Sony Xperia R1 dan R1 Plus Resmi Meluncur: 5,2 inci, kamera 13 MP dan…

Sony tampaknya masih tertarik untuk meramaikan smartphone kelas menengah. Hal ini ditunjukkan dengan diluncurkannya Xperia R1 dan Xperia R1 Plus. Nah, bagaimana spesifikasi keduanya? Kita cari tahu bersama. ditunjukkan dengan

Sony Xperia R1 dan R1 Plus Resmi Meluncur

Sony Xperia R1 dan Xperia R1 Plus – Spesifikasi

Baik Xperia R1 maupun Xperia R1 Plus hadir dengan desain klasik seperti smartphone Sony lainnya. Keduanya memiliki banyak persamaan spesifikasi. Xperia R1 dan Xperia R1 Plus dibekali layar 5,2 inci beresolusi 720 x 1280 piksel (HD) yang dilapisi kaca 2.5D. Yang mnejadi jantungnya adalah chipset Snapdragon 430 octa-core 1,4 GHz. Pada Xperia R1, chipset tersebut dipadukan dengan RAM 2 GB dan memori internal 16 GB. Sementara itu, Xperia R1 Plus dibekali RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Kapasitas memori internalnya masih dapat ditambah dengan kartu microSD.

Beralih ke sektor fotografi. Baik Xperia R1 maupun Xperia R1 Plus memiliki kamera utama 13 MP dan kamera depan 8 MP. Keduanya didukung Predictive Hybrid Autofocus. Namun, hanya kamera utamanya yang dilengkapi LED flash. Sistem operasi yang dijalankannya masih Android 7 Nougat dan dapat diperbaharui ke Android 8 Oreo nanti. Sayangnya, kapasitas baterainya hanya 2620 mAh. Selain itu, keduanya juga tidak dibekali pemindai sidik jari.

Sony Xperia R1 dan R1 Plus Resmi Meluncur

Dengan melihat spesifikasinya di atas, tampaknya jelas bahwa Xperia R1 dan Xperia R1 Plus adalah smartphone kelas memengah. Secara umum, spesifikasinya hanya mengalami sedikit pembaharuan dibandingkan Xperia L1 yang meluncur di bulan Maret 2017, terutama dari aspek performa, RAM, memori internal, dan kamera selfie. Satu hal yang cukup disayangkan, keduanya tidak memilii pemindai sidik jari. Padahal, fitur tersebut sudah lazim dijumpai pada smartphone kelas menengah saat ini.

Sony Xperia R1 dan Xperia R1 Plus – Harga dan ketersediaan

Sejauh ini, Xperia R1 dan Xperia R1 Plus baru diluncurkan secara eksklusif di India. Belum diketahui apakah Sony akan menghadirkannya di negara lainnya. Sebagai informasi, hanya ada dua varian warna yang tersedia yaitu black dan silver. Terkait harga, Xperia R1 ditawarkan sekitar $215 (Rp 2,9 juta), sedangkan harga Xperia R1 Plus berkisar $245 (Rp 3,3 juta). Keduanya akan tersedia di India mulai 10 November. Nah, bagaimana pendapat kalian mengenai kedua smartphone Sony ini?