Xiaomi Redmi S2 Dirilis di Indonesia: Harga Terjangkau dgn 16 MP AI Dan Banyak Lagi

Xiaomi tampaknya belum menyerah untuk terus menggempur Indonesia. Baru saja meluncurkan Redmi Note 5 AI, Xiaomi kini membawa Redmi S2 ke tanah air. Nah, apakah smartphone ini layak untuk dibeli?

Xiaomi Redmi S2 – Desain dan spesifikasi

Seperti diketahui, Redmi S2 baru saja diperkenalkan di China pada tanggal 10 Mei lalu. Menariknya, tidak lebih dari satu bulan setelahnya, smartphone tersebut kini sudah mendarat di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Xiaomi sangat agresif untuk membawa smartphone kelas menengah terbarunya ke Indonesia. Sebelum melangkah ke spesifikasinya, kita lihat desainnya lebih dahulu. Seperti Redmi 5, Redmi 5 Plus, dan Redmi Note 5 AI, Redmi S2 juga mengusung layar 18 : 9. Sementara itu, sisi belakangnya terlihat mirip seperti smartphone Xiaomi lainnya dengan kamera ganda yang disusun vertikal seperti iPhone X.

Nah, huruf S pada namanya menunjukkan bahwa smartphone ini mengandalkan kamera depan sebagai nilai jualnya. Ya, Redmi S adalah subdivisi baru dari keluarga Redmi. Tidak seperti mayoritas smartphone Xiaomi yang menawarkan kamera depan 5 MP, Redmi S2 menawarkan kamera depan 16 MP dengan diafragma f/2.0 dan jangkauan sudut 79,8 derajat. Kamera tersebut juga didukung Beautify 4.0 dan kecerdasan buatan yang mampu mempercantik foto selfie kalian. Menariknya lagi, berkat LED flash di sisi depan, berfoto selfie di tempat redup tak lagi menjadi masalah.

Sementara itu, untuk memotret pemandangan, Redmi S2 menyediakan kamera utama 12 MP (f/2.2) yang ditemani kamera sekunder 5 MP untuk menghasilkan efek bokeh. Semua foto ditampilkan pada layar 5,99 inci beresolusi 720 x 1440 piksel (HD+). Menjadi otaknya adalah chipset Snapdragon 625 yang hemat daya. Lebih lanjut, Redmi S2 tersedia dalam dua varian di China: RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB. Namun, Xiaomi hanya membawa varian RAM 3 GB ke Indonesia.

Menariknya, Redmi S2 dilengkapi 3 slot kartu, meliputi 2 slot untuk kartu SIM dan 1 slot untuk kartu microSD. Hal ini berarti kalian tidak perlu melepaskan kartu SIM 2 bila ingin menggunakan kartu microSD. Terkait sistem keamanan, Redmi S2 memiliki pemindai sidik jari yang terletak di sisi belakang serta sensor pengenal wajah yang diintegrasikan pada kamera depan. Sistem operasi yang dijalankannya Android Oreo dengan antarmuka MIUI 9. Yang terakhir, Redmi S2 mendapat energi dari baterai 3080 mAh yang didukung charger 5V/2A. Cukup disayangkan kapasitas baterainya lebih kecil dari baterai 4000 mAh milik Redmi 5 Plus dan Redmi Note 5 AI.

Xiaomi Redmi S2 – Harga

Di Indonesia, Xiaomi Redmi S2 dijual dengan harga Rp 2,4 juta. Harga tersebut cukup terjangkau untuk sebuah smartphone yang memiliki kamera depan handal. Kalian sudah dapat membelinya mulai akhir bulan Mei ini. Nah, bagaimana pendapat kalian mengenai Redmi S2?