Wujud Nokia D1C Terungkap: RAM 3 GB + Android Nougat

Sejak beberapa pekan yang lalu, kita semua sudah mendengar kabar terkait sebuah smartphone yang diduga kuat menjadi smartphone Android pertama saat Nokia kembali nanti. Kini, bocoran wujud smartphone tersebut mulai beredar di internet.

Nokia D1C 2

Wujud Nokia D1C terungkap

Kami sangat yakin banyak di antara kalian sudah tak sabar ingin mengetahui apa nama dan bagaimanakah wujud smartphone Android pertama saat Nokia kembali nanti ke pasar smartphone. Menurut rumor yang berkembang beberapa pekan ini, smartphone tersebut kemungkinan besar bernama Nokia D1C, yang sebelumnya juga telah tampil di beberapa situs uji performa seperti AnTuTu, Geekbench, dan GFXBench.

Menurut ketiga situs tersebut, Nokia D1C akan diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 430 octa-core 1,4 GHz yang dipadukan dengan prosesor grafik Adreno 505 dan RAM 4 GB. Untuk media penyimpanan, smartphone ini akan dibekali memori internal 32 GB yang diharapkan dapat ditambah kapasitasnya dengan microSD card. Untuk fotografi, aka nada kamera 13 MP pada bagian belakang serta kamera 8 MP pada bagian depan. Sistem operasi yang akan dijalankannya adalah Android 7.0 Nougat.

Nokia D1C 1

Belum lama ini, bocoran wujudnya beredar di situs Weibo. Kabarnya, Nokia D1C akan tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Gold, Black, dan White. Dari gambar di atas, tampaknya bagian belakangnya terbuat dari logam, yang lazim ditemukan pada smartphone saat ini. Selain itu, pada bagian belakangnya, kita dapat melihat sebuah kamera utama dengan LED flash di bawahnya serta logo Nokia. Sementara itu, pada varian yang berwarna Gold, kita dapat melihat sebuh tombol home fisik yang kemungkinan ditanamkan pemindai sidik jari. Namun, hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi dari Nokia terkait bagaimana wujud sebenarnya Nokia D1C nanti.

Satu hal lagi yang patut kita cermati adalah layarnya. Nokia D1C akan hadir dengan layar beresolusi 1080 x 1920 piksel (Full HD), namun masih belum diketahui berapa ukurannya. Berdasarkan informasi terakhir, layarnya akan berukuran 13,8 inci. Bila hal ini benar, Nokia D1C adalah sebuah tablet. Namun, ada pula yang menyebut Nokia D1C adalah sebuah smartphone dengan layar tidak lebih dari 6 inci.

Nokia D1C 3

Nokia D1C – Waktu peluncuran

Bila kita melihat chipsetnya, tampak jelas bahwa Nokia D1C bukanlah smartphone papan atas atau tengah karena chipset tersebut mayoritas dibekali pada smartphone papan bawah. Hal ini tampaknya tidak akan menjadi masalah karena Nokia perlu beradaptasi kembali untuk memasuki pasar smartphone yang semakin modern dan kompetitif saat ini. Diharapkan aka nada smartphone Nokia lainnya dengan spesifikasi lebih tangguh yang hadir di kemudian hari. Terkait waktu peluncurannya, Nokia kabarnya akan memperkenalkan dua smartphone pertamanya pada akhir tahun ini dan dua smartphone berikutnya pada awal tahun depan, sekitar Februari atau Maret 2017, kemungkinan pada ajang MWC 2017. Kita nantikan saja.