Sony Xperia XZ Dan X Compact Resmi Meluncur: Kamera 23 MP Untuk Video 4K

Sony juga berpartisipasi pada ajang IFA 2016 dengan meluncurkan bukan hanya satu tetapi dua smartphone terbarunya yaitu Sony Xperia XZ dan Xperia X Compact.

Sony Xperia XZ

Sony Xperia X Compact

Mari kita perhatikan Sony Xperia X Compact terlebih dahulu. Seperti namanya, smartphone ini hadir dengan ukuran yang kecil karena layarnya berukuran 4,6 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel. Smartphone ini tentunya menjadi penerus Sony Xperia Z5 Compact yang hadir pada ajang IFA 2015 juga dengan ukuran yang kecil. Lebih lanjut, smartphone ini diperkuat chipset Snapdragon 650 hexa-core yang dipadukan dengan prosesor grafik Adreno 510 dan RAM 3 GB. Memori internalnya berkapasitas 32 GB dan dapat ditambah hingga 256 GB dengan microSD card.

Untuk fotografi, pada bagian belakangnya terdapat kamera utama 23 MP dengan sensor IMX300 dan diafragma f/2.0 yang didukung berbagai fitur mutakhir seperti Predictive Hybrid AF, triple image sensing technology (color detection, phase detection, dan laser assist), serta SteadyShot mode. Sementara itu, terdapat kamera depan 5 MP untuk berfoto selfie. Spesifikasi lainnya adalah Android 6.0.1 Marshmallow, pemindai sidik jari pada tombol power, USB Type C, dan baterai 2700 mAh. Sony Xperia X Compact tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Mist Blue, Universe Black, dan White.

Sony-Xperia-X-Compact-1-768x621

Sony Xperia XZ

Smartphone yang kedua adalah Sony Xperia XZ, merupakan varian yang sedikit lebih baik dari Sony Xperia X Performance sekaligus menjadi varian smartphone Sony paling tinggi yang meluncur pada tahun ini. Layarnya berukuran 5,2 inci, lebih besar dari layar Xperia X Performance yang berukuran 5 inci, namun tetap beresolusi 1080 x 1920 piksel. Chipset yan memperkuatnya adalah Snapdragon 820 quad-core 2,15 GHz yang dipadukan dengan prosesor grafik Adreno 530 dan RAM 3 GB. Tersedia dua pilihan memori internal yaitu 32 GB dan 64 GB yang juga didukung slot microSD card.

Kamera utamanya sama seperti yang dimiliki Sony Xperia X Compact, namun lebih unggul karena mampu merekam video 4K. Kamera depannya juga lebih baik karena beresolusi 13 MP. Untuk memudahkan penggunanya dalam memotret foto, Sony membekali tombol shutter khusus. Sebagai sumber energinya adalah baterai 2900 mAh yang didukung teknologi Quick Charge 3.0. Seperti biasa, Sony tentu membekali fitur kedap air dan debu pada setiap smartphone papan atasnya termasuk Sony Xperia XZ. Smartphone ini juga memiliki pemindai sidik jari yang ditanamkan pada tombol power. Sony Xperia XZ juga hadir dalam tiga pilihan warna meliputi Forest Blue, Mineral Black, dan Platinum.

Sony Xperia XZ Dan X

Sony Xperia XZ dan X Compact – Harga dan ketersediaan

Sayangnya, pada acara peluncurannya, Sony belum mengumumkan harga kedua smartphone terbarunya. Namun, kita dapat memprediksi harga Sony Xperia XZ akan lebih mahal dari Xperia X Performance, sedangkan Sony Xperia X Compact sedikit lebih mahal dari Xperia X karena sama-sama dibekali chipset Snapdragon 650, RAM 3 GB, dan kamera utama 23 MP namun dengan pembaharuan di beberapa aspek.