Xiaomi Redmi 3 Pro Resmi Diperkenalkan: RAM 3 GB + Pemindai Sidik Jari

Pada awal tahun ini, tepatnya pada bulan Januari 2016, Xiaomi memperkenalkan smartphone murah terbarunya bernama Xiaomi Redmi 3. Smartphone ini merupakan penerus Xiaomi Redmi 2 yang dirilis pada tahun 2015. Nah, pada akhir bulan Maret ini, Xiaomi kembali memperkenalkan varian baru Redmi 3 yang bernama Xiaomi Redmi 3 Pro.

gsmarena_002

Xiaomi Redmi 3 Pro – Lebih mutakhir dari Xiaomi Redmi 3

Saat dirilis pada bulan Januari, Xiaomi Redmi 3 benar-benar menghebohkan semua orang karena memiliki baterai berkapasitas besar yaitu 4100 mAh. Dengan harga kurang dari Rp 2 juta, Xiaomi Redmi 3 menjadi smartphone dengan baterai terbesar di kelasnya. Nah, Xiaomi tidak berpuas diri. Produsen asal China ini kemudian memperkenalkan varian yang lebih mutakhir dari Redmi 3. Varian tersebut bernama Xiaomi Redmi 3 Pro. Tampilan luarnya tidak mengalami perubahan.

Beberapa spesifikasinya mengalami pembaharuan dibandingkan model sebelumnya. Bila kalian perhatikan, Xiaomi Redmi 3 dibekali RAM 2 GB dan memori internal 16 GB. Sementara itu, Xiaomi Redmi 3 Pro dibekali RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Tidak hanya itu, smartphone ini juga dilengkapi pemindai sidik jari yang terletak pada bagian belakangnya. Dengan kata lain, smartphone ini mengalami peningkatan dari aspek performa maupun keamanan. Mantap!

Xiaomi-Redmi-3-Pro 2

Selain RAM dan kapasitas memori internal + pemindai sidik jari, spesifikasi lainnya tidak mengalami perubahan. Xiaomi Redmi 3 Pro memiliki layar 5 inci beresolusi 720 x 12880 piksel, chipset Snapdragon 616 dan prosesor grafik Adreno 403. Untuk fotografi, smartphone ini tetap didukung kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Kapasitas baterainya juga tetap besar yaitu 4100 mAh. Spesifikasi lainnya meliputi MIUI 7 berbasis Android 5.1 Lollipop, dua slot SIM card, slot microSD card (hingga 128 GB),konektivitas 4G LTE, dan Bluetooth 4.0.

Xiaomi Redmi 3 Pro – Harga dan ketersediaan

Sebagai informasi tambahan, smartphone ini tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu silver, grey, dan gold. Xiaomi Redmi 3 Pro ditawarkan dengan harga $140 atau sekitar Rp 1,8 juta dan akan tersedia di China pada acara Mi Fan Festival yang dimulai tanggal 4 April 2016. Perlu diingat bahwa harga tersebut berlaku di China dan tentunya akan mengalami perubahan ketika dipasarkan ke luar China nanti. Sebagai perbandingan, harga Xiaomi Redmi 3 pada saat dirilis bulan Januari 2016 adalah $105 atau sekitar Rp 1,5 juta. Kita tentu berharap Xiaomi Redmi 3 Pro akan masuk ke pasar Indonesia dalam waktu dekat ini.