Sony Xperia X Compact vs Sony Xperia XA1: Kamera 23 MP + RAM 3 GB

Sony Xperia X Compact vs Sony Xperia XA1, perang dua smartphone mungil dari Sony dengan kamera menawan. Namun, bila kalian harus menentukan, mana yang akan kalian pilih? Untuk membantu kalian, kami bandingkan keduanya di bawah ini.

Sony Xperia X Compact vs Sony Xperia XA1

Sony Xperia X Compact vs Sony Xperia XA1 – Spesifikasi

Keduanya meluncur pada waktu yang berbeda. Xperia X Compact terlebih dahulu lahir di bulan September 2016, sedangkan Xperia XA1 menyusul di bulan Februari 2017. Keduanya ditujukan untuk meramaikan pasar kelas menengah, tercermin dari spesifikasi yang dimilikinya. Dalam hal desain, keduanya memang terlihat mirip. Namun, bila kalian melihat sisi belakangnya, kalian akan menemukan perbedaan pada letak LED flash. Pada Xperia X Compact, LED flash terletak di sebelah kanan kamera utama. Di sisi lain, pada Xperia XA1, LED flash tersebut terletak di sebelah bawah kamera utama. Perlu diketahui bahwa resolusi kamera utama keduanya sama-sama 23 MP.

Ukuran Xperia X Compact lebih kecil karena dibekali layar 4,6 inci, sedangkan Xperia XA1 berlayar 5 inci. Meskipun ukurannya berbeda, resolusi kedua layarnya sama yaitu 720 x 1280 piksel (HD). Dalam hal performa, keduanya menggunakan chipset yang berbeda: Qualcomm Snapdragon 650 hexa-core 1,8 GHz (Xperia X Compact) vs MediaTek Helio P20 octa-core 2,3 GHz (Xperia XA1). Menariknya, kedua chipset ini dipadukan dengan RAM 3 GB dan sistem operasi Android 7 Nougat.

Sony Xperia X Compact vs Sony Xperia XA1

Untuk keperluan menyimpan data, keduanya menawarkan memori internal 32 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Lebih lanjut, untuk fotografi, keduanya memang memiliki kamera utama yang berimbang. Namun, untuk berfoto selfie, Xperia XA1 lebih unggul dengan kamera depan 8 MP, sedangkan kamera depan saudaranya beresolusi 5 MP. Terkait sumber energi, meskipun bodinya lebih kecil, Xperia X Compact memiliki baterai 2700 mAh, lebih besar dari baterai Xperia XA1 yang berkapasitas 2300 mAh. Selain itu, Xperia X Compact juga dilengkapi pemindai sidik jari yang tidak dijumpai pada saudaranya. Nah, sebagai smartphone kelas menengah, keduanya tidak bersertifikasi IP68.

Sony Xperia X Compact vs Sony Xperia XA1 – Harga

Satu hal yang menarik, meskipun ukurannya lebih kecil, namun Xperia X Compact memiliki pemindai sidik jari dan baterai yang lebih besar. Di sisi ain, Xperia XA1 memiliki performa an kamera depan yang lebih baik. Bagaimaan dengan harganya? Sony Xperia X Compact dapat dibeli dengan harga sekitar $349 (Rp 4,7 juta), sedangkan harga Sony Xperia XA1 sekitar $249 (Rp 3,4 juta). Dengan harga yang lebih mahal, apakah kalian berminat membeli Sony Xperia X Compact yang dibekali pemindai sidik jari dan baterai lebih besar?