iPhone 6 Dilarang di China: Apple Dituduh Jiplak Desain

Apakah kalian sudah mengetahui kisruh yang terjadi antara Apple dan salah satu produsen start-up asal China yang membuat iPhone 6 dilarang dijual di Beijing? Bila belum, kami akan menyampaikan kabar terbarunya kepada kalian.

iPhone-6-2-e1466501218946

iPhone 6 dilarang di China – Apple benar-benar menjiplak desain?

Seperti yang dilaporkan, sebuah produsen start-up asal China yang namanya tidak terkenal menggugat Apple karena telah menjiplak desain dari smartphone buatannya. Shenzhen Baili, pendiri dari perusahaan start-up tersebut, mengklaim desain iPhone 6 dan 6 Plus sangat mirip dengan salah satu smartphone buatannya yang bernama 100C. Kalian dapat melihat gambar di bawah ini untuk melihat persamaannya.

Kisruh ini sangat aneh. Kita mengetahui bahwa iPhone 6 dan 6 Plus meluncur pada tahun 2014, lebih dulu dari peluncuran 100C. Bagaimana mungkin Apple menjiplak desain dari smartphone yang belum ada pada tahun tersebut? Yang lebih aneh lagi, perusahaan start-up yang namanya tidak terkenal itu memenangkan gugatannya. Hasilnya, pemerintah Beijing melarang kedua model iPhone tersebut beredar di sana.

iPhone-6-e1466501235907

Hal yang menarik adalah Apple mengajukan gugatan balik atas larangan tersebut dan membuatnya dapat kembali menjual iPhone 6 dan 6 Plus. Saat ini, kasus tersebut masih dalam proses peninjauan ulang. Sebagai informasi, perusahaan start-up yang dimaksud adalah 100+, dan kami yakin sebagian besar di antara kalian belum pernah mendengar nama tersebut. Nah, bagaimana mungkin perusahaan start-up dapat mengalahkan si raksasa Apple?

iPhone 6 dilarang di China – Apa yang sesungguhnya terjadi?

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa perusahaan start-up itu harus menunggu hingga saat ini, ketika iPhone 6 dan 6 Plus meramaikan pasar smartphone China, untuk menggugat Apple? Apakah hal tersebut terkait dengan rencana pemerintah China yang ingin melarang semua merek smartphone dari luar China beredar di negaranya? Yang pasti, Apple sedang menghadapi masalah dengan aturan di China. Bagaimana menurut kalian?