Sony Xperia XZ3 vs Xperia XZ2 Premium: RAM 6 GB, Quad HD+, Dual 19 MP …..

Dalam artikel ini, mari kita bandingkan dua smartphone papan atas Sony yaitu Xperia XZ3 dan Xperia XZ2 Premium. Ya, keduanya tentu dibekali berbagai spek terbaik saat ini. Nah, mana yang lebih unggul? Untuk mengetahuinya, ikutilah perbandingan di bawah ini.

Sony Xperia XZ3 vs Xperia XZ2 Premium – Perbandingan desain dan spesifikasi

Di antara keduanya, Xperia XZ3 baru meluncur pada akhir bulan Agustus, tepatnya pada ajang IFA 2018. Sementara itu, Xperia XZ2 Premium lebih dulu menyapa kita semua pada April 2018. Keduanya merupakan smartphone terbaik Sony yang lahir di 2018 ini. Xperia XZ3 sangat istimewa karena menjadi smartphone pertama Sony dengan layar OLED. Layarnya memiliki bentang 6 inci dan resolusi Quad HD+. Akhirnya kita dapat juumpai smartphone Sony dengan layar Quad HD+. Di sisi lain, Xperia XZ2 Premium hadir dengan layar LCD dengan bentang 5,8 inci. Menariknya, layarnya mampu menghasilkan resolusi 4K ketika kita menikmati konten multimedia.

Terkait performa, keduanya mengandalkan chipset yang sama yaitu Snapdragon 845. Sebagian besar negara mendapat unit yang dibekali RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Sementara itu, Taiwan menjadi satu-satunya negara yang mendapat unit dengan RAM 6 GB sejauh ini. Meski kapasitas RAM-nya lebih besar, kapasitas ROM-nya sama. Di sisi lain, Xperia XZ2 Premium hanya tersedia dalam satu varian yang dibekali RAM 6 GB dan ROM 64 GB. Keduanya dilengkapi slot kartu microSD untuk menambah kapasitas media penyimpanannya.

Beralih ke sektor fotografi, Xperia XZ3 memiliki kamera belakang 19 MP (f/2.0) dan kamera depan 13 MP (f/1.9). Di sisi lain, Xperia XZ2 Premium menjadi smartphone pertama Sony dengan kamera belakang ganda, terdiri dari kamera utama 19 MP (f/1.8) dan kamera monokrom 12 MP (f/1.6). Sementara itu, untuk berfoto selfie, tersedia kamera depan 13 MP (f/2.0). Baik Xperia XZ3 maupun Xperia XZ2 Premium bersertifikasi IP68 dan memiliki pemindai sidik jari di sisi belakang. Terkait sumber energi, Xperia XZ3 ditenagai baterai 3300 mAh, lebih kecil dari baterai 3540 mAh milik Xperia XZ2 Premium.

Sony Xperia XZ3 vs Xperia XZ2 Premium – Harga

Di Amerika Serikat, Xperia XZ3 dijual seharga $899 (Rp 13,5 juta), sedangkan harga Xperia XZ2 Premium adalah $999 (Rp 15 juta). Meski lebih mahal, Xperia XZ2 Premium tetap lebih unggul berkat layar 4K, kamera belakang ganda, serta baterai lebih besar. Di sisi lain, layar OLED beresolusi Quad HD+ tetap membuat Xperia XZ3 menawan. Nah, menurut kalian, siapa yang lebih unggul?