Water Resistant vs Water Repellent vs Waterproof: Apa Perbedaannya?

Apakah kalian pernah merasa penasaran mengapa beberapa smartphone diberi label waterproof, sedangkan yang lainnya berlabel water repellent atau water resistant? Kali ini, kami akan membahas perbedaan ketiganya untuk kalian.

Water Resistant

Water resistant vs water repellent vs waterproof – Pengertian

Di antara ketiga istilah tersebut, water resistant memiliki kemampuan penahan air yang paling lemah. Smartphone dengan label water resistant dapat menahan air pada tingkat tertentu saja. Pada umumnya, smartphone jenis ini telah dilengkapi lapisan tipis yang dapat menahan air agar tidak masuk ke bagian dalam smartphone. Sebagai contoh, smartphone tersebut tidak akan rusak bila terkena air saat mencuci tangan, hujan ringan, atau keringat. Namun, kemampuannya akan menurun seiring berjalannya waktu. Kalian dapat menemukan perangkat berlabel water resistant pada berbagai smartphone Sony seperti Xperia Z5, Z5 Premium, dan X Performance.

Water repellent satu tingkat lebih baik dari water resistant. Smartphone dengan label water repellent dapat menolak air. Dengan kata lain, smartphone ini bersifat hidrofobik. Lebih lanjut, smartphone dengan label ini sudah dilapisi oleh lapisan tipis berteknologi nano pada bagian luar, bagian dalam, maupun kedua bagian tersebut. Dengan demikian, air di permukaan smartphone tidak dapat merembes atau meresap ke dalam smartpone.

Sony_Xperia_Z4v_Waterproof_Cell_phone-e1473408961269

Yang terakhir adalah waterproof. Bila smartphone kalian berlabel waterproof, smartphone kalian dapat menahan air dalam jumlah yang banyak. Smartphone jenis ini tidak akan rusak meskipun diletakkan di dalam air selama beberapa jam. Kalian dapat meletakkannya dalam saku celana saat berenang atau menyelam.

Water resistant vs water repellent vs waterproof

Ada banyak smartphone yang dibekali fitur tahan air. Beberapa di antaranya berlabel waterproof, ada juga yang berlabel water resistant. Namun, setelah memahami pengertian di atas, tidak semua smartphone berlabel waterproof, kecuali yang diciptakan untuk keperluan militer seperti Sonim XP7 dan Samsung Galaxy S7 Active. Bila kalian memiliki Samsung Galaxy Note 7 atau ingin membeli Sony Xperia XZ, jangan menguji kemampuan menahan air kedua smartphone tersebut dalam kondisi ekstrim karena hal tersebut akan merusak lapisan kedap air yang dimilikinya.