Vivo NEX A & NEX S RESMI Lahir: RAM 8 GB, 4000 mAh, Pop-up Camera

Selain Xiaomi, Vivo juga memperkenalkan dua smartphone barunya pada 12 Juni 2018 yaitu NEX A dan NEX S. Namun, keduanya jauh lebih brilian dari apa yang diluncurkan Xiaomi. Nah, mari kita lihat apa kecanggihan dari NEX A dan NEX S.

Vivo NEX A dan NEX S – Desain dan spesifikasi

Vivo NEX sebenarnya merupakan realisasi dari konsep Vivo APEX yang diperlihatkan pada MWC 2018. Seperti dapat dilihat, hampir seluruh sisi depannya adalah layar. Layarnya berjenis AMOLED dengan bentang 6,59 inci, resolusi 1080 x 2316 piksel (Full HD+), dan rasio 19,3 : 9. Layarnya menguasai 91,24% dari sisi depannya. Sensor-sensor disembunyikan di bawah layar, termasuk earpiece yang digantikan oleh Screen SoundCasting Technology.

Tak hanya itu, kita juga tak melihat kamera depan di sisi depan. Vivo menyembunyikan kamera tersebut di balik layar dan akan muncul dari sisi atas ketika mode kamera depan diaktifkan. Kamera tersebut menggunakan micro-stepping motor yang akan mengatur naik dan turunnya. Kamera depannya beresolusi 8 MP dengan diafragma f/2.0. Terkait sistem keamanan, NEX A dibekali pemindai sidik jari di sisi belakang, sedangkan NEX S dibekali pemindai sidik jari dalam layar generasi ketiga yang diklaim 50% lebih akurat dari generasi sebelumnya.

Untuk urusan performa, NEX A diperkuat chipset Snapdragon 710 yang dipadukan dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Smartphone ini jelas menjadi pesaing kuat Xiaomi Mi 8 SE yang juga diperkuat chipset yang sama. Sementara itu, NEX S diperkuat chipset Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM 8 GB. NEX S menyediakan dua pilihan memori internal yaitu 128 GB dan 256 GB. Sayangnya, Vivo tidak melengkapi NEX A dan NEX S dengan slot kartu microSD. Meski demikian, keduanya memiliki baterai 4000 mAh, kecerdasan buatan Joyi, kamera belakang ganda (12 MP + 5 MP), serta menjalankan Funtouch OS 4.0 berbasis Android Oreo.

Vivo NEX A dan NEX S – Harga dan ketersediaan

NEX A dan NEX S adalah dua smartphone pertama di dunia yang mengadopsi kamera depan inovatif. NEX A dijual seharga 3898 Yuan (Rp 8,5 juta), sedangkan harga NEX S varian ROM 128 GB dan 256 GB berturut-turut adalah 4498 Yuan (Rp 9,8 juta) dan 4998 Yuan (Rp 10,9 juta). Semuanya tersedia di China mulai akhir Juni ini. Apakah Vivo akan membawanya ke Indonesia? Kita nantikan saja.