Perang Smartphone PRO: Xiaomi vs Meizu vs ZTE vs Lenovo vs LG

Xiaomi Mi Note Pro, Meizu Pro 5, ZTE Axon Pro, Lenovo Vibe X2 Pro, dan LG G4 Pro adalah lima smartphone yang akan kita bahas kali ini. Apakah Anda sudah mengenal kelima smartphone tersebut? Kami yakin Anda telah mengenalnya!

Meizu-Pro-5

Ya, nama dari setiap smartphone tersebut mengandung kata ‘PRO’. Namun demikian, kita tidak dapat memastikan apakah kelimanya memiliki spesifikasi dengan ketangguhan yang sama. Dengan harga yang berbedabeda, smartphone manakah yang terbaik? Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membandingkan kelima smartphone PRO itu. Dengan kata lain, kelima smartphone tersebut akan terlibat dalam ‘perang PRO’ dan kita akan mengetahui siapa yang akan menjadi pemenangnya!

Xiaomi Mi Note Pro vs Meizu Pro 5 vs ZTE Axon Pro vs Lenovo Vibe X2 Pro vs LG G4 Pro

Bagaimanakah spesifikasi dan harganya?

Xiaomi Mi Note Pro Meizu Pro 5 ZTE Axon Pro Lenovo Vibe Z2 Pro LG G4 Pro
Dimensi 155,1 x 77,6 x 7 mm 156,7 x 78 x 7,5 mm 153,9 x 73,7 x 9,4 mm 156 x 81,3 x 7,7 mm
Berat 161 g 168 g 172,9 g 179 g
Layar 5,7 inci, 2K, 515 ppi, IPS LCD 5,7 inci, Full HD, 386 ppi, AMOLED 5,5 inci, 2K, 534 ppi, IPS LCD 6,0 inci, 2K, 490 ppi, IPS LCD 5,8 inci, 2K, 506 ppi, IPS LCD
Sistem operasi Android v5.0.1 Lollipop Flyme 5.0 berbasis Android v5.1 Lollipop Android v5.1.1 Lollipop Android v4.4.2 (KitKat), upgradable to v5.0.2 Lollipop LG Optimus UX 4.0 UI berbasis Android v5.1 Lollipop
Prosesor Snapdragon 810 Exynos 7420 Snapdragon 810 Snapdragon 801 Snapdragon 820
ROM 64 GB (tanpa slot microSD card) 32/64 GB (microSD card hingga 128 GB) 32 GB (tanpa slot microSD card) 32 GB (tanpa slot microSD card) 32/64 GB (microSD card hingga 128 GB)
RAM 4 GB 3/4 GB 4 GB 3 GB 4 GB
Kamera utama 13 MP, optical image stabilization, autofocus, dual-LED (dual tone) flash 21 MP, phase detection & laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash 13 MP + 2MP (Dual camera), autofocus, dual-LED flash 16 MP, optical image stabilization, autofocus, dual-LED flash 27 MP, laser autofocus, optical image stabilization, LED flash
Kamera depan 4 MP, 1080p 5 MP, [email protected] 8 MP 5 MP 8 MP, [email protected]
Baterai Non-removable Li-Ion 3000 mAh Non-removable Li-Ion 3050 mAh Non-removable Li-Ion 3000 mAh Non-removable Li-Po 4000 mAh
SIM Dual SIM (Micro-SIM/Nano-SIM, dual stand-by) Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by) Micro-SIM
Warna Black, White, Gold Gray, Gold, Silver, Black/Silver Ion Gold, Chromium Silver, Phthalo Blue Black, Gold, White Grey, White, Gold, Leather Black, Leather Brown, Leather Red
Harga Rp 6,5 juta 32GB+3GB: Rp 6,8 juta64GB+4GB: Rp 7,1 juta Rp 5,9 juta Rp 7 juta Diperkirakan Rp 8 juta

Secara umum, kita harus mengakui bahwa kelima smartphone ini benarbenar PRO! Mereka dibekali spesifikasi muktahir yang sedang menjadi tren saat ini dan masing-masing merupakan smartphone unggulan dari masing-masing produsennya. Sebelum membahas lebih dalam, kami akan menginformasikan kepada Anda waktu peluncuran setiap smartphone PRO ini.

Lenovo Vibe Z2 Pro menjadi yang tertua di antara kelima smartphone ini karena diluncurkan tahun lalu, tepatnya bulan September 2014. Meski demikian, smartphone ini memiliki berbagai fitur menarik yang tidak dimiliki keempat smartphone lainnya. Apa saja? Kami akan membahasnya pada paragraph berikutnya. Menjadi yang termuda adalah LG G4 Pro. Meskipun belum dirilis, namun dikabarkan smartphone ini akan hadir pada kuartal ketiga tahun 2015 dan beberapa informasi resminya akan diumumkan pada kuartal keempat tahun ini. Untuk tiga smartphone lainnya, Xiaomi Mi Note Pro diluncurkan pada bulan Januari 2015, lalu ZTE Axon Pro pada Juli 2015, dan Meizu Pro 5 pada September 2015.

Demikianlah beberapa hal yang kami bahas pada pertarungan smartphone PRO kali ini. Harga kelima smartphone tersebut berbeda-beda dan dapat berubah sewaktu-waktu

Mari kita bahas dimensi dan berat kelima smartphone tersebut. Karena informasi terkait dimensi dan berat LG G4 Pro belum tersedia, kita hanya membandingkan keempat smartphone lainnya. Tiga smartphone dari Xiaomi, Meizu, dan Lenovo memiliki ketebalan yang hampir sama, sedangkan ZTE Axon Pro jauh lebih tebal. Sementara itu, dengan berat 161 gram, Xiaomi Mi Note Pro menjadi yang paling ringan, sedangkan Lenovo Vibe Z2 Pro menjadi yang terberat dengan 179 gram.

Dari aspek layarnya, semuanya termasuk kategori phablet dengan layar berukuran dari 5,5 inci (ZTE Axon Pro) hingga 6 inci (Lenovo Vibe Z2 Pro). Lebih lanjut, Meizu Pro 5 menjadi satusatunya smartphone yang layarnya beresolusi Full HD, sedangkan yang lainnya (bahkan Lenovo Vibe Z2 Pro yang dirilis tahun lalu) sudah menggunakan layar beresolusi Quad HD. Hal ini menunjukkan layar Quad HD pada smartphone sudah menjadi tren saat ini. Apa yang terjadi dengan Meizu Pro 5? Bila menggunakan layar 2K, Meizu Pro 5 tidak akan kalah pada pertarungan layar ini.

Tidak hanya layarnya, namun juga prosesor yang digunakannya menjadikan Meizu Pro 5 berbeda dari smartphone lainnya. Hal ini menimbulkan persaingan smartphone yang diperkuat chipset Exynos melawan Snapdragon. Tidak seperti sebelumnya, Meizu Pro 5 tidak akan kalah dengan smartphone lainnya. Chipset Exynos 7420 menjadi chipset tertangguh saat ini dan digunakan pada berbagai smartphone Samsung Galaxy S series dan tentunya Samsung Galaxy Note 5, sehingga tidak akan dikalahkan oleh smartphone dengan Snapdragon 801 dan 810. Namun demikian, kita harus mengakui Snapdragon 820 menjadi yang paling tangguh karena merupakan chipset terbaru dari Qualcomm dan tentunya memiliki performa yang lebih baik dari Snapdragon 810 dan kemungkinan Exynos 7420.

Lebih lanjut, satu hal penting yang mempengaruhi performa smartphone adalah kapasitas RAM. Sejak Asus Zenfone 2 menjadi smartphone pertama di dunia dengan RAM 4 GB, orangorang kini menginginkan lebih banyak smartphone yang dibekali RAM 4 GB. Sebagai akibatnya, tidak mengherankan bila keempat smartphone ini menggunakan RAM 4 GB dan hanya Lenovo Vibe Z2 Pro dengan RAM 3 GB. Hal ini dapat dipahami karena tahun lalu bukan tahunnya smartphone RAM 4 GB.

Kemudian, kita akan membahas spesifikasi kameranya. Tampaknya LG G4 Pro menjadi yang terbaik berkat kamera utamanya yang beresolusi 27 MP serta kamera depan 8 MP, sangat cocok untuk Anda yang gemar memotret foto. Di bawah LG G4 Pro terdapat Meizu Pro 5 dengan kamera utama 21 MP dan kamera depan 5 MP. Kita tidak dapat meremehkan ZTE Axon Pro karena memiliki dua kamera utama pada bagian belakangnya. Ini menjadi smartphone paling unik saat ini. Apakah Anda juga memiliki pendapat yang sama?

Yang terakhir adalah kapasitas baterai. Lenovo Vibe Z2 Pro jelas mengungguli smartphone lainnya berkat baterai berkapasitas 4000 mAh. Bila Anda memiliki smartphone Lenovo ini, Anda dapat menggunakannya selama lebih dari 24 jam hanya dengan satu kali proses charging. Inilah mengapa kami melibatkan smartphone Lenovo tersebut pada pertarungan ini.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa hal yang kami bahas pada pertarungan smartphone PRO kali ini. Harga kelima smartphone tersebut berbeda-beda dan dapat berubah sewaktuwaktu. Anda perlu mencermatinya dengan teliti sebelum menentukan smartphone yang cocok dan sesuai kebutuhan Anda.