Xiaomi MI4 Melawan OnePlus One

Baru-baru ini, Xiaomi sebagai perusahaan ponsel terkemuka di Cina mengumumkan akan kehadiran produk andalan terbarunya di Cina: Xiaomi Mi4. Adapun tanggal perilisan ponsel tersebut di Indonesia akan hadir pada empat bulan terakhir di pengunjung tahun 2015. Saat ini kedua ponsel telah tersedia dan di impor ke Indonesia. OnePlus One di jual 3,7 juta rupiah dan Xiaomi Mi4 3,8 juta rupiah. Secara resmi kedua ponsel tersebut akan dihargai sekitar 3,8 juta rupiah.

mi4 vs oneplus one 1

Xiaomi MI4 Melawan OnePlus One

Dengan penawaran harga yang masuk akal pada pangsa pasar, Xiaomi Mi4 dapat kita golongkan ke dalam smartphone terbaik bila dibandingkan dengan ponsel lain dengan rentang harga yang sama. Banyak peningkatan kualitas telah dilakukan sejak versi seri Xiaomi Mi yang sebelumnya, dan pada ulasan kali ini kami akan menyandingkan Xiaomi Mi4 dengan Oneplus One yang relatif diketahui khalayak umum sebagai smartphone yang dibuat oleh perusahaan Cina ternama, dengan cakupan pembahasan bagaimana kedua ponsel tersebut bisa menyandang gelar sebagai kinerja andalan paling mematikan di 2014 .

Desain Xiaomi Mi4 Melawan OnePlus One

Kedua ponsel sama-sama mengesankan, modern, dan mempunyai desain yang gaul. Kita juga tahu bahwa Xiaomi disebut sebagai Apple-nya Cina , kemudian desain Mi4 mempunyai tipe-tipe yang serupa dengan iPhone. Kendati demikian, Xiaomi Mi4 memberikan kesan segar lain kepada para pengguna Xiaomi sehubungan dengan sentuhan baru yang dibubuhkan pada ponselnya, terutama dengan bingkai stainless yang tahan karat dibanding bahan plastik. Hal tersebut memberikan nilai tambah dibanding dengan ponsel pendaulunya yang tampak tidak begitu anggun yang warna warni namun tidak memiliki bingkai logam yang bercahaya.

mi4 vs oneplus one 2

Xiaomi Mi4 terlihat seperti posel kelas tingkat high-end. Ponsel tersebut memiliki detil yang mencolok sehingga bisa memberikan kesan waw setiap kali Anda melihatnya. Lebih daripada itu, ponsel ini tersedia dengan pilihan warna hitam maupun putih dengan banyak pilihan warna untuk cover belakang. Oneplus One pun sudah memberikan kesan keren dengan bingkainya yang berdesain bezel. Ponsel tersebut terlihat modern dengan banyak pilihan bahan cover juga. Anda dapat memilih antara bambu, gaya denim, dan masih banyak lagi pilihan dapat Anda sesuaikan dengan selera pribadi dan pastinya ini menjadikan ponsel Anda menojol dibanding yang lainnya.

mi4 vs oneplus one 3
Oneplus One berbobot 160 gram dan sedikit lebih berat dibanding Xiaomi yang berbobot 149 gram. Ia juga mempunyai ruang dimensi yang sedikit lebih lebar, yaitu 152.9 x 75.9 x 8.9 mm, sedangkan Xiaomi Mi4 mempunyai ukuran 139.2 x 68.5 x 8.9 mm. Namun demikian, mereka sama-sama memiliki tingkat ketebalan 8.9 mm, sehingga terasa mudah cocok dan nyaman bila digenggam. Kedua Oneplus One mempunyai dimensi yang lebih lebar, tetapi tidak jasi masalah bagi Xiaomi mengingat ukuran ponsel tersebut hanya selisih lebih kecil dari Oneplus One.

Pemenang: Seri. Kedua ponsel sama uniknya dengan detil desain seperti bingkai metalik dan sangat berbobot ringan. OnePlus One memiliki layar yang lebih besar maka dimensinya pun lebih besar, namun ini tidak menjadi masalah sebab ukuran Xiaomi Mi4 hanya sedikit lebih kecil.

Tampilan Xiaomi Mi4 Melawan OnePlus One

Kedua ponsel OnePlus One dan Xiaomi Mi4 hadir dengan tampilan layar Full HD dengan resolusi 1080p. Layar One Plus One mempunyai lebar 5,5 inci; jauh lebih lebar daripada layar Mi yang hanya 5 inci.

Dengan ukuran layar 5 inci dan kedalaman piksel 441 ppi, Xiaomi Mi4 terlihat lebih memiliki kualitas pandangan yang lebih baik. Meskipun layarnya sedikit lebih kecil dibanding OnePlus One, tingkat kedalaman piksel inilah yang membuat tampilan layar Xiaomi menjadi lebih jernih. Seangkan OnePlus One hanya mempunyai layar selebar 5,5 inci namun kedalaman pikselnya hanya 401 ppi. Dengan kedalaman piksel yang cukup tinggi pada kedua produk tersebut, teks yang dihasilkan akan terlihat sebening kristal, keduanya juga memiliki panel IPS, fitur multitouch, dan resolusi Full HD. Pada Xiaomi Mi4, cukup banyak penambahan tampilan yang disertai dengan warna-warna terang. Namun sama seperti Oneplus One, Xiaomi M4 dilengkapi dengan Gorilla Glass sebagai pelindung layar.

Pemenang: Xiaomi Mi4. Meskipun Oneplus One mempunyai resolusi layar yang lebih besar, kedalaman piksel-lah yang membuat Xiaomi Mi4 layak menjadi pemenang. Terlebih daripada itu, Xiaomi Mi4 mampu menyuguhkan tampilan grafis yang mengesankan dan dapat beroperasi dengan sangat lancar. Sementara itu Oneplus One memiliki beberapa masalah kecil seperti tampilan layarnya yang kekuningan.

Kinerja Xiaomi Mi4 Melawan OnePlus One

mi4 vs oneplus one 4

Bicara soal susunan rakitannya, kedua ponsel tersebut dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 801 dan Quad-core dengan kecepatan 2.5 GHz, menggunakan prosesor Krait 400, yang merupakan seri terakhirnya. RAM bermuatan 3GB dan 16GB (atau 32GB, tergantung dari versi ponsel) juga sama-sama dimiliki kedua produk ini. Oneplus One dan Mi4 dapat beroperasi dengan baik pada kecepatan tinggi dan mampu memberikan pengalaman yang paling menyenangkan yang pernah Anda alami. Beroperasi menggunakan sistem Android, antarmuka MIUI dan CyanogenMod 11s ini menyuguhkan bermacam-macam fitur tampilan yang menarik. Hanya terdapat satu tempat SIM di ponsel ini, dan keduanya pun tidak menyediakan tambahan ruang kartu penyimpanan juga. Oleh sebab itu para pengguna perlu mengatur penggunaan ROM yang terbatas ini.

Pada tes Antutu, Xiaomi Mi4 terlihat memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan OnePlus One. Pada keseluruhan tes, ponsel Mi4 memiliki perolehan angka benchmark yang lebih tinggi. Untuk penggunaan sehari-hari, perbedaan penggunaan kedua ponsel ini seharusnya, sih tidak terlalu berbeda jauh, ya.

Hasil Tes Antutu Xiaomi Mi4 Melawan OnePlus One

Untuk perihal baterai, Oneplus One memiliki kapasitas baterai yang lebih tinggi, yaitu sebanyak 3100mAH, sedangkan Mi4 hanya 3080mAh. Kedua baterai sama-sama tidak dapat dicopot-pasang. Kedua ponsel tersebut sama-sama dapat bertahan cukup lama tanpa banyak mengurangi daya tahan baterai, dan ini merupakan hal yang bagus untuk para pengguna yang cenderung menggunakan ponsel untuk bekerja ataupun bermain seharian dengan ponsel mereka.

Pemenang: Seri. Kedua ponsel sama-sama memiliki kinerja yang baik; hanya ada sedikit perbedaan antara sistem perakitan ponselnya.

Xiaomi Mi4 Melawan OnePlus One Kamera

Kedua model ponsel ini sama-sama memiliki kamera 13MP dengan fitur pengambilan gambar yang juga serupa seperti auto fokus. Dual LED flash juga terdapat pada kedua ponsel ini dan foto yang dihasilkan sama-sama memiliki kualitas yang baik. Xiaomi telah dilengkapi dengan Mi4 dengan kamera Sony IMX214 13MP dengan lebar lensa f/1,8. Ketika Anda mencoba mengambil gambar dengan cepat, fitur High Dynamic Flash dan Refocus sekaligus mode AF Object Tracking akan bersama-sama membantu menghasilkan foto dengan detil yang jelas dengan kontras yang tinggi.

Contoh Hasil Kamera Xiaomi Mi4

Oneplus One mempunyai kamera Sony IMX214 13MP dengan lubang kamera sebesar f/2,0 dan tambahan 6 lensa fisik. Inilah yang menjadikan forto hasil Oneplus One terlihat lebih berkualitas dan bintik noise nya pun lebih rendah, sehingga hasil warna foto juga nampak lebih terang. Kamera depan Xiaomi Mi4 adalah 8MP dan sangat luar biasa untuk keperluan panggilan menggunakan video call dan pengambilan gambar selfie. Namun kamera depan Oneplus One mempunyai resolusi yang sedikit lebih rendah yaitu hanya 5MP. Kedua ponsel mendukung fasilitas perekam suara yang beresolusi HD.

Contoh Hasil Kamera One Plus One

Pemenang: Xiaomi Mi4. Meskipun OnePlus One memiliki lebar lensa yang lebih baik, Xiaomi Mi4 memiliki kamera depan yang lebih baik.Mengingat tren pengambilan gambar sendiri ini yang sedang ada pada masa sekarang, para pengguna mungkin akan cenderung lebih memilih ponsel dengan kualitas kamera depan yang lebih baik.

Software Xiaomi Mi4 Melawan OnePlus One

Dengan tampilan antarmuka MIUI V6 versi kostumisasi Android, para pengguna Mi4 disediakan berbagai macam fitur yang berguna dan menarik. Lebih daripada itu, banyak dari perlindungan privasi seperti Kingsoft dan Wall-E sudah terpasang pada data pengamanan Anda. Tema-tema unik dan tampilan layar kunci juga sudah disediakan, sehingga memberikan kesan pengalaman ponsel dengan tingkat kelas yang lebih tinggi bagi para penggunanaya.

Screenshots Tampilan Datar MIUI V6

mi4 vs oneplus one 13

mi4 vs oneplus one 14

Antarmuka OnePlus One, yaitu CyanogenMod 11 mengizinkan para penggunanya untuk mengkostumisasi tema mereka sendiri. CyanogenMod kemudian menjadi disukai dengan perubahan upadte yang dilakukannya. Sebagai tambahan, efek transisi ketika menggeser antara layar dapat di gonta-ganti, jadi ini merupakan sesutau yang sangat keren dan mengagumkan. Gambar aplikasi icon juga sangat mudah untuk diurutkan. Anda juga dapat mengatur akses aplikasi sehubungan dengan data mana yang ingin Anda berikan perlindungan privasi. Fitur screencast mengizinkan Anda merekam segala tampilan layar tang terpapar saat ketika Anda sedang menggunakannya, dan ini menjadikan salah satu fitur yang menarik. Kedua ponsel mendukung adanya fasilitas NFC (perangkat standar yang memungkin smartphone dan perangkat lain bisa berkomunikasi ketika di dekatkan), Wi-Fi 802.11, Wi-Fi Direct, LTE dan Wi-Fi hotspot. Oneplus One juga memiliki koneksi Bluetooth v4,1 sementara Mi4 dengan versi yang sebelumnya yaitu 4,0.

Pemenang: Seri. Kedua ponsel sama-sama menarik dan berfungsi sebagaimana mestinya, mudah dalam pengaturan kostumisasi dan antarmuka Android. Tergantung dari gayanya, para pengguna dapat memilih untuk menggunakan MIUI atau CyanogenMod, karena keduanya sama-sama nyaman untuk digunakan.

Kelebihan Xiaomi Mi4

Xiaomi-Mi4

Dalam perbandingannya dengan OnePlus One, Xiaomi Mi4 melewatkan NFC. Mi4 kemudian menutupinya dengan menghadirkan IR Blaster dimana fitur ini dapat Anda gunakan sebagai sebuah universal remote. Tampilan layar 5 inci ini kemudian memudahkannya untuk masuk ke dalam saku. Seperti yang telah disinggung bahwa resolusi mereka sama, artinya Mi mempunyai kedalaman piksel yang lebih tinggi dibanding OnePlus One.

Bila diingat, Mi4 juga mempunyai daya baterai yang lebih kecil yaitu 3080mAh. Dengan tampilan layar yang lebih kecil artinya daya baterai yang seemikian rupa seharusnya cukup untuk mempertahankan daya hidup ponsel lebih lama pada OPO. Selain itu, Xiaomi Mi4 juga didukung dengan kamera depan 8MP dengan lebar lensa f 1,8, sehingga seharusnya hasil foto lebih baik bisa dihasilkan meskipun dengan tingkat cahaya yang rendah.

Kelebihan OnePlus One

One Plus One hadir dengan tampilan layar yang leboh lebar dari Xiaomi Mi4 yaitu 5,5 inci. Ini bisa jadi menguntungkan untuk beberapa pengguna. Pasalnya para pengguna dapat melakukan root pada perangkat mereka dengan tetap mempertahankan garansi OnePlus. Sementara bila dibandingkan, OPO Mi4 juga memiliki NFC. Pada tes yang kami lakukan, NFC memiliki beberapa keterbatasan karena hanya bverfungsi dengan sistem tertentu saja.

Beberapa pengguna mungkin merasa bahwa OS Cyanogenmod lebih menguntungkan dibanding MIUI. Namun ini semua kembali kepada kesukaan orang masing-masing.

OPO memang ponsel yang tergolong fantastik, namun peminatnya perlu ingat bahwa agaknya sulit untuk mendapatkan ponsel tersebut saat ini.

Xiaomi Mi4 Melawan OnePlus One, Pemenangnya Xiaomi Mi4

mi4 vs oneplus one 15

Meskipun ponsel ini belum dirilis di Indonesia, peningkatan perubahan dan popularutas seri Mi diyakinkan dapat menjadi pilihan ponsel yang berkualitas. Selain daripada itu, dengan kamera yang sudah diperbaharui dan rakitan yang tergolong high-end, Xiaomi Mi4 menawarkan ponsel model gabungan antara kekuatan dan ketahanan kepada para pengguna. Xiaomi Mi4 juga tahan air, sedangkan OnePlus One tidak. Sementara cukup banyak kesamaannya dengan OnePlus One, tetap saja sulit untuk mendapatkan ponsel OnePlus One, dan banyak juga masalah kecil seperti kamera yang kualitasnya rendah dan tampilannya juga tidak sebaik Mi4.

Berdasarkan tes ini, kami lebih memilih Xiaomi Mi4 ketimbang OnePlus One. Kami merasa bahwa bahan stainless steel yang tidak bisa karat dan layar yang lebih kecil dari Xiaomi Mi4 tentu lebih baik dibanding bahan plastik dan layar lebar OnePlus One. Lubang kamera f1,8 menjanjikan hasil foto lebih baik pada saat pengambilan gambar dengan cahaya rendah, dan NFC OPO berfungsi secara terbatas sementara Xiaomi Mi4 sebagai universal remote tentu menjadi gadget yang lebih baik untuk penggunaan sehari-hari.

Terdapat pula faktor lain yang patut diperhitungkan. Saat ini aksesoris OPO seperti Bamboo Cover sudah dapat diperoleh dengan harga 600ribuan. Seangan cover belakang Xiaomi tentu dijual dengan harga yang lebih murah dan lebih terlihat bagus juga.

Kami memiliki contoh Xiaomi Mi4. Jadi tetaplah sering-sering buka blog kami untuk mendapatkan informasi perbandingan ponsel tersebut sesegera setelah kami menulisnya di blog.

Dari kedua ponsel yang menakjubkan ini, mana yang lebih Anda sukai dan mengapa?

 

Xiaomi Redmi 2 and Mi Pad akan Hadir di Indonesia Minggu ini!

Pendiri OnePlus Mengkonfirmasikan Perilisan Ponsel Berharga Murah, Yaitu Drone DR-1, Akan Dirilis Pada Bulan April.

Ulasan Xiaomi Redmi 2

Ulasan OnePlus One

Xiaomi Mipad Melawan Apple iPad Mini Retina