Ulasan Vivo X9s Plus: RAM 4 GB, Dual 20 MP yang IMPRESIF …

Di awal bulan Juli lalu, Vivo memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, X9s Plus. Apakah kalian sudah mengetahui keunggulan dari smartphone ini? Bila belum, kalian tak perlu khawatir. Kalian dapat membaca ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Vivo X9s Plus – Spesifikasi

Dari namanya, tentu kalian sudah dapat mengenali bahwa X9s Plus adalah penerus dari X9 Plus yang diluncurkan pada November 2017. Dalam hal desain dan spesifikasi, baik X9s Pus maupun X9 Plus memiliki banya persamaan. Pertama, bila diperhatikan, terdapat dua garis antena berbentuk U pada sisi belakang. Selain itu, pada sisi belakang, terdapat pula kamera utama 16 MP yang didukung LED flash. Pada sisi depan, terdapat layar beresolusi 1080 x 1920 piksel (Full HD). Di sebelah bawah layarnya, terdapat tombol home (juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari) yang diapit dua tombol kapasitif.

Di sebelah atas layarnya, terdapat kamera ganda yang didukung LED flash untuk membuat foto selfie terlihat terang. Nah, salah satu kameranya beresolusi 20 MP. Semua foto, video, dan data kalian dapat disimpan pada memori internal 64 GB. Sayangnya, Vivo tidak melengkapi smartphone ini dengan slot microSD card. Menjadi jantungnya adalah chipset Snapdragon 653 octa-core 1,95 GHz. Bila X9s Plus memiliki banyak persamaan dengan X9 Plus, lalu apa perbedaan keduanya?

Ulasan Vivo X9s Plus

Pertama, layar IPS LCD pada X9 Plus digantikan oleh layar AMOLED. Ukuran layarnya diperkecil dari 5,88 inci menjadi 5,85 inci. Nah, resolusi kamera sekunder yang memenami kamera 20 MP juga diturunkan dari 8 MP menjadi 5 MP. Tak hanya itu, performa multitasking-nya juga sedikit lebih lambat karena kapasitas RAM-nya diturunkan dari 6 GB menjadi 4 GB. Meski demikkian, X9s Plus kini menjalankan Funtouch OS 3.1 berbasis Android 7 Nougat. Selai itu, kapasitas baterainya sedikit ditingkatkan dari 4000 mAh menjadi 4015 mAh.

Vivo X9s Plus – Harga dan ketersediaan

Selain layar yang lebih irit energi, antarmuka dan sistem operasi lebih baru, serta kapasitas baterai yang sedikit lebih besar, tampaknya tidak banyak pembaharuan yang dilakukan oleh Vivo. Bagaimana pendapat kalian? Nah, bila kalian berminat, kalian dapat membeli Vivo X9s Plus dengan harga sekitar $440 atau Rp 5,9 juta.