Ulasan Xiaomi Mi Note

Xiao Mi Note menawarkan perangkat keras premium dengan sebuah keahlian perangkat lunak yang kuat sehingga para pengguna phablet akan menikmatinya. Meskipun demikian cukup disayangkan karena tidak adanya rencana untuk peluncurannya secara resmi di Amerika Serikat. Pada waktu acara konfrensi yang diadakan oleh Xiao mi pada bulan Febuari yang digunakan untuk memperkenalkan toko aksesori mereka pada pasar Amerika Serikat, perusahan membagikan smartphone andalan 2015 mereka, Mi Note ke seluruh pengunjung. Meskipun perangkat ini tidak diperhitungkan untuk peluncuran resminya di Amerika Serikat, hal ini merupakan perpindahan bagi Xiao Mi untuk menunjukkan apa yang dapat ia lakukan untuk berkompetisi sengit dan penuh pada pasar Smartphone di Amerika Serikat ? Kita mengetahui, seperti kita melihat lebih dekat pada ponsel ini dalam ulasan lengkap Xiaomi Mi Note!

Xiaomi Mi Note Desain

xiaomi mi note review 1

Sebagai catatan moniker, perangkat ini secara tepat tergolong sebagai phablet, Xiaomi dapat dipastikan bekerja secara total dalam proses mendesain dan membangun kualitas . Mi Note adalah sebuah perangkat yang luar biasa, dengan kaca depan 2.5 D disertai lekukan halus sepanjang pinggirnya, dan kaca belakangnya 3D, disertai dengan lekukan yang lebih terlihat sepanjang pinggirnya. Semuanya itu dipersatukan bersama oleh bingkai berbahan metal dengan tepi yang simetris sehingga perangkat ini nyaman untuk digenggam.

xiaomi mi note review 2

Meskipun ukurannya yang cukup besar, penggunaan dengan satu tangan tidak setidaknyaman seperti yang kamu bayangkan,mengingat tipisnya dari desain bezel sepanjang sisi dari tampilan, faktanya perangkat ini sangat tipis , dengan ketebalan hanya 7mm. Beberapa pergerakkan tangan diperlukan untuk menggapai setiap bagian dari tampilan,tetapi tenang saja karena secara menyeluruh tetap dapat diatur pada hampir setiap bagian.

xiaomi mi note review 3

Bagian belakang perangkat ini terbuat dari kaca, sehingga menyebabkan lebih cepat terkena noda dan bekas sidik jari, tetapi tidak terlalu kelihatan pada tipe smartphone berwarna putih kecuali Anda melihatnya secara teliti. Sama halnya dengan versi warna hitam. Mungkin diperlukan berbagai pertimbangan supaya Anda dapat memiliki diantara kedua warna tersebut.

xiaomi mi note review 4

Lihat sekeliling perangkat ini, tombol power dan volume ditempatkan pada sisi sebelah kanan, posisi tersebut memudahkan jari tangan pengguna untuk meraih dan memencet tombol tersebut. Letak celah SIM card terletak pada bagian kanan, lubang headphone pada bagian atas bersamaan dengan lubang microUSB dan speaker tunggal terletak pada bagian bawah. Pada tampilannya, menu capacitive, home, dan tombol kembali terletak pada bagian depan, bersama dengan cahaya pemberitahuan multi-colored LED, ear piece, sedangkan kamera depan terletak pada tampilan atas.

Xiaomi Mi Note Tampilan

xiaomi mi note review 5

Xiaomi Mi Note menonjolkan tampilan layar 5.7 inci IPS LCD, dengan resolusi 1080 p sehingga menghasilkan kerapatan pixel sebesai 386ppi. Kualitas dari saturasi warna, sudut pandang, dan kecerahan , dan penglihatan luar ruangan pada perangkat ini sangatlah bagus. Selain itu, ukuran layar yang cukup besar memberikan kepuasantersendiri dalam melihat halaman website, menonton video, dan memainkan permainan.

xiaomi mi note review 6

Kalibrasi warna pada tampilan dapat disesuaikan dalam menu pengaturan, sehingga memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi tingkat kontras dan kehangatan cahaya dari tampilan. Pengaturan yang biasa saja sudah terlihat bagus, sehingga Anda merasa sudah tidak perlu lagi untuk melakukan pengaturan yang siginifikan. Fitur seperti glove mode juga tersedia untuk meningkatkan sensitivitas pada layar sentuh. Selain itu, juga terdapat fitur reading mode yang berfungsi untuk mereduksi silau cahaya sehingga membuat mata nyaman untuk membaca. Hal ini mirip dengan bagaimana aplikasi flux bekerja pada windows dan mac, Anda dapat memilih aplikasi mana yang dapat memfungsikan fitur ini.

Xiaomi Mi Note Performa xiaomi mi note review 7

Xiaomi Mi Note menggunakan prosesor quad-core Qualcomn Snapdragon 801 yang berkecepatan 2.5 GHz, serta didukung dengan Adreno 330 GPU dan RAM sebesar 3GB. Terlepas dari ukuran RAMnya, prosesor yang diberikan tampak terlihat sedikit tertinggal mengingat kemajuan teknologi setahun belakangan ini, tetapi tetap dapat dengan mudah menangani tugas-tugas yang intensfif dengan baik.

xiaomi mi note review 8

Tugas-tugas umum seperti menggeserkan, mengskrol, membuka, menutup, mengganti antara aplikasi-aplikasi, serta menavigasikan seluruh antar muka pengguna seperti yang diharapkan serta lancar. Selain itu, perangkat ini dapat menangani permainan (game) dengan mudah dan lancar tanpa adanya gangguan. Telah diberitahukan sebelumnya bahwa perangkat akan menjadi panas setelah beberapa lama dipakai untuk bermanin permainan, hal tersebut tidaklah terkait dengan adanya penurunan performa.

 

Fakta catatan penting lainnya bahwa perangkat yang digunakan pada ulasan ini adalah unit pre produksi, sehingga terdapat beberapa aplikasi eror dan terhenti secara acak yang terjadi karena perangkat lunak yang digunakan dalam proses pengembangan. Meskipun demikian, performanya tetap halus dan cepat, kesalahan tersebut akan dihilangkan pada unit peluncuran akhir.

Xiaomi Mi Note Perangkat keras xiaomi mi note review 10

Datangnya perangkat keras terbaru, Mi Note memberikan rangkaian umum dari sensor dan pilihan konektivitas , termasuk 4G LTE, tetapi sayangnya tidak ada sanggahan untuk US LTE bands. Memori internalnya terdiri dari dua pilihan yaitu 16GB dan 64 GB, tetapi tidak ada penyimpanan tambahan melalui microSD card. Kedua ukuran memori tersebut merupakan pilihan konsumen yang paling banyak belakangan ini.

xiaomi mi note review 12

Speaker yang ditempatkan bagian bawah mengeluarkan suara dengan baik, dan volumenya cukup kencang. Peletakkan speaker pada bagian bawah tersebut menghasilkan suara yang kencang sekali saat penggunaannya dalam posisi mendatar. Hal tersebut dapat diakali dengan menutup speaker menggunakan tangan Anda, sehingga dapat meredam suara.

Pada baterainya, perangkat ini menggunakan baterai dengan unit ukuran 3.000 mAh. Kapasitas baterai tersebut tergolong sedang jika dibandingkan pada kategori smartphone lainnya. Bagaimanapun juga, lamanya pemakaian baterai cukup bagus pada saat kami mengujinya. Dengan penggunan yang paling banyak seperti SMS, web browsing, dan pengecekkan sosial media, serta beberapa permainan ringan , dan menonton video pada youtube, kami sudah memperkirakan nya tahan untuk satu hari dan menghabiskan setengah kapasitas baterai, dengan sisa waktu lebih dari 5 jam. Pada penggunaan yang berat seperti melibatkan banyak permainan dan mengambil foto , maka sisa waktunya turun sekitar 4 jam, tetapi tetap dapat berlangsung sepanjang hari. Faktor lainnya yang menentukkan lamanya baterai secara hebat adalah waktu siaga , dengan perangkat ini kehilangan hanya 1% sampai 2 % dari hidup lamanya baterai semalaman. Jika Anda menginginkan baterai dapat lebih tahan lama, maka pada profil bagian penyimpanan baterai terdapat pengaturan untuk mengnonaktifkan Wi-Fi, data, dan fungsi jaringan lainnya sehingga membantu baterai lebih tahan lama. Profil penyimpanan baterai tersebut dapat diatur secara otomatis sesuai dengan persentase hidup nya baterai yang ditentukan secara spesifik.

Xiaomi Mi Note Kamera xiaomi mi note review 14 Xiaomi Mi Note mempersembahkan kamera belakang 13 MP, yang hadir dengan optical image stabilization dan dual tone LED flash, kedua fitur tersebut tidak terlalu jarang pada smartphone sekarang ini. Kamera UI termasuk cukup sederhana untuk navigasi dan penggunaannya , dengan sebuah tombol rana putih yang besar, dan dukungan sejumlah fitur yang cukup memuaskan serta mode fitur yang tidak terlalu berlebihan. Dengan menggeserkan ke atas atau ke samping kanan akan memunculkan beberapa mode yang berbeda seperti manual, panorama, refocus, dan lainnya. Penggeseran ke bawah atau ke kiri akan memunculkan pada berbagai filter hidup, fitur ini diperuntukkan bagi pengguna yang mau foto yang mereka ambil terlihat menyenangkan. Pencahayaan dapat dimunculkan secara manual dengan mengaktifkan digital ring pada layar, yang mana pengaturannya dilakukan dengan sentuhan menarik dan menggunakan perasaan insting. Mode refocus dapat memungkinkan Anda untuk memfokuskan ulang sebuah foto setelah diambil, fitur tersebut memang bukan tergolong fitur inovatif tetapi tetap bekerja dengan baik, selama Anda mengikuti pedoman untuk menghasilkan subjek fokus yang jelas dan latar belakang yang jelas.

Secara keseluruhan kualitas gambar yang diambil cukup baik. Kecepatan dari shutter kameranya tergolong cepat sehingga foto yang dihasilkan terlihat jelas dengan warna yang menarik baik hasil dari dalam dan luar ruangan. Mode HDR juga bekerja dengan baik pada kamera ini, membawa kembali beberapa detil selagi menambahkan beberapa kehangatan warna pada gambar. Pada cahaya rendah , gambar yang dihasilkan dapat saja kurang jernih dan jelas, tetapi dengan adanya teknologi OIS dan ISO batas 3200 secara pasti membantu kamera dalam mendapatkan detil gambar sebisa mungkin. Hasil gambarnya tetap dapat digunakan meski terdapat penurunan yang cukup dalam kejelasan dan detil, tetapi untuk keseluruhan ,kamera ini memiliki performa yang sangat hebat. Pada kamera depan memiliki sensor 4MP. Bagi Anda yang menggemari foto selfie, fitur mode cantikanya dapat berguna untuk meningkatkan penampilan dengan mengidentifikasi umur dan jenis kelamin Anda. Fitur tersebut berjalan dengan sangat baik sejalan dengan kualitas foto yang dihasilkan , tetapi bagaimanapun juga jangan pernah mencoba untuk menebak umur kami secara tepat.

Xiaomi Mi Note Perangkat Lunak xiaomi mi note review 27 Pada perangkat lunaknya, Mi Note menggunakan sistem operasi Android 4.4 Kitkar, dengan balutan antar muka Xiaomi MIUI. Seperti pada kebanyakan OEM (Original Enterprise Manufacturing) China lainnya dan sistem operasi yang dibuat sesuai pesanan, antar muka MIUI tidaklah jauh dengan kotak aplikasi. Hal tersebut mendukung penggunaan layar home, yang artinya Anda akan bergantung pada penggunaan folder sehingga aplikasi di Smartphone Anda terorganisir dengan baik.

xiaomi mi note review 28

Ikon-ikon aplikasi berbentuk kotak dan berwarna ceria.Pengguna diberikan pilihan wallpaper-wallpaper yang sangat menarik tampilannya tetapi tetapi tidak terlalu mencolok mata. Pada ulasan bagian ini, terdapat banyak aplikasi buatan China yang belum dipasang, bahkan pada pengaturan awalnya aplikasi Google Play Store belum ada pada perangkat. Tetapi tenang saja karena sangat cepat dan mudah untuk mempasang aplikasi tersebut sehingga Anda dapat mengunduh semua aplikasi yang dibutuhkan.

Antar muka MIUI memperkenalkan beberapa fitur yang menyenangkan, seperti Hi-Fi audio untuk meningkatkan kualitas suara ketika menggunakan headphone serta mesin tema yang kuat sehingga Anda dapat melihat dan merasakan sistem operasi dari ikon-ikon, wallpaper, lockscreen, dan aplikasi-aplikasi yang sudah ada. Sebuah mode satu tangan juga tersedia , yang dapat diaktifkan secara mudah dengan menggeserkan dari tombol home ke luar pada kedua arah, untuk mengecilkan layar ke bawah dari mana saja dengan ukuran antara 4.5 inci sampai 3.5 inci. Secara keseluruhan , antar muka MIUI memberikan tambahan-tambahah menarik pada sistem operasi Android, mungkin ada beberapa fitur yang belum pas diaplikasikan tetapi tentunya bukan untuk pengguna umum.

Xiaomi Mi Note Specs xiaomi mi note review 32 Harga dan Pemikiran terakhir. Di China, Xiaomi Mi Note diberi harga sektar $370 dolar. Perangkat ini tidak diluncurkan secara resmi di Amerika Serikat, tetapi tetap dapat dibeli melalui eBay, meskipun harganya sangat berbeda jauh yaitu $500 dolar. xiaomi mi note review 60 Lihatlah secara dekat Xiaomi Mi Note ! Dalam menjawab pertanyaan pada bagian pengantar, perangkat ini secara pasti membuktikan bahwa Xiaomi mampu dalam berkompetisi pada pasaran smartphone di Amerika Serikat yang sangat penuh. Maka dari itu, sangatlah disayangkan bahwa perangkat ini tidak ada pasar Amerika Serikat secara resmi. Kesimpulan dari semuanya, Xiaomi Mi Note merupakan salah satu perangkat yang kuat baik dari segi perangkat keras sampai perangkat lunak. Selain itu juga termasuk salah satu perangat yang nyaman serta menyenangkan yang kami rasakan selama menggunakan OEM China dalam beberapa waktu. Maka dari itu, Xiaomi Mi Note sangatlah cocok dalam kategori pilihan editor.