Xiaomi Mi5 dan Mi5 Plus: Layar 2K, Snapdragon Sense ID, dan Kamera Berkualitas

Rumor seputar 2 smartphone terbaru dari Xiaomi, Xiaomi Mi5 dan Mi5 Plus kembali beredar dan direncanakan akan diluncurkan pada bulan November 2015 bila kita mengacu pada Roadmap Xiaomi tahun 2015. Meskipun waktu peluncurannya masih ada beberapa bulan lagi, namun kedua smartphone ini sudah tidak sabar dinantikan kehadirannya oleh banyak orang yang berharap Xiaomi Mi5 dan Mi5 Plus memiliki s[spesifikasi yang muktahir dan benar-benar akandirilis pada akhir tahun ini.

Xiaomi Mi5 dikabarkan akan mengusung layar 5,2 inci beresolusi 2K. Namun demikian, varian ini diisukan tidak akan menggunakan chipset Snapdragon 820, melainkan Snapdragon 810 yang sama dengan yang digunakan pada OnePlus 2. Hal ini tentu mengejutkan banyak orang karena Snapdragon 810 terkenal dengan masalah overheating seperti yang terjadi pada smartphone lainnya yang juga menggunakan chipset tersebut. Kita berharap ketika Xiaomi Mi5 diluncurkan, tidak akan lagi terjadi masalah overheating tersebut.

Di lain pihak, ada juga yang menyebutkan bahwa Xiaomi Mi5 akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon Sense ID yang dikabarkan dapat digunakan pada model-model chipset Qualcomm sebelumnya, namun saat ini Snapdragon Sense ID lebih banyak digunakan pada Snapdragon 810 dan 425. Lebih lanjut, spesifikasi lain dari Xiaomi Mi5 adalah kamera utama 16 MP, kamera depan 13 MP, serta baterai berkapasitas 3000 mAh.

Sementara itu, Xiaomi Mi5 Plus yang dikabarkan mengusung layar 5,7 inci 2K menggunakan chipset Snapdragon 820 yang berbeda dengan chipset pada Xiaomi Mi5. Lebih lanjut, Mi5 Plus akan dilengkapi kamera utama beresolusi 23 MP dan kamera depan 13 MP serta baterai berkapasitas 3500 mAh yang dapat diisi ulang dari keadaan kosong hingga penuh hanya dalam waktu 50 menit. Untuk sistem operasi, baik Xiaomi Mi5 maupun Mi5 Plus, akan menjalankan MIUI 7 versi terbaru.

Xiaomi Mi5 Leak

Xiaomi Mi5 dan Mi5 Plus adalah dua smartphone yang sangat dinantikan kehadirannya pada semester kedua tahun 2015 ini. Meskipun sudah beredar banyak rumor terkait spesifikasi kedua smartphone tersebut, namun belum ada konfirmasi resmi yang diberikan Xiaomi terkait hal tersebut. Diharapkan kedua smartphone tersebut diluncurkan tepat waktu dan ditawarkan dengan harga yang tidak terlalu mahal.