Ulasan UMi Hammer: Perangkat Penyimpanan Data yang Mumpuni

UMi Hammer sudah mulai dijual saat ini, dan kami sangat beruntung bisa mengetes perangkat ini selama kurun waktu beberapa minggu. Jadi, tetaplah pantengi website kami untuk mendapatkan informasi review UMi Hammer selengkapnya!

UMi memilih pendekatan yang berbeda sehubungan dengan pasar ponsel Android. Ketika banyak perusahaan merasa senang untuk terus meluncurkan perangkat demi perangkat secara berkala, UMi malah memilih jalur lambat namun stabil. Setelah perilisan UMi Zero silam, tim dibalik brand tersebut telah bekerja keras membentuk komunitas, forum, ROM alternatif, dan bahkan mengembangkan alat kilat sekali klik yang dinamakan Rootjoy. Setelah menyatukan semua komponen terseut, maka ponsel baru pun akan segera dihadirkan!

UMi Hammer

Review UMi Hammer: Desain

UMi Hammer

Desain UMi Hammer mungkin bisa dikatakan serupa dengan beberapa perangkat lain yang tengah beredar di pasar. Perangkat ini menyerupai Doogee Ibizia F2, yang setelah ditelaah lebih jauh lagi juga mirip dengan Vivo Xshot. Menarik untuk mengetahui bahwa kedua ponsel, baik UMi dan Doogee, telah sama-sama memiliki desain yang serupa dengan Xshoot; yang rupanya menarik, ukurannya bagus, dan hanya segelintir orang yang menyadari bahwa ini adalah ponsel kloningan dari ponsel kamera Vivo.

UMi Hammer

UMi sudah meneguhkan bahwa UMi Hammer akan menjadi ponsel yang tahan lama dan awet khususnya untuk orang-orang yang kesehariannya tergolong kelompok orang yang aktif. Campuran bahan pembentuk kerangka dibuat kokoh sebagai fondasi perangkat tersebut, sementara layar double glass dengan perlindungan Gorilla Glass disediakan agar tampilan layar tetap terlindungi.

Sejujurnya saya agak sedikit ragu saat pihak UMi menyatakan bahwa ponsel ini akan menjadi ponsel yang tahan lama. Bahkan ketika sudah menonton beberapa video hasil uji coba kekuatannya, saya masih belum begitu yakin karena video tersebut terlihat kurang meyakinkan. Satu-satunya cara meyakinkannya adalah dengan mencobanya sendiri; dan setelah itu, saya tidak kecewa!

Tes Ketahanan pada UMi Hammer

Seperti yang dapat Anda saksikan melalui video, ponsel tersebut memang tidak diremukkan, namun beberapa kali setelah dijatuhkan, ponsel tersebut tetap berfungsi normal. Bahkan setelahnya, tampak depan ponsel masih saja terlihat seperti ponsel baru (kecuali tanda bantingan maupun goresan).

Melihatnya sekali lagi, tidak salah lagi untuk menyebut bahwa ponsel ini lebih kuat dibandingan perangkat rata-rata yang ada. Padahal tidak ditemukan adanya karet pelindung ponsel maupun semacam alat pelindung yang bagiannya menonjol-hanya kerangka kuat dengan bahan kaca yang keras, dan penutup belakang berbahan kaca.

Beberapa diantara pembaca telah bertanya apakah Hammer tergolong ponsel waterproof. UMi sendiri tidak mengiyakanya, dan saya pun belum mengetes hal tersebut, tapi saya rasa UMi bukan merupakan ponsel yang tahan air. Tempat colokan ponselnya tergolong standar tanpa pengamanan lapisan tertentu dan bagian belakang ponsel dapat dibuka dan kita dapat mencopot baterai, dual SIM, dan tempat penyimpanan kartu memori. Jadi jangan beli UMi Hammer untuk keperluan berselancar di air, tapi belilah untuk keperluan berselancar di udara.

UMi Hammer

Beberapa perincian terakhir yang ingin sampaikan adalah bahwa UMi Hammer tidak memiliki tombol navigasi dengan cahaya yang menyala, namun ia masih memiliki lampu notifikasi LED yang sangat terang.

Review UMi Hammer: Spesifikasi

UMi Hammer dihargai sekitar 1,8 juta rupiah kepada para pembeli internasional, ponsel tersebut beroperasi menggunakan prosesor Mediatek dengan 64bit LTE. Untungnya UMi tetap memegang janjinya untuk memberikan model hardware yang kompetitif.

Layar HD selebar 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 tentu merupakan fitur yang sangat oke untuk harga ini. Adapun spesifikasi lainnya mencakup chipset MT6732 quad-core 64bit, RAM 2 GB, penyimpanan memori 16 GB, baterai 2250mAh, kamera utama 13 MP, kamera depan 3,2 MP dan lampu dual flash LED .

UMi Hammer

Dengan model MT6732 dan setelah Android Lollipop nanti diikutsertakan pada ponsel tersebut, maka selayaknya kita akan mendapatkan tampilan dan kinerja ynag lebih baik dari Hammer. Hal ini juga berarti bahwa ada layanan 4G LTE yang mendukung kinerja ponsel (pertama kali untuk UMi). Hammer didukung oleh jaringan-jaringan berikut: GSM 850/900/1800/1900, WCDMA 900/1900/2100, FDD 800/1800/2600.

UMi Hammer

Adapun campuran bahan kaca dan plastik pada ponsel ini tidak setipis dari ukuran keseluruhannya, yaitu 144 x 71.6 x 7.9mm, dan dengan bobotnya yang hanya 170 gram, maka ponsel ini tergolong ringan, dengan bahan tambahan yang ditambahkan untuk badan ponsel yang kuat.

Review UMi Hammer: Kinerja

UMi Hammer memiliki chipset quad-core Mediatek MT6732 64bit dan RAM 2 bermuatan GB. Kinerjanya cukup oke untuk ponsel dengan harga segini, namun tidak sebagus kinerja octacore MT6752 yang memang memiliki harga yang sedkit lebih mahal.

Tes benchmark untuk ponsel ini menunjukkan potensi mutu ponsel yang baik. Mereka memang belum bisa membuat hati kita menggebu-gebu sehubungan untuk memiliki ponsel seperti ini, tapi melihat harganya, ponsel ini telah memberikan kinerja yang mumpuni, dan yang lebih penting lagi, kenyataannya setelah mencobanya, memang kinerja benar-benar baik.

Pada saat ini Hammer memiliki Android tipe 4,4 Kitkat untuk tipe dasar, sehingga belum dapat menampilkan seluruh kinerja optimal dari chipset 64bit. Semoga saja para tim perakit UMi bisa memperbaharuinya menjadi Android Lollipop 5.0, sehingga kinerja ponsel tersebut bisa meningkat dan memberikan transisi serta animasi yang lebih oke pula.

Hasil Tes Benchmark UMi Hammer

  • Antutu: 31,559
  • Quandrant: 10,101
  • 3DMark Ice Storm Extreme: 4,956
  • Geekbench Single Core: 726
  • Geekbench Multi Core: 2115
  • Nenamark: 58.9fps
  • Manhattan: 505.2
  • Vellamo Metal: 1015
  • Vellamo Multicore: 1531
  • Vellamo Browser: 2119

Hasil Jepretan Benchmark UMi Hammer

 

Review UMi Hammer: Jaringan Kinerja dan Konektivias

Hammer hadir dengan segala fitur modern yang membuat penggunaan nyaman, seperti FDD LTE, WIFI 802,11 b/g/n, Bluetooth 4,0 dan GPS. Layanan SIM card yang saya gunakan dengan koneksi 4G sudah cukup baik. Konektivitas LTE nya pun sebagus MX4 (hanya saat merubah ke koneksi 3G, koneksi LTE agak sedikit lemah). Kinerja saat telepon digunakan juga tergolong baik.

Hasil versi tes ponsel ini kelihatannya lebih lemah daripada sinyal WIFI rata-rata. Pasalnya ponsel ini menunjukkan batang WIFI yang lebih sedikit dibandingkan perangkat lain yang diletakkan dengan jarak yang sama; ponsel ini juga lebih mudah untuk kehilangan sinyal WIFI. Hal ini bisa jadi karena campuran bahan pada kerangka ponsel, atau karena naturalisasi produksi ponsel itu sendiri. Apapun alasannya, Anda perlu diberitahu tentang hal ini.

Bluetooth sudah siap sedia digunakan kapanpun Anda membutuhkannya; dan kecepatan GPS ponsel ini tergolong secepat ponsel dengan model MT6732 yang telah kami uji coba sebelumnya. Awal penghubungan ponsel dengan satelit adalah selama 25 detik, namun setelah kali pertama ponsel telah terhubung dengan jaringan, maka konektivitas menjadi lebih cepat, yaitu sekitar 2 hingga 3 detik (Ya, saya cukup beruntung ditemani cuaca cerah selama saya mengetes ponsel ini, yang mungkin bisa sangat membantu mengatasi kebosanan menunggu loading).

Review UMi Hammer- Kamera

UMi Hammer

Kamera utama UMi Hammer dinyatakan memiliki kualitas 13MP. Kami pun telah menjumpai banyak beberapa perusahaan yang mengaku hal yang serupa dan ternayata kualitasnya hanya setara dengan 8MP, dibandingkan 13MP. Apapun yang dikatakan UMi menjadi tidak berarti karena kinerja kamera ponsel ini bukan menjadi salah satu poin yang kuat.

UMi Hammer

Hasil gambar yang dihasilkan tampak begitu pucat dibandingkan dengan gambar asilnya, sehingga tampak foto menjadi terlihat suram dan menjemukan. Dengan mengutak-atik pengaturan manual, maka hasil gambar menjadi lebih baik, namun ketika kami ingin menjepret gambar secara seketika, UMi seharunya mengoptimalkan kemampuan model otomatis untuk kinerja yang lebih optimal.

Seperti yang telah saya beritahukan sebelumnya, cuaca selama waktu kami mengetes ponsel ini cukup cerah, tapi kecerahan ini tidak nampak pada foto-foto hasil jepretan UMi. Seperti yang dapat Anda lihat pada bagian belakang ponsel, terdapat dual LED flash yang cukup terang; namun tingkat kecerahan ini bukan yang paling terang dari segala ponsel yang telah kami uji coba, tapi tidak buruk juga untuk ponsel dengan budget segini, kok.

Contoh Hasil Foto UMi Hammer

Review UMi Hammer – Baterai

Muatan baterai saat uji coba kami mengatakan bahwa daya baterai ponsel ini adalah 1600mAh (merujuk yang tertera pada stikernya), bukan baterai 2250mAh yang tadinya diakui oleh website UMi. Baterai ponsel ini merupakan baterai biasa yang telah digunakan untuk keperluan pengetesan.

UMi Hammer

Dengan prosesor quad-core dan layar HD 720p, perangkat ini tidak akan memakan banyak daya seperti kebanyakan ponsel yang dijual di pasaran. Namun dengan hanya baterai 1600mAh ini, ponsel ini cukup memberikan kierja yang baik pada hardware, dan cukup untuk mengoperasikan ponsel tersebut dalam sehari.

Hanya saya dudukkan di bangku dengan WIFI yang sudah menyala (setelah saya menjatuhkan ponsel berulang kali), ponsel ini dapat bertahan selama 3 hari. Melihat hal ini, maka dengan dukungan daya baterai 2250mAh, ponsel seperti ini dapat siap sedia terjaga selama 3 hingga 4 hari, seperti klaim yang diajukan SIM UMi pada halaman spek resminya.

Untuk penggunaan normal sehari-hari, saya dapat menggunakanya dari pagi hingga saya selesai bekerja (sekitar jam 7) dengan sekali cas. Ketika saya menggunakannya, saya banyak memakai fitur kamera, dan sering juga banyak e-mail masuk, dan saya tipe orang yang malas mematikan koneksi, maka saya membiarkan WIFI dan GPS terus menyala. Saya berpendapat bahwa baterai yang sebenarnya ini mampu menemani para pengguna seharian selama saharian, namun para pemakai yang banyak menggunakan fitur berat mungkin membutuhkan cadangan baterai dan membawa powerbank, ataupun alat cas.

Review UMi Hammer: OS Android

Inilah Android yang dimiliki UMi Hammer, yaitu Android 4,4 Kitkat. Tidak terdapat gambar ikon yang bisa dikostumisasi pada tampak antarmuka; ini hanya sebatas stok Android sebagaimana yang dikehendaki Google.UMi telah menambahkan beberapa fitur untuk gestur udara, gestur pada layar, dan lain-lain; tapi ya hanya sebatas itu saja.

Memang tampilan tentu akan menjadi lebih baik ketika ponsel ini berkolaborasi dengan Android Lollipop. Berdoa saja semoga ponsel ini segera diperbaharui dengan Android 5,0.

Review UMi Hammer: Kesimpulan

Dengan harga sekitar 1,8 juta rupiah, UMi Hammer tergolong sebagai ponsel murah dengan kerangka berbahan campuran, notifikasi LED, dan LTE. Keuntungan lainnya adalah, ponsel ini memiliki prosesor quad-core 64bit, RAM bermuatan 2GB, dual LED flash, dan desain yang tergolong cukup oke.

UMi Hammer

UMi Hammer merupakan perangkat yang kokoh dengan desain yang awet, sehingga Anda tidak perlu kuatir untuk menjatuhkannya beberapa kali. Dengan layanan LTE , maka Anda dapat mengakses data dengan lebih cepat, dan prosesor quad-core dengan RAM 2 GB bisa cukup menemani Anda bermain game dan mengakses aplikasi sosial media Anda.

Daya baterai yang lebih besar tentu akan lebih menyenangkan, dan mungkin daya baterai 2250mAh lah yang akan kita dapatkan nanti ketika model Lollipop (jika ini sedang dalam perjalanan) benar-benar akan dihadirkan untuk kita nanti.

Bila ponsel kokoh, notifikasi LED, dan kinerja baik serta rupa menawanlah yang Anda anggap penting untuk sebuah ponsel, maka tidak ada salahnya untuk menjajal UMi Hammer.

[via]

 

Doogee DG750 Iron Bone: Ponsel yang Tidak akan Membuat Saya Terusik Bahkan Apabila Anjing Saya Hendak Menguburnya

1 Pertanyaan: Apakabah Benar Masih Ada Pasar Bagi Ponsel-Ponsel Kloningan?

Xiaomi Menyalahkan Para Komplotan Pemalsu untuk Hasil Penjualan Rendahnya

Ulasan Alcatel OneTouch Flash Indonesia kompetitor Redmi Note ?