Smartphone Tertangguh pada September 2016 Menurut AnTuTu: RAM 6 GB, ROM 128 GB ….

Kita sudah memasuki bulan Oktober 2016, awal kuartal terakhir tahun ini. Bila kalian bertanya smartphone apa yang paling tangguh hingga saat ini, AnTuTu baru saja mengumumkan daftar 10 smartphone paling tangguh hingga September 2016. Siapa pemenangnya?

iPhone 7 Plus

Smartphone tertangguh di dunia hingga September 2016 menurut AnTuTu

Kita sudah menjadi saksi kelahiran berbagai smartphone baru dari berbagai merek sepanjang sembilan bulan pertama pada tahun ini. Dari semuanya, ternyata dua smartphone terbaru Apple yang diperkenalkan pada September 2016 berhasil mengunci dua posisi teratas. iPhone 7 Plus dengan RAM 3 GB dan kamera utama ganda berada di tempat pertama dengan nilai 172644 poin, sedangkan iPhone 7 dengan RAM 2 GB di tempat kedua dengan nilai 170124 poin. Kita ketahui bahwa keduanya diperkuat chipset Apple A10 Fusion.

Tiga tempat berikutnya menjadi milik tiga smartphone pertama asal China yang diperkuat chipset tertangguh dari Qualcomm saat ini yaitu Snapdragon 821. Ketiganya juga diluncurkan pada September 2016. Dari ketiganya, LeEco Le Pro 3 yang hadir dengan RAM 6 GB menempati posisi ketiga dengan nilai 160856 poin. Posisi keempat dan kelima berturut-turut menjadi milik dua smartphone terbaru Xiaomi, Mi 5S Plus dengan RAM 6 GB dan Mi 5S dengan RAM 4 GB.

AnTuTu Sept 2016

Sementara itu, OnePlus 3 yang menjadi raja daftar smartphone tertangguh AnTuTu dari Juni hingga Agustus 2016 kini berada di peringkat keenam dengan nilai 140288 poin. Tempat ketujuh menjadi milik smartphone RAM 6 GB pertama di dunia dari Vivo, sedangkan posisi kedelapan milik smartphone papan atas Samsung yang sedang heboh saat ini dengan kasus ledakan baterai. Sementara itu, dua posisi terakhir ditempati oleh LeEco Le Max 2 dan ZTE Nubia Z11. Dari peringkat kelima hingga terakhir, empat di antaranya dibekali RAM 6 GB, sedangkan hanya Samsung Galaxy Note 7 dengan RAM 4 GB.

iPhone 7 Plus dengan RAM 3 GB menjadi pemenangnya

Kali ini, tampaknya chipset A10 Fusion dari Apple berhasil mengalahkan Snapdragon 821 dari Qualcomm. Meskipun kedua smartphone terbaru Apple tersebut hanya memiliki RAM yang kecil, namun mereka mampu mengungguli smartphone lainnya yang dibekali RAM 6 GB. Wow!! Hal ini menunjukkan bahwa RAM yang besaar tidak menjadi kunci utama performa tangguh dari sebuah smartphone, tetapi perlu didukung chipset mutakhir pula.