Wireless Charging: Definisi Dan Potensinya

Saat ini, istila wireless charging mungkin sudah diketahui banyak orang. Namun, apa itu wireless charging dan bagaimanakah pemanfaatannya? Mari kita telusuri bersama.

wireless charging

Apa itu wireless charging?

Istilah wireless charging secara sederhana dapat diartikan sebagai proses pengisian ulang baterai tanpa menggunakan kabel. Pada sebuah proses wireless charging, ada sebuah perangkat yang akan di-charge (misalnya smartphone, sebuah charger (berbentuk seperti bantalan), dan dua ujung pengait (koil): satu pada smartphone, satu lagi pada charger. Bila kedua pengait tersebut berdekatan, akan terjadi perpindahan gelombang elektromagnetik (seperti yang terjadi pada kabel charger) dari charger ke smartphone, dan proses charging dimulai.

Beberapa di antara kalian mungkin bertanya apakah benar-benar tidak membutuhkan kabel. Jawabannya iya, karena tidak terdapat kabel penghubung perangkat yang akan di-charge dengan charger. Namun, terdapat kabel yang menghubungkan perangkat charger dengan sumber energi. Hal ini berarti belum bisa dikatakan sepenuhnya sebagai proses charging tanpa kabel.

wireless charging

Ada beberapa keuntungan dari teknologi wireless charging. Pertama, wireless charging lebih aman dari proses charging biasa karena koil yang ada di dalam smartphone tidak mudah terkena air, sehingga potensi terjadinya kejutan listrik juga rendah. Kedua, wireless charger juga mudah digunakan. Namun, suhu panas yang dihasilkan lebih tinggi dari charger biasa. Bila kalian menggunakan wireless charger berbentuk bantalan, kalian perlu menempatkannya pada permukaan yang dapat menahan panas. Selain itu, wireless charger lebih mahal dari charger biasa.

Masa depan yang menjanjikan

Saat ini, beberapa restoran McDonald’s di Inggris dan gerai Starbucks di Amerika Serikat telah dilengkapi perangkat wireless charging. Beberapa produsen juga telah membekali teknologi ini pada sebagian produk smartphone-nya. Pemanfaatan teknologi ini di masa depan sangat menjanjikan. Beberapa perusahaan bahkan sedang melakukan uji coba wireless charging yang sesungguhnya. Hal ini berarti kelahiran proses charging tanpa kabel yang sesunggunya tinggal menunggu waktu.