Tips Selamatkan Smartphone Yang Terkena Air

Anda tentu tahu bagaimana rasanya bila smartphone Anda jatuh ke dalam air, mungkin kolam renang, bak mandi, atau toilet. Bila Anda tidak menggunakan smartphone yang sudah dilengkapi fitur anti air, baik Sony Xperia series atau dari merek-merek lainnya, kemungkinan besar smartphone Anda akan mengalami kerusakan.

Terkena Air

Namun, ini bukanlah akhir dari segalanya bila smartphone Anda terkena air. Ada beberapa tips yang bermanfaat yang dapat dilakukan untuk menghindarkan smartphone Anda dari kerusakan yang semakin parah. Saya tidak menjamin tips tersebut akan sepenuhnya berhasil pada semua perangkat, namun tidak ada ruginya bila Anda mengetahuinya dan tentunya dapat menghemat uang Anda untuk membeli smartphone baru.

Apa yang perlu Anda segera lakukan bila smartphone Anda terkena air?

1. Keluarkan dari air dan pastikan Anda mematikannya

Tentunya, langkah pertama dan selalu harus Anda lakukan adalah keluarkan smartphone Anda dari air secepatnya. Ya, meskipun smartphone Anda jatuh ke dalam toilet, Anda perlu melupakan perasaan itu dan segera selamatkan smartphone Anda.

Setelah dikeringkan, pastikan smartphone yang telah terkena air benarbenar dimatikan. Meskipun masih dapat beroperasi, dengan mematikannya akan mencegahnya dari kerusakan yang lebih parah.

2. Lepaskan bagian-bagian yang dapat dilepas

Kami sudah pernah menyinggung hal ini pada artikel sebelumnya mengenai smartphone sebaiknya menggunakan baterai yang dapat dilepas pasang. Bila smartphone terkena air, disarankan untuk selalu melepaskan baterai, microSD card, casing, dan bagianbagian lain yang dapat dilepas. Hal ini sebagai persiapan menuju langkah berikutnya.

water damaged

3. Handuk tidak hanya digunakan pada saat mandi

Anda dapat menggunakan handuk untuk mengeringkan casing dan bagian luar smartphone Anda. Ingatlah untuk mengeringkan setiap bagian dengan hati-hati tanpa meninggalkan setitik air pun.

4. Gunakan mesin vakum

Banyak orang memiliki pemahaman yang salah bahwa dengan menggunakan alat pengering rambut untuk mengeringkan titiktitik air adalah cara yang benar. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Bila Anda menghembuskan angin bersuhu panas ke smartphone, hal ini akan berdampak negatif pada komponen-komponen kecil yang tidak terlihat oleh mata.

Cara terbaik yang kami sarankan adalah menggunakan mesin vakum karena mesin tersebut akan menyedot segala macam hal yang terdapat di permukaan, termasuk titik-titik air dan debu.

5. Saatnya mengeringkan smartphone Anda

Bahan yang paling mudah digunakan untuk mengeringkan smartphone Anda dapat ditemukan di rumah. Bahan tersebut adalah beras. Letakkan smartphone Anda dalam tumpukkan beras selama 2 – 3 hari. Beras sangat baik untuk menyerap uap air di udara dan dapat membantu mengeringkan komponen-komponen kecil pada smartphone Anda.

Kesimpulan

Bila Anda ingin mencegah kerusakan smartphone yang terkena air, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan di atas.