Sony Xperia XZ3 vs Samsung Galaxy Note 9: QHD+, RAM 6 GB, 19 MP ….

Smartphone papan atas terbaru Sony dan Samsung tentunya akan bersaing untuk merebut hati konsumen. Smartphone yang kami maksud adalah Xperia XZ3 dan Galaxy Note 9. Mana yang akan dipilih lebih banyak konsumen? Mari kita telusuri bersama.

Sony Xperia XZ3 vs Samsung Galaxy Note 9 – Perbandingan spesifikasi

Menariknya, kedua smartphone ini sama-sama meluncur di bulan Agustus 2018. Namun, Samsung Galaxy Note 9 lebih dulu lahir dalam sebuah acara di Amerika Serikat. Sementara itu, Sony memperkenalkan Xperia XZ3 pada IFA 2018 di Jerman. Menariknya, keduanya tidak mengikuti tren layar berponi. Nah, Xperia XZ3 lebih istimewa karena merupakan smartphone pertama Sony dengan layar OLED dan beresolusi Quad HD+. Layarnya sendiri memiliki bentang 6 inci. Sementara itu, Samsung Galaxy Note 9 menggunakan layar Super AMOLED dengan bentang 6,4 inci dan resolusi Quad HD+.

Dua smartphone yang kami bandingkan adalah yang beredar di Amerika Serikat. Hal ini berarti Sony Xperia XZ3 dan Samsung Galaxy Note 9 mengandalkan chipset yang sama yaitu Snapdragon 845. Lebih lanjjut, Sony Xperia XZ3 tersedia dalam satu varian saja yang dibekali RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Di sisi lain, Samsung Galaxy Note 9 tersedia dalam dua varian: RAM 6 GB + ROM 128 GB dan RAM 8 GB + ROM 512 GB. Meski demikian, tiap smartphone dilengkapi slot kartu microSD. Terkait sistem operasi, Sony Xperia XZ3 langsung menjalankan Android Pie, sedangkan Samsung Galaxy Note 9 lahir dengan Android Oreo yang tentunya dapat diperbaharui ke Android Pie.

Untuk memotret foto, Sony Xperia XZ3 menyediakan kamera belakang 19 MP dan kamera depan 13 MP. Disisi lain, Samsung Galaxy Note 9 menyediakan kamera belakang ganda (12 MP + 12 MP) dan kamera depan 8 MP. Terkait sumber energi, Galaxy Note 9 ditenagai baterai 4000 mAh, lebih besar dari baterai 3300 mAh milik pesaingnya. Nah, seperti biasa, stylus pen inovatif selalu menjadi nilai tambah untuk setiap Galaxy Note. Hal ini tidak dijumpai pada smartphone premium merek lainnya. Meski terdapat banyak perbedaan, keduanya hadir dengan pemindai sidik jari di sisi belakang serta bodi bersertifikasi IP68.

Sony Xperia XZ3 vs Samsung Galaxy Note 9 – Harga

Di Amerika Serikat, Sony Xperia XZ3 dijual seharga $899 atau Rp 13 juta. Sementara itu, harga Samsung Galaxy Note 9 adalah $999 (Rp 14,5 juta) untuk varian RAM 6 GB dan $1249 (Rp 18,6 juta) untuk varian RAM 8 GB. Meski lebih mahal, Samsung Galaxy Note 9 akan tetap lebih laku berkat fitur-fitur yang lebih memukau. Bagaimana menurut kalian?