Sony Xperia XZ1 vs Nokia 8: RAM 4 GB, 19 MP vs Dual 13 MP, layar 2K ….

Sony Xperia XZ1 vs Nokia 8 adalah perang dua smartphone dengan performa tangguh, kamera menawan, serta spesifikasi menarik lainnya. Namun, mana yang lebih unggul? Ikuti ulasan kami di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Sony Xperia XZ1 vs Nokia 8 – Spesifikasi

Kedua smartphone yang kami bahas kali ini berasal dari dua produsen ternama di dunia smartphone yaitu Sony dan Nokia. Menariknya, keduanya memiliki banyak persamaan. Pertama, baik Sony Xperia XZ1 maupun Nokia 8 sama-sama diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 845 octa-core 2,45 GHz yang dipadukan dengan prosesor grafik Adreno 540. Untuk menghasilkan performa yang lancar, keduanya dibekali RAM 4 GB. Sistem operasi yang dijalankannya Android 7.1 Nougat. Sampai di sini, sangat jelas bahwa keduanya berimbang dalam hal performa.

Lebih lanjut, baik Sony Xperia XZ1 dan Nokia 8 memiliki memori internal 64 GB yang didukung slot microSD card. Untuk berfoto selfie, keduanya juga menawarkan kamera depan 13 MP kepada penggunanya. Dalam hal fitur keamanan, tiap produsen juga membekali pemindai sidik jari pada masing-masing smartphone, namun fitur tersebut terletak pada posisi berbeda: tombol power (Sony) vs tombol home (Nokia). Selain performa, ternyata keduanya juga memiliki persamaan lainnya. Lalu, apa perbedaan utama keduanya?

Pertama, Sony Xperia XZ1 hadir dengan layar 5,2 inci Full HD, sedangkan Nokia 8 berlayar 5,3 inci dengan resolusi Quad HD. Terkait fotografi, Xperia XZ1 memiliki kamera utama 19 MP dengan keunggulan mampu merekam video slow mition dengan 960 gambar per detik. Sementara itu, Nokia 8 memiliki kamera ganda (13 MP + 13 MP) pada sisi belakang. Perlu diingat, ketiga kamera Nokia 8 menggunakan lensa Zeiss. Lebih lanjut, terkait sumber energi, Xperia XZ1 ditenagai baterai 2700 mAh, lebih kecil dari baterai Nokia 8 yang berkapasitas 3090 mAh. Namun, dalam hal ketahanan terhadap air, Xperia XZ1 lebih baik berkat sertifikasi IP68, sedangkan Nokia 8 bersertifikasi IP54.

Sony Xperia XZ1 vs Nokia 8 – Harga

Secara umum, meski memiliki perbedaan, keduanya tetap menjadi smartphone dengan spesifikasi menawan yang ada saat ini. Namun demikian, baterai lebih besar serta lensa ZEISS tampaknya menjadi daya tarik Nokia 8. Sementara itu, sertifikasi IP68 serta kemampuan merekam video slow motion yang brilian menjadi aspek menawan dari Xperia XZ1. Nah, menariknya, harga keduanya hampir sama, berkisar $699 atau Rp 9,4 juta. Bagaimana menurut kalian? Smartphone mana yang menjadi pilihan kalian?