yang dipotret dengan cahaya yang redup cenderung menghasilkan gambar bintik. Objek yang bergerak juga sulit di tangkap kamera bila cahaya yang ada disekitarnya tidak optimal.

Aplikasi kamera standar hadir dengan fitur penyaringan yang tidak membuat saya tertarik untuk mencobanya, begitu pula dengan HDR untuk mereka yang ingin hasil fotonya nampak cerah seperti pada aslinya untuk keperluan sosial media. Ada beberapa fitur bagus juga seperti faux fisheye dan mirrored modes.

Pencetan tombol untuk foto memang tidak secepat Mi4, dengan model burst yang bisa digunakan dengan menekan tombol tersebut ke bawah. Untuk ukuran ponsel berkisaran harga seperti ini, ini akan menjadi menarik ketika mereka mencoba mengadakan fitur seperti punya Apple yang mengusung hitungan megapiksel yang lebih rendah namun dengan lensa yag lebih tajam untuk keperluan sensor yang lebih akurat.

Untuk video, Anda dapat memperdayakannya dengan ukuran 1080p, ada pula pilihan slow-mo dan beberapa penyaringan, namun hal ini teta saja tidak dapat dimaafkan mengingat tingkat cahaya kamera ini tergolong rendah.

Berikut beberapa contoh gambar yang dipotret:

Bisa di Upgrade Hingga MIUI 6

8

Edit: Artikel asli ini sebelumnya mempunyai kesalahan ketika menyatakan bahwa tidak akan ada update MIUI 6 untuk Note 4G, berdasarkan informasi yang diberikan dari perwakilan Xiaomi. Ini merupakan suatu kesalahan, yaitu sebenarnya akan ada tersedia update MIUI 6 yang stabil pada ponsel. Konten artikel tersebut pun telah diubah.

Pada awalnya, ponsel ini hadir dengan MIUI 5 dengan Android 4,4, namun tersedia pula upgrdae ke MIUI 6. Saya mencoba mengetes ponsel ini dengan versi stok yang ada, namun Anda dapat pula mengecek ulasan Mi 4 untuk lebih banyak tahu mengenai MIUI 6.

MIUI 5 telah hadir sejak lama, jadi saya tidak akan banyak membahas mengenai hal itu terlalu rinci. Saya cukup mengatakan bahwa fitur tersebut lebih baik ketimbang ROM Android yang ada di pasaran saat ini, dengan sedikit kostumisasi dan pilihan tema. Camkan bahwa saya mencoba ponsel ini dengan versi Cina, yang tidak begitu banyak mengizinkan instalasi servis Google dan aplikasi eksklusif dari Google Play. Sedangkan untuk versi internasional, akan hadir dengan pelayanan Google, jadi kemungkinan ada baiknya kita menunggu kehadiran ponsel Note 4G ini di negara Anda ketimbang harus menggunakan pihak ketiga untuk mendapatkan versi Cina dari ponsel ini.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Note 4G memang belum mampu menyokong taraf tigkat premium dengan harganya yang setengah harga seperti jejeran andalan Xiaomi, namun ia tetap saja merupakan smartphone terbaik dengan harga kurang dari 2,5jt yang beredar di pasaran saat ini. Saran kami, belilah tutup casing untuk menghindari kelicinan yang ditimbulkannya dan supaya lebih terasa aman, dan keluhan saya sendiri belum saya tentukan (sehubungan apakah ponsel ini memang terlalu besar). Bila Anda memang sedang berencana membeli phablet murah seharga 4G, dan mengetahui bahwa ponsel tersebut bisa jadi pudar dimakan waktu dalam jangka waktu setahun, maka Xiaomi Note 4G tepat untuk Anda.

Pro

  • Daya tahan baterai memadai
  • Konektivitas 4G
  • Operasi aplikasi dan game lancar, waktu loading cepat

Kontra

  • Hasil gambar buram bila dalam kondisi kurang cahaya, hasil gambar tidak terlalu tajam
  • Terasa murahan, terlalu licin

Xiaomi Redmi 2 and Mi Pad akan Hadir di Indonesia Minggu ini!

Ulasan Xiaomi Redmi 2

Xiaomi Mipad Melawan Apple iPad Mini Retina

Xiaomi Redmi 2A bertenaga Leadcore telah diumumkan dengan harga 599 Yuan.