Smartphone Ter-revolusioner dr China 2018: RAM 12 GB, Dual 48 MP, Dan Lainnya ….

China cukup terkenal sebagai negara yang melahirkan banyak smartphone yang unik dan berbeda dari negara lainnya. Beberapa smartphone tersebut bahkan memiliki hal-hal yang jarang ditemui pada smartphone dari negara lainnya. Nah, dalam artikel ini, kami akan tampilkan daftar smartphone paling revolusioner dari China di 2018. Apa saja?

1. Huawei P20 Pro

Semua orang mengetahui bahwa Huawei P20 Pro adalah smartphone pertama di dunia yang memiliki tiga kamera pada sisi belakang. Smartphone ini bahkan mampu meraih gelar menjadi smartphone dengan kamera terbaik di dunia. Ya, di sisi belakangnya ada kamera utama 40 MP, kamera sekunder 20 MP, dan kamera telefoto 8 MP. Selain P20 Pro, Huawei juga telah melahirkan beberapa smartphone dengan tiga kamera belakang, seperti Mate RS Porsche Design, Mate 20, Mate 20 Pro, Mate 20 X, dan Mate 20 RS Porsche Design. Tren tiga kamera belakang akhirnya diikuti produsen lainnya asal China. Produsen dari luar China yang mengikuti tren ini hingga Jnauari 2019 adalah Samsung dan LG yang meluncurkan Galaxy A7 (2018) dan V40 ThinQ berturut-turut.

2 + 3 Oppo Find X dan Vivo NEX S serta NEX A

Oppo dan Vivo melahirkan smartphone pertama di dunia dengan kamera yang dapat digeser dengan motor khusus. Dua smartphone Vivo yaitu NEX A dan NEX S memiliki kamera depan yang hanya akan naik ketika kita ingin berfoto selfie. Sementara itu, pada Oppo Find X, terdapat bagian yang menyimpan kamera belakang ganda dan kamera depan sekaligus yang akan naik ketika kita mengaktifkan aplikasi kamera.

4. Xiaomi Pocophone F1

Xiaomi memang dikenal dengan smartphone dengan spek impresif namun berharga lebih terjangkau dari smartphone pesaingnya yang memiliki spek yang sama. Nah, pada tahun 2018 lalu, Xiaomi melahirkan Pocophone F1, smartphone termurah dengan chipset Snapdragon 845 yang pernah ada. Sebelumnya, OnePlus memang juga dikenal sebagai produsen smartphone dengan chipset papan atas yang dijual dengan harga yang terjangkau. Namun, harga smartphone OnePlus ternyata terus naik.

5. Lenovo Z5 Pro GT

Lenovo membuat gebrakan di segmen smartphone papan atas dengan meluncurkan Z5 Pro GT sebagai smartphone pertama di dunia dengan chipset Snapdragon 855. Selain itu, Lenovo Z5 Pro GT juga menjadi smartphone pertama di dunia yang dibekali RAM 12 GB. WOW!! Performanya sudah pasti sangat tangguh serta lancar.

6. Huawei Mate 20 X

Huawei Mate 20 X adalah gaming smartphone dengan layar besar, performa tangguh, kamera impresif, dan baterai besar. Yang menjadi perhatian utama dari smartphone ini adalah dimensinya. Meski berlayar 7,2 inci, dimensinya ternyata masih lebih kecil dari Xiaomi Mi Max 3 yang berlayar 6,9 inci, Lenovo Phab 2 Pro berlayar 6,4 inci, serta Asus Zenfone 3 Ultra berlayar 6,8 inci. Ya, hal ini tentu terjadi karena layarnya dikelilingi bezel yang sangat tipis. Dengan layar 7,2 inci, Huawei Mate 20 X cocok untuk kalian penikmat konten multimedia serta hobi bermain game.

7. Nubia X

Sebelum 2018, kita sudah pernah melihat smartphone dengan dua layar, satu di depan dan satu di belakang. Namun, smartphone tersebut menyasar segmen kelas menengah. Nah, Nubia X menjadi smartphone papan atas impresif dengan chipset Snapdragon 845 yang lahir di 2018. Selain performa, tentunya yang membuatnya berbeda dari smartphone papan atas lainnya adalah adanya layar belakang. Selain itu, smartphone ini juga tidak memiliki kamera depan. Berfoto selfie mengandalkan kamera ganda yang juga digunakan untuk memotret pemandangan. Hal ini membuat sisi depannya benar-benar dipenuhi layar.

8. Vivo NEX 2

Serupa dengan Nubia X, Vivo NEX 2 juga lahir sebagai smartphone dengan chipset Snapdragon 845 inovatif karena memiliki dua layar. Sisi depannya juga dipenuhi layar karena tidak terdapat sensor kamera. Seperti Nubia X, Vivo NEX 2 hanya menyediakan kamera belakang untuk memotret pemandangan serta berfoto selfie.

9. Huawei Nova 4

Huawei Nova 4 menjadi smartphone pertama asal China yang mengadopsi desain lubang dalam layar. Desain seperti ini menjadi solusi layar smartphone tanpa poni yang akan menjadi tren di 2019 ini. Selain itu, Huawei Nova 4 juga menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan sensor Sony IMX586 beresolusi 48 MP.

10. Honor V20

Serupa dengan Huawei Nova 4, Honor V20 juga menjadi salah satu smartphone pertama dengan lubang dalam layar. Tak hanya itu, smartphone ini juga menjadi smartphone kedua di dunia yang menggunakan sensor Sony IMX586 beresolusi 48 MP.

Ya, inilah 10 smartphone asal China palig revolusioner yang lahir sepanjang 2018. Mana yang paling kalian sukai?