Sony Xperia XZ: Smartphone Sony Paling Luar Biasa Saat Ini

Hampir semua smartphone Sony yang meluncur ke pasar mendapat pujian dari konsumen, salah satunya adalah Sony Xperia XZ. Mari kita telusuri lebih lanjut smartphone mutakhir dari produsen asal Jepang tersebut.

Xperia XZ 1

Sony Xperia XZ – Spesifikasi tangguh, desain menawan, performa di atas rata-rata

Pada bagian depannya, kalian dapat menjumpai layar 5,2 inci beresolusi Full HD. Di dalamnya terdapat chipset Qualcomm Snapdragon 820 quad-core 2,15 GHz yang dipadukan dengan prosesor grafik Adreno 530, RAM 3 GB, dan memori internal 32 GB atau 64 GB (didukung slot microSD card). Untuk penggemar fotografi, Sony Xperia XZ tentunya menjadi smartphone impian karena memiliki kamera utama 23 MP dan kamera depan 13 MP. Spesifikasi lainnya adalah USB Type C, baterai 2900 mAh + Quick Charge 3.0, pemindai sidik jari, serta fitur kedap air dan debu (IP68).

Smartphone ini dirancang dengan rapi. Bagian sisi kiri dan kanan yang melengkung memberikan rasa nyaman ketika digenggam pada tangan konsumen. Tiga pilihan warna yang tersedia yaitu mineral black, platinum, dan forest blue membuat smartphone ini terlihat impresif. Layarnya dilindungi kaca 2,5D. Lebih lanjut, Sony Xperia XZ disebut memiliki desain ‘Loop Surface’. Ketika menggenggamnya, kalian akan merasakan tiga jenis material pada permukaannya, yaitu kaca pada bagian depan, bingkai dari polikarbonat, serta logam pada bagian belakangnya. Sebagian kecil bagian bawahnya terbuat dari plastik, namun tetap terlihat menarik karena warnanya sama dengan bagian yang lainnya.

Xperia XZ 2

Pada uji single core yang dilakukan Geekbench, Sony Xperia XZ berada di posisi terakhir dari smartphone lainnya yang juga menggunakan chipset Snapdragon 820. Nilai performanya kurang lebih sama dengan Samsung Galaxy S7 Edge yang menggunakan chipset Exynos 8890. Hal ini dapat dipahami karena smartphone Sony ini dibekali RAM 3 GB, lebih rendah dari Ram 4 GB yang dibekali pada smartphone lainnya yang juga menggunakan chipset Snapdragon 820. Sebelumnya, pada keluarga Xperia Z5, Sony menerima keluhan suhu tinggi yang disebabkan oleh chipset Snapdragon 810. Dengan chipset Snapdragon 820 yang telah diperbaharui, tidak ada lagi keluhan suhu tinggi.

Sony Xperia XZ – Kesimpulan

Sony Xperia XZ menjadi salah satu smartphone terbaik Sony yang hadir pada tahun ini. Kamera utamanya yang dimilikinya menjadi salah satu kamera smartphone termutakhir yang ada di pasar smartphone. Namun, dibandingkan para pesaingnya, masih ada kelemahan yang perlu diatasi oleh Sony, seperti RAM dan baterai yang kecil. Sony harus membuat inovasi agar spesifikasi yang dimilikinya sebanding dengan harganya yang berkisar $700 atau Rp 9 juta.