Xiaomi Redmi 2 Indonesia Review

Reputasi Xiaomi dengan keputusannya menawarkan smartphone berharga setimpal dengan nilainya ini segera di uji cobakan setelah pembaharuan kinerja Redmi 2.

Bila ada sesuatu yang disukai orang, pastilah itu merupakan sebuah smartphone dengan harga terjangkau tapi juga mumpuni. Nah, beberapa perusahaan smartphone pun telah mencoba menawarkan smartphone seperti yang ditawarkan Xiaomi.

button (18)

Xiaomi Redmi 2 Indonesia

Adapun smartphone jajaran terdepan yang di usungkan Xiaomi pada pasar smartphone dengan harga pas di kantong adalah seri Redmi yang murahnya luar biasa. Pilihannya pun beragam mulai dari original Redmi untuk si tangan-tangan mungil nan jelita, hingga si Redmi Note yang mampu memanjakan mata Anda dengan layar besarnya.

Oleh karenanya, tidaklah mengherankan abila perusahaan Cina terus mengheboh-hebohkan smartphone ini di luar Cina. Prinsipnya bila ponsel tersebut tidak bangkrut, maka tidak akan ada pembenahan- maka dari itu Redmi 2 tetap mengusung layar 4,7 inci nya dengan resolusi 720p. namun pada kertas, perangkat Xiaomi yang baru akan mendapatkan tambahan berupa beberapa peningkatan, termasuk didalamnya prosesor Qualcomm dan sebuah kerangka ponsel yang lebih ramping. Namun tidak ada perubahan harga. Harganya tetap Rp 1.599.000.

button (18)

Yang menjadi pertanyaan, apakah dengan peningkatan minor seperti ini membuat Anda tergiur membeli Radmi, atau Anda malah jadi ingin membuang Redmi yang baru bibeli satu tahun lalu itu?

Beda Xiaomi Redmi 2 Indonesia, Sama Bentuk

Bila Anda familiar dengan rupa Readmi pada awal kemuncullannya, kami akan menyuarakannya untuk Anda tidak ada hal yang mengesankan sedikit pun. Namun bagi Anda yang belum pernah mengetahui fungsi dari smartphone ini sebelumnya, maka hal-hal berikutlah yang dapat Anda harapkan dari Redmi 2.

Xiaomi Redmi 2 Indonesia

Plastik. Bahan plastik di seluruh permukaan ponsel. Sisi bagusnya adalah, Anda tidak perlu khawatir akan adanya jejak jari yang dihasilkan. Anda perlu berterima kasih atas ramalan Xiaomi yang mengusung bahwa bahan matte untuk bagian belakang ponsel dan pilihan warna sesuai kesukaam Anda bisa menjadi nilai plus untuknya.

Beberapa pemotongan kecil dilakukan pada sisi ponsel ini terutama pada tinggi dan sisi ponsel. Hal ini tidak terlalu ketara, namun tetap patut diperhitungkan mengingat ini menyangkut ukuran yang memungkinkan pada ponsel untuk digenggam dan bagaimana rasa menggenggamnya; apakah nyaman dan terasa aman saat digenggam.

Selain itu, layar selebar 4,7 inci ini mengartikan bahwa ibu jari Anda tidak perlu sampai harus direnggangkan sedemikian rupa untuk meraih sisi ujung layar ponsel. Tidak perlu juga dua ibu jari dengan dua tangan, satu saja sudah cukup. Ponsel ini cukup asik untuk digunakan ketika hendak mengambil gambar maupun ketika mengirim pesan menggunakan satu tangan. Tapi jelas tidak ketika Anda sedang mengemudi.

Xiaomi Redmi 2 Indonesia Review: Semua Pandangan Tertuju pada Redmi

Yang agak mengecewakan ialah bahwa Xiaomi Redmi 2 Indonesia belum membuat gebrakan baru pada bagian tampilan. Lebar layar tetap sama, yaitu 4,7 inci, begitu pula dengan resolusinya yaitu1280 x 720 piksel, serta kedalaman tampilan sebesar 312ppi.

Xiaomi Redmi 2 Indonesia

Untungnya kekecewaan tersebut tidak berlangsung lama, karena tidak ada keluhan dari kami sehubungan dengan tampilan sudut pandangnya. Bila dideskripsikan, tampilan sudut pandangnya cukup mampu untuk membuat orang mengintip timeline Facebook Anda dari salah satu sisinya. Letakkanlah ponsel tersebut tepat dibawah terik matahari, maka ia akan segera menyesuaikan cahayanya hanya dalam kurun waktu beberapa dekit (kami menganggapnya milidetik namun kami tidak dapat menghitung kecepatannya).

Tampilan warna memukau yang kami dulu temukan pada ponsel Xiaomi Redmi 2 Indonesia yang lama juga terdapat pada Xiaomi Redmi 2, sedangkan warna redup pada layar yang kami rasakan pada mata kami sedikit berkurang. Oleh karenanya, mengapa perlu khawatir untuk menyipitkan mata Anda ketika menonton film dengan layar ukuran sedang tersebut?

Xiaomi Redmi 2 Indonesia – Memperhatikan Detil yang Kasar

Meskipun benar dengan peribahasanya Bila tidak rusak, tidak perlu diperbaiki , kenyataanya seharusnya ini tidak diabaikan. Saat ini, Anda pasti mengekspektasikan hal yang sama dari kami. Atau dalam kasus Redmi, kamera 8MP tetap dipertahankan dengan lebar lubang kamera f/2.2.

Secara teori, maka tidak akan banyak perubahan sehubungan dengan kualitas gambranya. In bagaikan cerita nyata. Sisi baik dari hal tersebuut adalah bahwa kamera tersebut masih mampu menghasilkan gambar baik pada kondisi tingkat cahaya normal . Selain itu, kecepatan autofokus juag cukup baik.

Kalau ibaratnya, bawalah Redmi 2 ke gang yang gelap, maka Anda akan merasa ingin cepat keluar dari tempat itu. Artinya, Anda tetap ingin mempertahankan ponsel ini tetap aman ditangan Anda. Namun, jangan mengharapkan kualitas foto kelas dunia dari ponsel ini. Usaha untuk mengatur ISO juga nampak sia-sia seperti badai pasir baru saja lewat.

button (18)

Sekarang alihkanlah pandangan Anda pada kamera bagian depan, maka Anda akan menyadari perbedaan adanya sensor kamera 2MP. Ada juga terdapat fungsi pengaturan kecantikan. Seperti namanya, fitur tersebut berfungsi menghaluskan tepi-tepi dan tekstur kulit untuk keperluan selfie. Eh, kami tidak menuduh loh ya. Bahkan kami pun butuh tampilan profile picture yang kece untuk Tinder (semacam apliaksi pencari teman). hanya saja Anda perlu berhati-hati terhadap iklan foto yang terpampang pada aplikasi itu, kali-kali saja wajah aslinya mencuat dan mengecewakan.

Xiaomi Redmi 2 Indonesia

Dan tidak, kami tidak akan menunjukkan betapa kecenya selfie kami. Peraturan kesopanan mengatakan bahwa kami tidak pantas menimbulkan kehororan pada mata Anda.

Xiaomi Redmi 2 Indonesia – Menyelidiki Snapdragon 410

Xiaomi Redmi 2 Indonesia

Mau lihat perbedaan besar yang dimiliki Xiaomi Redmi 2 Indonesia? Siapkanlah obeng-obeng Anda dan mulailaj preteli bagian-bagiannya hingga ke unsur terkecilnya. Cara lain untuk mengetahuinya, adalah dengan mengikuti tulisan kami berikut, ada nilai benchmark pula yang sudah ditulis.

Namun pertama-tama untuk sedikit kilas balik, saat ini kita sedang berbicara mengenai prosesor Snapdragon 410. Sekedar mengingatkan, ini merupakan prosesor 64-bit. Sudah sejak dua tahun kami mengusung topik ini, dan kami telah menjelaskan betapa pentingnya hal ini. Nilai yang dicatat pada Antutu benchmark adalah 20,283. Bukan merupakan nomor yang lusuh. Berangkat dari skor itu, maka Anda dapat berharap bahwa Anda akan mendapatkan kecepatan yang lebih dan kelancaran pada antarmuka saat menggunakan ponsel ini.

Namun tersisa satu hal yang terpenting apakah dengan prosesor 64-bit membuat kinerja ponsel Anda menjadi lebih cepat dan lancar untuk Anda?

Tidak.

Sama sekali tidak. Angka bisa jadi berkata lain, namun nyatanya, bukan berarti nilai tinggi selalu berarti lebih baik. Perlu dapat dimengerti, bahwa ini bukan merupakan ponsel yang ada pada jajaran top, jadi jangan terlalu mengekspektasikan kecepatan ponsel yang sedemikian rupa. Nah, namun ketika butuh waktu lima detik untuk loading pesan di WhatsApp , Anda perlu bertanya: kok bisa, ya? Bisa jadi ada faktor transisi yang lambat yang Anda temukan selama membuka aplikasi (anggaplah loadingnya sekitar lima detik) dan mungkin yang ada dipikiran Anda adalah: seseorang sudah pernah menjatuhkan ponsel Redmi 2 ini sebelum Anda membelinya.

button (18)

Mungkin, RAM bermuatan 1GB sudah tidak cukup lagi untuk menopang kinerja ponsel tersebut. Atau mungkin juga versi terakhir dari kostumisasi antarmukanya belum selesai diperbaiki secara sempurna. Yang manapun alasannya, Redmi 2 tidak secepat tokoh kartun Speedy Gonzales.

Xiaomi Redmi 2 Indonesia – Semua Tentang 4G.

Xiaomi Redmi 2 Indonesia

Nah, bagi Anda yang punya alasan keinginan untuk membuang Redmi atau Redmi 1S, dengar baik-baik – Redmi 2 hadir dengan dukungan koneksi 4G! Ini merupakan fungsi yang sangat kurang dari ponsel pendahulunya, dan ini merupakan suatu hal yang sangat penting bila Anda mempunyai infrastruktur 4G yang lengkap seperti ini.

Kecepatan 4G jelas memberi perbedaan. Ketika proses loading aplikasi mungkin terasa lama, Anda dapat melihat foto-foto Instagram dan postingan Facebook yang muncul sesekali begitu Redmi 2 Anda terhubung dengan koneksi 4G.Dengan seberapa terbatas bundel data yang Anda punya, Anda dapat memuat e-mail sekaligus mengunduh aplikasi atau data dengan hitungan detik.

Yang lebihnya lagi dari 4G Redmi 2 tidak hanya menyediakan satu, tapi dua tempat kartu SIM. Percaya, deh bagi yang menganggapnya tidak penting, Anda dapat merasakan manfaatnya ketika bepergian, dan ketika dalam masa sulit saat Anda harus membuka data dan tetap terhubung dengan nomor-nomor dari tempat tinggal asal Anda. Praktis sekali ketika Anda hanya tinggal mengganti Sim card dengan seketika tanpa harus menggonta-gantinya ataupun menggunakan colokan Wi-Fi; ini membuat pundi-pundi uang untuk membeli Redmi 2 menjadi tidak sia-sia.

Me, Kamu, dan Saya

12

MIUI segala sesuatu yang bermula dari Xiaomi. Untuk kesekian perulangan, MIUI 6 merupakan pameran yang mengusung tingkat pengkostumisasian pada perangkat Android. Poinnya adalah bahwa Anda hampir tidak akan bisa melihat tampilan antarmuka vanilla Android lagi. Ketika kita mengira upgrade-nya seperti sedikit sekali, ternyata ada beberapa sentuhan perubahan tambahan pada tampilan antarmuka nya, sehingga tampilannya jadi terlihat lebih bersih dari sebelumnya.

Daripada ribut soal persamaan antara MIUI and iOS, pertanyaan yang yang lebih penting adalah: apakah ia ada gunanya? Ya. Tidak peduli apakah MIUI sama dengan iOS, yang lebih penting adalah mengetahui bahwa kehadirannya memudahkan penggunaan ponsel.

Kemudian muncullah Mi Band, alat penghitung jejak fitnes yang murah. Meski label harga sebesar 2,5jt cukup tersesan mahal untuk sekedar pelengkap aksesoris Redmi 2, ada yang lebih menarik lagi yang Anda dapatkan sehingga membuat Anda ingin membelinya. Sambungkanlah Mi Band ke Redmi 2, maka Anda dapat menggunakannya untuk membuka kunci ponsel.

Kenakan Mi Band Anda, ambil ponselnya dan tada! Ponsel pun terbuka seketika. Terdengar menarik, tapi tidak ada yang terlalu rumit disini. Hanya saja bila Anda mendekatkan Mi Band dan Redmi 2, maka seketika tombol kunci ponsel akan terbuka. Ini merupakan solusi yang anggun dan mudah dibanding harus repot-repot membuat pola gesekkan tertentu pada ponsel Anda.

Xiaomi Redmi 2 Indonesia Review – Baterai yang Menyengsarakan

Xiaomi Redmi 2 Indonesia

Untuk aspek yang satu ini, Redmi 2 telah membawa pergi jauh ekspektasi kami; lebih mengesankan si pendahulunya. Yang mengecewakan adalah ketika mengetahui bahwa denan segala macam persamaanya, Redmi 2 tidak mempunyai kapasitas baterai yang sama dengan ponsel sebelumnya.

Meskipun kami hanya berputar-putar untuk bermain dengan mengirim pesan lewat WhatsApp dan menelusuti Facebook, kami terkejut begitu mengetahui bahwa Redmi 2 hanya bertahan tidak lebih dari 24 jam. Sangat jauh beda dengan Redmi versi pertama yang mampu bertahan hingga dua hari.

Tapi, tetap saja tidak buruk, kok-mengingat bahwa smartphone sekelas Redmi 2 ini juga mempunyai kadar baterai yang serupa. Bila menonton video beresolusi 720p dengan tingkat keterangan 50%, serta mengganti koneksi 4G menjadi Wi-Fi, maka kurang lebih Anda akan mendapatkan tambahan waktu jam sebanyak 8 jam.

Mengingat bahwa ada lebih banyak energi dalam baterai 2200mAh (mengingat hanya ada kapasitas 2000mAh pada ponsel pendahulunya), Redmi 2 tidak sepowerful yang dikira. Coba saja ubah ke jaringan 4G, pasti akan ada batas baterai tertentu yang ditunjukkan pada ponsel Anda. Nyatanya, hal inilah yang menjadikan orang senggan membeli Redmi 2, atau berpikir untuk mengupgrade dari Redmi, ke perangkat yang sudah di upgrade.

Keputusan Xiaomi Redmi 2 Indonesia

Xiaomi Redmi 2 Indonesia

Terlepas dari masalah pada daya tahan baterai dan pengalaman penggunaan yang sedikit lemot, Xiaomi Redmi 2 masih menjadi salah satu smartphone Android yang berharga setimpal dengan nilainya . Coba deh tunjukkan dari segi fungsi, smartphone mana yang mampu memberi fungsi software dan hardware yang tergolong mumpuni dengan harga dibawah Rp 1.600.000. Sejujurnya, tidak ada, bukan? Bila Anda ingin membandingkannya dengan smartphone Motorola Moto G dengan 4G LTE (dibawah Rp 3.000.000), itu bahkan tidak mendekati sama sekali dari segi fitur.

Semua sudah di ulas, Xiaomi Redmi 2 Indonesia masih memberikan yang terbaik yang bisa diberikannya dengan sebagian kecil harga smartphone yang biasanya ditawarkan. Kendati demikian, seperti kebanyakan trilogi, ponsel ini mempunyai semacam kutukan pada serinya, yaitu kekurangannya yang nampak pada seri keduanya.

Jadi mari berharap bersama bahwa akan ada update dari MIUI sehubungan dengan segala masalah yang terdapat pada ponsel yang bernilai baik ini. Atau kemungkinan, coba saja berharap manakala akan hadir Redmi 3 pada tahun 2016 mendatang.

button (18)